Chocoholic Wajib Tahu Jenis-Jenis Coklat Ini

jenis-jenis coklat
Photo via pexels.com

Jenis-Jenis Coklat — Saat lagi bete atau patah hati, coklat sering dijadikan sebagai comfort food. Soalnya, cokelat memang dikenal dengan senyawa yang memicu produksi endorphin atau happy hormone di dalam tubuh. Jadi, nggak heran kalau makan sebatang cokelat bisa bikin moodmu jadi lebih baik. Ada juga beberapa orang yang suka banget mengkonsumsi cokelat yang diolah ke berbagai macam bentuk makanan atau minuman. Orang-orang itulah yang disebut dengan chocoholic.

Sebagai chocoholic, Blibli Friends juga pastinya tahu kalau ada beberapa jenis-jenis cokelat dengan kepekatan rasa kokoa yang berbeda-beda. Yuk, cari tahu jenis-jenis coklat berikut ini.

BACA JUGA: Makna Cokelat untuk Hadiah Valentine

_________________________

1. Coklat Hitam

Coklat hitam atau dark chocolate juga sering banget disebut sebagai coklat murni. Soalnya, coklat ini memang terbuat dari kandungan cocoa yang benar-benar murni. Bahkan, dark chocolate ini punya kandungan coklat hingga mencapai 90%, lho. Kalau kamu kira rasanya semanis cokelat batangan favoritmu, salah besar!

Karena coklat ini nggak ditambahkan dengan pemanis apapun, rasa coklat hitam ini pahit banget. Nggak heran, coklat jenis ini lebih banyak dipakai sebagai bahan campuran cake. Tapi, coklat ini ideal banget buat kamu yang lagi diet, lho. Kadar antioksidan yang dimiliki coklat ini juga tinggi. Sehingga, coklat hitam bagus banget buat kesehatanmu.

SilverQueen Dark Chocolate Cokelat 65 g
SilverQueen Dark Chocolate Cokelat 65 g

2. Coklat Susu

Chocolate milk atau coklat susu adalah jenis coklat yang paling sering kamu konsumsi. Beda dari dark chocolate, jenis coklat susu ini sudah diberikan tambahan susu murni di dalamnya. Selain itu, campuran zat lain seperti gula, minyak nabati, dan vanilla juga ditambahkan di dalamnya. Jadi, nggak heran kalau rasa cokelat susu ini manis dan creamy banget. Selain dijual dalam bentuk batangan, cokelat susu ini juga sering banget dijual dalam bentuk chocolate spread atau selai buat pelengkap roti.

3. Bubuk Kokoa

Bubuk kokoa adalah jenis cokelat yang dibuat dari biji kokoa murni yang dikeringkan dan dihaluskan. Sehingga, konsistensinya pun berubah jadi bentuk bubuk. Bubuk kokoa ini jelas punya kandungan coklat yang tinggi banget, setara dengan coklat hitam. Rasa coklat ini juga pahit jika kamu nggak menambahkan campuran pemanis apapun.

Bubuk kokoa ini banyak digunakan buat campuran kue kering. Kamu juga bisa bikin minuman hot chocolate dengan mencampurkan bubuk kokoa ini dengan air panas. Kalau Blibli Friends mau, kamu bahkan bisa mencampurkan susu atau sedikit gula buat menjinakkan rasa pahitnya.

4. Couverture Chocolate

Couverture chocolate atau chocolate chips punya bentuk yang sangat khas dibandingkan dengan jenis – jenis coklat lainnya. Coklat ini berbentuk kepingan dengan tekstur yang creamy banget. Kandungan lemak yang dipunya cokelat ini juga lebih tinggi dari jenis cokelat susu sekalipun. Jenis coklat ini biasanya terbagi jadi 3 jenis, yaitu bittersweet, semi-sweet, dan white chocolate. Bentuknya yang gampang leleh membuat banyak orang lebih suka menggunakan coklat jenis ini sebagai glaze untuk cake maupun donat.

5. Gianduja Chocolate

Dibandingkan jenis – jenis coklat yang lain, nama coklat Gianduja memang jarang banget didengar. Walaupun kurang tenar, rasa cokelat satu ini nggak kalah lho dari jenis coklat susu atau coklat couverture. Coklat gianduja adalah sejenis coklat batangan dengan taburan kacang-kacangan yang gurih. Rasa coklat ini juga nggak terlalu pahit, berkat campuran susu yang bikin tekstur rasanya jadi creamy.

_________________________

BACA JUGA: Rekomendasi Cokelat Terbaik untuk Hadiah Valentine

Itu dia jenis-jenis coklat yang wajib kamu tau. Butuh coklat buat meredakan gejala PMS atau bad mood? Atau mungkin, kamu lagi ada rencana bikin cake coklat buat si doi? Beli bahan coklat di Blibli, yuk. Di toko online Blibli, kamu bisa temukan berbagai macam produk coklat lengkap. Mulai dari dark chocolate, couverture chocolate, hingga milk chocolate yang lezat banget buat dijadikan camilan. Terlebih lagi, Blibli juga tawarkan diskon promo yang sayang banget buat dilewatkan. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, belanja sekarang juga di Blibli.

BELI COKELAT MURAH DAN BERKUALITAS DI SINI

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY