me

Mengenal Jenis-jenis Pompa Air yang Paling Umum Digunakan

May 07, 2024.By Jarvis
Bagikan

blibli.com
Dari pompa Semi Jet Pump hingga Submersible, kenali beragam jenis pompa air yang menjadi sistem pengairan modern.

Cicilan 0% KAM

Pompa air telah menjadi bagian penting dalam memastikan pasokan air yang lancar dan efisien di berbagai aplikasi, mulai dari pertanian, industri, serta penggunaan sehari-hari. Namun, ternyata pompa air juga memiliki banyak jenisnya, loh! Mulai dari pompa semi jet pump yang cocok untuk kebutuhan rumah tangga dengan tekanan air yang cukup, hingga pompa sentrifugal untuk pemompaan cairan berat. 

Dengan memahami beragam jenis pompa dan fungsinya, maka kamu bisa memilih pompa air yang sesuai dengan kebutuhan spesifikmu, sehingga memastikan kinerja yang optimal dan penggunaan sumber daya yang efisien. Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak tentang jenis pompa air, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini yuk! 

Baca juga:


Pompa Air Semi Jet Pump

Pompa Air Semi Jet Pump
blibli.com

Pompa air semi jet pump adalah jenis pompa air yang umumnya digunakan untuk keperluan rumah tangga, aplikasi kecil hingga menengah. Pompa ini bekerja dengan gaya hisapan dan dorongan, di mana impeller akan berputar dengan kecepatan tinggi untuk menciptakan tekanan rendah di dalam ruang pompa. Tekanan rendah ini bertujuan untuk menyedot air ke dalam pompa melalui pipa masuk.

Saat air masuk ke dalam pompa, proses jet-assisted memanfaatkan aliran air yang ada untuk menciptakan tekanan tambahan, yang membantu memompa air keluar dengan kecepatan yang lebih tinggi. Keunggulan utama pompa ini adalah kemampuannya untuk menyedot air dari kedalaman yang cukup dalam, menjadikannya pilihan yang tepat untuk sumur dangkal atau permukaan air tanah. 

Namun, pompa semi jet pump juga memiliki keterbatasan, seperti kinerja yang lebih rendah daripada pompa jet pump, serta rentan terhadap kerusakan akibat kandungan partikel kasar dalam air. Meskipun demikian, dengan pemeliharaan yang tepat, pompa air semi jet pump bisa menjadi solusi yang handal untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari.

Pompa Air Sumur Dalam (Submersible)

 Pompa Air Sumur Dalam (Submersible)
blibli.com

Pompa air sumur dalam, atau yang lebih dikenal dengan sebutan pompa submersible, merupakan salah satu jenis pompa air yang paling umum digunakan untuk memompa air dari sumur dalam atau sumber air bawah tanah lainnya. Cara kerjanya adalah dengan menempatkan motor pompa di bawah permukaan air dan menggerakkan impeller untuk mengalirkan air ke permukaan. 

Keunggulan utama pompa submersible adalah kemampuannya untuk bekerja efisien dalam memompa air dari kedalaman yang cukup besar, biasanya lebih dari 100 meter. Selain itu, karena motor pompa berada di bawah air, pompa submersible cenderung lebih tenang dan memiliki umur pakai yang lebih lama dibandingkan dengan jenis pompa air lainnya. 

Pompa Air Otomatis

 Pompa Air Otomatis
blibli.com

Pompa air otomatis adalah jenis pompa air yang dilengkapi dengan sistem otomatis untuk mengontrol operasinya. Pompa ini dirancang untuk secara otomatis menyala dan mati sesuai dengan permintaan air, tanpa perlu intervensi manual. Sistem otomatis pada pompa air biasanya menggunakan sensor tekanan air yang memonitor level air dalam tangki atau pipa.

Sehingga saat tekanan air turun di bawah ambang batas yang ditentukan, pompa secara otomatis akan menyala untuk memompa air hingga mencapai tekanan yang diinginkan. Begitu tekanan air mencapai level yang sudah ditetapkan, pompa akan mati secara otomatis. Inilah yang menjadi keunggulan utama dari pompa air otomatis karena efisiensi energinya yang tinggi.

Pompa Air Sentrifugal

Pompa Air Sentrifugal
blibli.com

Pompa air sentrifugal juga merupakan salah satu jenis pompa air yang paling umum dan banyak digunakan. Pompa ini bekerja dengan teknik sentrifugal, di mana energi kinetik dari putaran impeller digunakan untuk meningkatkan tekanan dan memompa air. Pompa sentrifugal biasanya terdiri dari satu atau lebih impeller yang terpasang pada poros yang berputar di dalam rumah pompa. 

Saat impeller berputar, air masuk ke pompa melalui bagian tengah impeller, kemudian dikeluarkan dengan kecepatan tinggi melalui sudut-sudut terluarnya. Tekanan yang dihasilkan oleh pompa ini bergantung pada kecepatan rotasi impeller. Keunggulan utama dari pompa sentrifugal adalah kemampuannya untuk mengalirkan air dengan volume yang besar dan tekanan yang relatif rendah.

Itulah mengapa, pompa air sentrifugal sangat cocok untuk kebutuhan aplikasi irigasi, pendinginan mesin, dan transfer cairan dalam sistem perpipaan. Pompa air sentrifugal juga relatif mudah dipasang, dipelihara, dan bisa dioperasikan dengan biaya yang rendah, membuatnya menjadi pilihan yang populer di berbagai industri.

Pompa Air Celup

Pompa Air Celup
blibli.com

Jenis pompa air berikutnya adalah pompa air celup, jenis pompa air yang dirancang untuk digunakan di dalam air, seperti sumur, kolam, dan reservoir. Pompa ini memiliki desain yang di mana bagian seluruh unit, termasuk motor dan impeller, untuk tenggelam ke dalam air yang akan dipompa. Cara kerja pompa air celup mirip dengan pompa submersible.

Di mana air dihisap melalui inlet di bagian bawah pompa dan kemudian dipompa ke permukaan melalui impeller yang berputar di dalam ruang pompa. Salah satu keunggulan utama dari pompa air celup adalah kemampuannya untuk memompa air dari kedalaman yang cukup besar tanpa memerlukan instalasi pompa di atas permukaan air. 

Pompa Air Jet Pump

Pompa Air Jet Pump
blibli.com

Untuk jenis pompa air yang satu ini, pasti kamu sudah nggak asing lagi, yaitu pompa air jet pump yang umumnya digunakan untuk memompa air dari sumur dangkal atau sumber air permukaan lainnya. Pompa ini bekerja dengan menggunakan tekanan udara untuk menciptakan perbedaan tekanan, yang menghasilkan aliran air yang kuat. Cara kerjanya melibatkan dua saluran, yaitu hisap dan dorongan. 

Air disedot melalui saluran hisap menggunakan tekanan vakum yang diciptakan oleh pergerakan udara di sekitar nosel hisap. Kemudian, air dikompresi dan ditekan keluar melalui saluran dorongan menuju ke permukaan. Meskipun lebih efisien daripada pompa semi-jet pump, pompa ini memerlukan pemeliharaan yang teratur untuk memastikan kinerjanya tetap optimal. 

Pompa Air Peristaltik

Pompa Air Peristaltik
blibli.com

Pompa air peristaltik adalah jenis pompa yang unik dalam cara kerjanya, di mana aliran fluida dikontrol oleh gerakan peristaltik tabung fleksibel. Cara kerjanya menggunakan tabung silikon atau karet yang ditempatkan di antara rol penekan yang berputar. Saat rol bergerak, pompa akan memampatkan tabung, menciptakan tekanan yang mendorong cairan ke depan melalui tabung. 

Salah satu keunggulan utama pompa air peristaltik adalah kemampuannya untuk memompa cairan dengan presisi yang tinggi dan tanpa risiko kontaminasi silang, karena cairan hanya bersentuhan dengan tabung yang dapat diganti. Hal ini membuatnya ideal untuk aplikasi yang membutuhkan pengendalian aliran cairan yang tepat, seperti dalam industri medis, farmasi, dan laboratorium. 

Pompa Air Diaphragm

 Pompa Air Diaphragm
blibli.com

Terakhir, yaitu pompa air diafragma, adalah jenis pompa yang menggunakan membran fleksibel untuk memompa cairan. Cara kerja pompa air ini melibatkan gerakan naik-turun membran yang menyebabkan peningkatan dan penurunan tekanan dalam ruang pompa. Saat membran naik, tekanan negatif diciptakan, menyedot cairan ke dalam ruang pompa melalui saluran hisap. 

Kemudian, saat membran turun, tekanan positif dibangkitkan, mendorong cairan keluar melalui saluran dorongan. Keunggulan utama pompa air diaphragm adalah kemampuannya untuk mengatasi cairan yang kental dan beracun, karena pompa ini mampu mengisolasi cairan dari bagian-bagian lainnya, seperti motor atau gigi pompa. Ini menjadikannya pilihan yang populer untuk berbagai aplikasi industri.


Baca juga:

Itulah beberapa jenis pompa air yang paling umum digunakan di kalangan rumah tangga hingga industri skala besar, masing-masing dengan keunggulan dan kegunaannya sendiri. Untuk menemukan pompa air dan peralatan elektronik lainnya dengan beragam pilihan dan harga terbaik, kamu bisa kunjungi Blibli sekarang! Dapatkan penawaran menarik dan pengalaman belanja yang praktis dan aman hanya di Blibli!