Jangan Tunggu Sampai Botak, Inilah Tanda Ban Motor Matic Harus Diganti

Merawat motor matic memang dibutuhkan usaha ekstra. Semua elemen yang ada di dalamnya butuh perhatian khusus dari para pemiliknya. Bukan hanya mesin, ban motor matic juga jadi bagian penting yang wajib kamu perhatikan. Ban motor yang tidak prima akan meningkatkan risiko kecelakaan saat berkendara di jalan raya.

Sebenarnya bukan urusan membersihkan atau memilih diameter ban yang tepat untuk motormu. Hal yang lebih penting adalah mencari waktu yang tepat untuk mengganti ban motor matic kamu dengan ban yang baru. Di bawah ini, ada beberapa tanda ban motor matic kamu sudah harus diganti.

1. Setelah Pemakaian Dua Tahun

Via wahanahonda.com

Produsen ban motor membuat produknya tahan untuk dipakai berkendara hingga dua tahun. Dengan catatan, pemakaiannya tetap dalam kondisi normal, seperti selalu berkendara di jalanan aspal dan ban selalu dalam tekanan yang tepat. Kalau sudah dua tahun, kamu wajib mengganti ban motor apa pun alasannya.

Saat kamu sering menggunakan motor matic untuk jalanan kasar berbatu, durasi pemakaiannya akan semakin menurun. Palingan, durasi pakai ban motor kamu akan tetap prima hingga satu setengah tahun. Sebaiknya tetap lakukan pergantian ban luar motor kamu saat sudah sampai waktunya, ya!

COVER MOTOR UNTUK MOTOR MATIC

2. Motor Kamu Terasa Goyang

Ban juga berfungsi sebagai shock breaker motor kamu. Pasalnya, ban motor adalah bagian yang menyentuh aspal dan jalanan. Saat jalanan tidak rata atau berbatu, ban adalah bagian yang pertama kali merasakannya dan kasih respons untuk semua bagian motor, termasuk kamu yang mengendarainya. Jika motor kamu memberikan respons goyang saat melewati jalanan licin atau berbatu, seharusnya ban motor matic kamu segera periksakan.

Ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi. Bisa jadi ban motor kamu kurang atau malah kelebihan angin di dalam sana. Dalam kasus ini, kamu tinggal pergi ke tukang isi angin di pinggir jalan saja, tampaknya masalah sudah selesai. Kalau motor kamu masih goyang setelah tekanan angin dirasa tepat, ada baiknya kamu segera ganti ban motor. Segera!

BAN MOTOR LUAR ANDALAN DI SEGALA MEDAN

3. Ban Motor yang Sudah Sering Bocor

Menambal ban sebenarnya pertolongan pertama supaya motor kamu tetap bisa dikendarai. Namun, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menggantinya. Tidak ada teknisi atau instruktur safety driving menyarankan untuk terus memakai ban motor dengan tambalan. Ban tersebut bisa bocor kapan pun dan tambalananya pun pasti tidak lagi kuat.

Ya, sebenarya tidak perlu lebay juga dan kamu harus ganti ban setiap kali bocor. Kalau ban motornya masih baru, kamu masih bisa melanjutkan memakainya, Friends. Namun, kalau sudah lebih dari tiga kali bocor, ya mau tidak mau, kamu harus menggantinya lagi.

CAIRAN PEMBERSIH UNTUK BIAR MOTORMU SELALU KINCLONG

4. Ban yang Sudah Tidak Rata

Benturan bisa bikin ban motor benjol. Jika benjolnya besar, pastinya akan buat tidak nyaman karena motor kamu tidak akan stabil. Mungkin saat berkendara lurus, kamu masih bisa mengontrolnya dengan baik. Namun, saat hari sedang hujan dan jalanan licin, berkendara motor dengan ban tidak rata akan sangat membahayakan.

Kalau ban motor kamu sudah tidak rata, satu-satu jalan yang harus kamu lakukan adalah menggantinya. Ban motor yang berbentuk bulat sempurna juga akan buat akselerasi motor akan lebih mantab. Sedikit banyak, hal ini juga akan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar, Friends.

CARI OLI TERBAIK UNTUK MOTOR MATIC-MU

5. Ban yang sudah Aus dan Botak

Ini sudah tidak bisa kompromi lagi, Friends. Kalau sudah melihat ban motor botak, kamu sudah harus membawanya ke bengkel untuk mengganti bannya. Ada beberapa hal yang bisa jadi indikator ban botak. Selain melihat alur kembang ban, kamu juga bisa merasakannya saat mengendarainya. Ban botak akan terasa licin di beberapa medan dan tidak stabil saat berbelok.

Mungkin kamu bisa berkendara berbagai jenis motor, tapi sebaiknya tidak nekat untuk mencoba mengendarai motor yang punya ban halus, ya. Kamu tidak akan bisa apa-apa dengan ban halus, selain menjaga keseimbangan. Namun, risiko kecelakaan tetap akan besar dan ban kamu pun akan mudah bocor.

Yuk, sekarang cek ban motor matic kamu, apa masih layak untuk dikendarai? Kalau sudah harus ganti ban, coba simak beberapa pilihan ban motor matic kualitas terbaik di Blibli.com, ya! Ada banyak pilihan ban dengan harga mulai dari Rp100 ribuan yang bisa kamu pilih. Ganti ban motor matic kamu sudah tetap prima.

PILIHAN BAN MOTOR TERBAIK MULAI DARI RP 100 RIBUAN

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY