Tren untuk gaya hidup sehat sepertinya sedang meningkat. Banyak orang yang memilih menu dengan gizi seimbang sekaligus berolahraga secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh. Nah, salah satu olahraga yang paling populer saat ini adalah yoga. Walaupun memiliki sejuta manfaat, tapi sebenarnya belum banyak yang tahu jenis yoga yang lazim dipraktikkan.

Oleh karena itu, hari ini Blibli Friends akan ngobrol dengan seorang instruktur yoga di Bali, bernama Ika Dewi. Wanita berdarah Bali ini mengajar di dua studio yoga, yaitu Seminyak Yoga Shala dan Taman Nauli Canggu. Mulai berlatih yoga sejak 5 tahun yang lalu, kini ia sudah terampil menguasai berbagai pose yoga, bahkan dengan tingkat kesulitan tertinggi. Nah, yuk, kita simak penjelasan Mbak Ika tentang berbagai jenis yoga dan manfaatnya bagi tubuh!

SIAPKAN DULU PERLENGKAPAN YOGAMU DI SINI

1. Hatha Yoga untuk membangun kekuatan dan fleksibilitas

jenis yoga
Via – @ikadewiyoga

Jenis yoga yang paling sering kamu temui di kelas yoga atau yoga studio adalah Hastha Yoga, yaitu kelas yoga dasar tanpa transisi atau flow di antara pose. Hastha yoga ini cocok banget buat kamu para pemula yang ingin mempelajari yoga dari dasar, soalnya sesinya pun akan lebih fokus pada peregangan dan postur ditahan yang lebih lama dengan hitungan nafas.

Instruktur yoga akan lebih banyak menekankan pada alignment posture, serta menawarkan banyak modifikasi pose untuk para pemula. Dengan begitu, murid yang baru belajar pun bisa menikmati satu postur yang sesuai dengan badan masing-masing sambil membangun kekuatan dan fleksibilitas mereka.

“Saya sendiri lebih mendalami Hatha Yoga dan sudah menyelesaikan Yoga Teacher Training 200hr, yang terakreditasi oleh International Yoga Alliance. Saya lebih mendalami Hatha yoga karena ini adalah basic awal dari yoga. Jika ingin mempelajari yoga yang lain, setelah ini akan lebih mudah dilakukan, karena kita sudah tahu dasarnya,” ungkap wanita yang juga membuka kelas privat yoga ini.

YUK, SIAPIN OUTFIT YOGA YANG NYAMAN DAN LENTUR

2. Vinyasa Flow, kardio yang dinamis

jenis yoga
Via – @ikadewiyoga

Berbeda dari Hastha Yoga yang cenderung menekankan pada pose yang ditahan, Vinyasa Flow justru adalah kelas yoga yang mengalir dengan dinamis dari satu postur ke postur lain. Jenis yoga yang satu ini melibatkan sinkronisasi nafas dengan aliran postur yang berkesinambungan.

Menurut Mbak Ika sendiri, Vinyasa Flow adalah free form, tidak ada urutan spesifik dari satu postur ke postur yang lain, sehingga satu kelas vinyasa akan sangat berbeda dengan kelas vinyasa yang lain. Latihan yoga vinyasa menghasilkan panas dan bisa menambahkan komponen kardiovaskular yang tidak selalu hadir dalam bentuk latihan postural lainnya. Terdengar menarik, bukan? Yuk, siapkan alas yogamu dan mulai berlatih Vinyasa Flow sekarang!

PILIH MATRAS YOGA YANG KAMU INGINKAN DI SINI

3. Ashtanga Yoga yang membakar tumpukan lemak

jenis yoga
Via – @ikadewiyoga

Ashtanga yoga adalah latihan yoga yang dinamis yang menuntut sinkronisasi nafas dan gerakan untuk menghasilkan panas internal yang dirancang untuk memurnikan tubuh. Jenis yoga yang satu ini mempunyai urutan gerakan yang pasti, jadi dalam latihan Ashtanga, gerakan yang sudah pasti tersebut tidak boleh diacak urutannya.

Buat kamu yang suka tantangan dan pingin membakar lemak lebih cepat, Ashtanga yoga bisa jadi pilihan.

“Ashtanga yoga bagus untuk membangun kekuatan core dan mengencangkan tubuh. Bersiaplah untuk berkeringat saat anda bergerak cepat melalui urutan yang ditetapkan,” ungkap instruktur yoga yang juga ambassador Indigoluna ini. Nggak heran, penampilan Mbak Ika selalu kece dan nyaman setiap latihan. Kamu pun harus banget, lho menyiapkan berbagai outfit yoga terbaik dengan bahan yang lentur untuk mempermudah gerakanmu.

SEMUA PERLENGKAPAN YOGA MULAI DARI MATRAS HINGGA BAJU OLAHRAGA ADA DI SINI

Apa aja sih manfaat yoga buat tubuh?

jenis yoga
Via – @ikadewiyoga

Nah, buat kamu yang masih ragu-ragu untuk nyobain jenis-jenis yoga, nggak usah khawatir! Olahraga yang satu ini memang punya banyak banget manfaat untuk tubuh. Yoga bisa meningkatkan kelenturan, memperkuat otot, menenangkan pikiran, memulihkan cidera, hingga menjaga kesehatan jantung, lho!

“Untuk merasakan manfaat yang lebih maksimal, saya sarankan latihan paling minimal 3 kali seminggu. Kalau bisa lebih sering lebih bagus, dengan latihan yang konsisten badan kita akan terbiasa dengan gerakan yoga dan menjadi lebih lentur/kuat. Dengan yoga, saya merasa lebih tenang, lebih bijaksana dalam menyikapi suatu permasalahan, dimana sebelum yoga emosi saya cukup besar kalau ada sedikit masalah. Saya juga merasa lebih percaya diri dalam keseharian dan yang paling penting adalah saya jarang sakit,” ungkap Mbak Ika Dewi mengisahkan manfaat yoga yang ia rasakan. Makanya, yuk, mencoba latihan yoga mulai sekarang!

TEMUKAN PERLENGKAPAN YOGAMU HANYA DI BLIBLI.COM


Wah, ternyata memang benar ya kalau yoga itu seru dan menyenangkan! Dari berbagai jenis yoga tadi, mana nih yang kira-kira bikin kamu pingin segera mulai? Setiap latihan yoga tentu memberikan manfaat yang berbeda-beda. Asalkan kamu rajin dan konsisten berlatih, kamu pun pasti bisa kok sehebat Mbak Ika Dewi! Kalau mau terinspirasi dan makin semangat, intip aja Instagram @ikadewiyoga, jadi kamu pun bisa meniru berbagai posenya.

Sebelum mencoba, pastikan dulu kamu udah punya matras yoga dan outift yang nyaman untuk digunakan selama latihan. Belinya dimana? Di Blibli.com aja! Pilihannya banyak, harganya terjangkau, dan pastinya berkualitas tinggi!

Cek #BlibliSekarang dan bersiap-siaplah untuk berlatih yoga agar bisa merasakan sendiri manfaatnya!

KLIK DI SINI UNTUK BELI PERLENGKAPAN YOGA KEREN

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY