Jangan Sembarangan, Ini Cara Memilih Pasta Gigi yang Benar

Menjaga kesehatan gigi dan mulut memang sangat penting. Caranya pun sangat simpel, yaitu dengan menyikat gigi menggunakan pasta gigi. Namun, mungkin banyak yang belum tahu fungsi pasta gigi sebenarnya.

Pasta gigi punya peran penting dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Pertama, menyikat gigi dengan pasta dapat menghilangkan plak di mulut. Plak adalah lapisan bakteri yang menempel dan berkembang biar di permukaan gigi dan akhirnya membuat gigi rusak.

Selain itu, pasta gigi juga mengandung fluoride yang membuat gigi lebih kuat. Pasta gigi juga bisa membuat permukaan gigi lebih bersih dari kotoran dan noda. Terakhir, pasta gigi juga membuat mulut lebih harum.

Mengingat pentingnya peran pasta gigi, sebaiknya kamu nggak sembarangan saat memilih pasta gigi. Simak tips memilih pasta gigi yang benar, berikut ini.

1. Pastikan kandungan bahan aktif pada pasta gigi

Photo by Pixabay

Pasta gigi terbuat dari beragam kandungan aktif yang memiliki perannya masing-masing. Biasanya pasta gigi yang baik terdiri dari bahan abrasif yang mampu meluruhkan kotoran dan plak pada gigi. Baking soda dan/atau hidrogen peroksida umumnya digunakan sebagai agen pembersih. Penggunaan bahan aktif ini membuat gigi terasa lebih bersih dan segar. Dalam kadar yang tepat, hidrogen peroksida juga berperan dalam membuat gigi lebih putih.

TEMUKAN BAHAN AKTIF YANG BEKERJA UNTUK KESEHATAN MULUTMU DI PASTA GIGI INI

2. Pastikan pasta gigi mengandung fluoride

Photo by Pixabay

Fluoride yang merupakan bahan aktif pada pasta gigi berfungsi baik untuk mencegah gigi berlubang, mencegah kerusakan pada gigi, dan efektif untuk membunuh bakteri penyebab plak pada gigi. Walau sangat penting, fluoride bukanlah kandungan aman bagi tubuh. Oleh sebab itu, pastikan untuk memilih kandungan fluoride yang tepat. Amannya, kandungan fluoride maksimal 550 ppm untuk pasta gigi anak-anak, dan maksimal 1000 ppm untuk pasta gigi orang dewasa.

3. Pilih pasta gigi dengan tartar

Photo by Unsplash

Tartar berfungsi untuk mengatasi plak pada permukaan gigi. Biasanya tartar terbuat dari kandungan seng nitrat, triclosan, dan juga pirofosfat yang mampu meminimalisir pembentukan plak pada gigi.

DAPATKAN KESEMPATAN MILIKI TOTEBAG CHIC AND DARLING DENGAN PAKET BERIKUT INI

4. Pilih pasta gigi sesuai kebutuhan

Photo by Pexels

Gigi setiap orang memiliki kebutuhan tersendiri. Seperti, jika kamu memiliki gigi yang sensitif, maka pakailah pasta gigi yang memang khusus untuk gigi sensitif. Karena pasta gigi untuk gigi sensitif diperkaya dengan kandungan aktif seperti hydroxypatite, potassium citrate, dan mineral, yang mampu meredakan rasa nyeri pada gigi.

MILIKI KOIN POICH MENARIK DENGAN PEMBELIAN 2 BUAH PASTA GIGI

5.  Cek sertifikasi pada pasta gigi

Photo by Pexels

Ya, ini penting banget lho! Cek kembali apakah pasta gigi kamu sudah tersertifikasi atau belum. Pilih pasta gigi yang sudah mendapat lolos uji dari beragam lembaga seperti Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PB PDGI) dan juga Badan Pengawasan Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI). Jika sudah, berarti pasta gigi kamu aman untuk digunakan.

Nah, dalam rangka Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2019, Blibli.com menghadirkan promo eksklusif bersama dengan Pepsodent. Dengan promo diskon hingga 30%, kamu juga bisa mendapatkan Spesial Merchandise Pepsodent x Chic & Darling. Penasaran seperti apa promo menariknya? Klik di sini untuk langsung berbelanja deretan produk Pepsodent lainnya.

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY