Jenis Alat Musik Ritmis Ini Bisa Kamu Pilih untuk Dipelajari

jenis alat musik ritmis

Musik adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dari keseharian kita di era sekarang ini. Bahkan, tidak jarang seseorang mencoba untuk belajar alat musik untuk menyalurkan rasa stres atau pun kreativitasnya. Ya, bermain musik adalah salah satu cara tepat untuk melatih kreativitas. Kalau kamu termasuk pemula yang ingin belajar alat musik, coba pilih saja alat musik ritmis. Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak memiliki nada tertentu dan berfungsi untuk pengiring irama atau pengatur tempo lagu. Jenis alat musik ritmis ini cukup banyak, di antaranya sebagai berikut. 


Baca juga: Ketahui Yuk Alat Musik Ritmis dan Fungsinya

  • Triangle

LP LPA123 Latin Percussion Triangle Aspire Basic 10 In
LP LPA123 Latin Percussion Triangle Aspire Basic 10 In

Di antara banyak jenis alat musik, jenis alat yang satu ini termasuk sangat sederhana. Cara memainkannya pun tidak rumit karena Blibli Friends cukup memukul alat berbentuk segitiga ini dengan stik. Bunyi yang dihasilkan triangle yang berbeda juga bisa berbeda karena bergantung pada bahan dasar dari triangle ini. kamu bisa memainkan beberapa triangle sekaligus untuk memainkan 1 lagu sederhana. Jadi, meskipun termasuk alat musik ritmis, 1 triangle masih menghasilkan bunyi dengan nada tertentu. 

  • Tamborin

ZEB Tambourine Drum Round Percussion Tamborin Kulit 8 Inch Std
ZEB Tambourine Drum Round Percussion Tamborin Kulit 8 Inch Std

alat musik ini mungkin juga sangat akrab terutama untukmu yang suka dengan musik dangdut. Ya, tamborin adalah alat musik yang dimainkan dengan cara digoyangkan hingga akhirnya menghasilkan suara bergemerincing. 

Alat musik yang satu ini terbuat dari kayu berbentuk bulat yang sudah dilapisi dengan kulit sapi atau plastic. Di sekelilingnya ada logam kecil yang bisa bunyi bergemerincing kalau digoyangkan. Kamu bisa memainkannya dengan mudah kalau ingin bernyanyi diiringi alat musik ini.

  • Marakas

JARVIS H02 Marakas Genggam Motif Mainan Tradisional
JARVIS H02 Marakas Genggam Motif Mainan Tradisional

Alat musik lainnya yang cara membunyikannya dengan digoyangkan adalah marakas. Alat musik ini berasal dari Amerika latin dan umumnya dipakai untuk mengiringi tarian salsa. Marakas sangat identik dengan suasana pantai dan laut karena suara yang dihasilkan cukup semarak dan membuatmu gembira. Sebenarnya, bunyi alat musik ini berasal dari bunyi butiran kecil yang ada di dalam kayu. 

  • Rebana

Cahaya Abadi 81 Rumbai Sablon Susun 10 Alat Musik Rebana
Cahaya Abadi 81 Rumbai Sablon Susun 10 Alat Musik Rebana

Beralih ke alat musik tradisional, rebana merupakan alat musik yang identik dengan budaya melayu atau arab. Hal itu tidak mengherankan karena rebana dimainkan untuk mengiringi musik dengan lagu berbahasa arab maupun lagu melayu dan jawa. Alat musik yang satu ini berbentuk bundar pipih yang terbuat dari kayu. Di bagian sisinya, alat musik ini dilapisi dengan kulit kambing yang kalau ditepuk akan menghasilkan bunyi tertentu. Nah, kamu bisa nih coba bermain rebana ini kalau ingin belajar karena cara memainkannya pun sangat sederhana. 

  • Kastanyet

jenis alat musik - kastanyet
Image Source: www.infokekinian.com

Jenis alat musik yang satu ini mungkin cukup asing bagi banyak orang Indonesia karena alat musik ini berasal dari Spanyol dan umumnya dipakai untuk mengiringi tarian spanyol. Bentuk kastanyet adalah berupa sepasang kepingan kayu keras yang berbentuk cekung atau gading gajah. Untuk memainkannya, kamu tinggal meletakkan di tangan kanan atau kiri dan mengatup-katupkan cekungan tersebut. Bunyi yang dihasilkan tidak keras tetapi cukup unik.


Baca juga: Mix & Match Bikin Kamu Tampil Stylish Di Festival Musik

Nah, itulah beberapa jenis alat musik ritmis sederhana yang bisa coba kamu pelajari. Kalau memang berminat, langsung saja cari alat musik tersebut di Blibli! Alat musik ritmis di atas dibanderol dengan harga yang tidak terlalu mahal karena memang bentuknya sangat sederhana. Jadi, untuk bermain alat musik, tidak butuh mengeluarkan bujet yang sangat banyak kalau memang ingin mencoba beberapa jenis di atas, ya.

Temukan Alat Musik Berkualitas di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY