me

Jangan Ngaku Cinta Indonesia Kalau Belum Tau Jenis-Jenis Batik dan Maknanya

Oct 03, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

Blibli Friends pasti bangga kan ketika memakai batik? Kain yang indah ini menggambarkan keragaman warisan budaya nusantara yang sampai di kenal dunia. Bahkan nih UNESCO netapin batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi tanggal 2 Oktober 2009. 

Batik sendiri tuh beragam banget kan di Indonesia. Bahkan motif, warna, dan corak yang dimiliki batik tuh gambaran dari ciri khas suatu daerah di Indonesia. Nah Blibli Friends harus tau nih kalau motif batik ternyata punya makna tersendiri lho. Pasti pada penasaran kan apa aja? Yuk kita ulas beberapa motif batik berikut ini ya!

  • Batik Kawung (Simbol di Sebuah Pohon Aren)

Image Source: Pinterest.com

Motif batik kawung merupakan motif yang paling terkenal dari Yogyakarta lho, Blibli Friends. Motif ini berbentuk bulatan yang menyerupai buah kawung atau buah aren yang disusun geometris. Nah berdasarkan kebudayaan motif kawung yang disusun geometris ini lambang terjadinya kehidupan manusia nih. Harapannya adalah biar manusia nggak lupa sama asal usulnya. Motif batik kawung juga lambang keperkasaan dan keadilan lho, Blibli Friends. Dulu batik kawung cuma boleh dipakai oleh pejabat kerjaan lho. 

  • Batik Parang (Dongeng Pangeran Jawa)

Image Source: Pinterest.com

Motif batik parang ini punya filosofi yang mendalam banget lho, Blibli Friends. Motif ini mengandung nilai dan petuah biar manusia nggak mudah menyerah dalam segala hal dalam kehidupan. Pola garisnya yang berkesinambungan gambaran konsistensi manusia dalam memperbaiki diri, pantang menyerah, dan hubungan manusia dengan Tuhan, alam, dan sesamanya.

  • Batik Sekar Jagad (Keberagaman)

Image Source: Pinterest.com

Motif ini berasal dari Solo dan Yogyakarta yang menggambarkan indahnya keberagaman, baik di Indonesia maupun dunia. Sekar jagad sendiri berasal dari kata “kar” yang dalam bahasa Belandanya ni Blibli Friends, artinya peta nah sedangkan “jagad” artinya dunia. Jadi arti dari batik ini adalah peta dunia.

  • Batik Truntum (Simbol Kasih Sayang)

Image Source: Pinterest.com

Motif batik ini sering kita jumpai di pernikahan adat Jawa. Namanya adalah batik truntum. Truntum diambil dari Bahasa Jawa “taruntum” yang berarti tumbuh kembali atau bersemi kembali. Nah, asal usul batik ini selalu dikaitkan dengan cerita Ratu Kencana, lho Blibli Friends.

Batik bergambar kuntum atau kembang di langit ini punya sejarah yang panjang. Diawali pada abad ke-18, Ratu Kencana merasa diabaikan oleh Sunan Pakubuwana III Surakarta Hadiningrat karena sunan memiliki selir baru di keraton. Sang ratu kemudian melampiaskan kecemburuannya pada goresan lukisan gambar bintang dan bunga tanjung pada sehelai kain. 

Melihat sang ratu yang tengah membatik, hati sunan kembali tersentuh. Rasa kasih sayang dan cinta bersemi kembali di hati sang sunan. Dari sinilah awal sejarah batik truntum yang kita kenal sekarang. Motif ini menyimbolkan cinta dan kasih sayang yang selalu bersemi di antara pasangan.

  • Batik Ulamsari Mas (Simbol Kesejahteraan)

DISKON Outer Batik wanita cardigan blouse blazer santai - Lathi2

Selain Jawa, Bali juga memiliki motif batik khasnya sendiri, lho. Salah satu motif batik dari Bali yang cukup dikenal luas adalah motif batik ulamsari mas. Kalau Blibli Friends perhatikan, gambar yang terdapat pada batik ini adalah berupa gambar udang dan ikan. 

Gambar udang dan ikan dalam batik ini menyimbolkan sumber daya alam bawah laut Bali yang kaya dan banyak dijadikan sumber mata pencaharian oleh masyarakatnya. Sehingga, gambar udang dan ikan pada motif ulamsari mas ini dapat juga diartikan sebagai simbol kesejahteraan masyarakat Bali.

Gimana nih Blibli Friends, menarik kan batik-batik yang dimiliki Indonesia? Kamu nggak perlu minder pakai batik, harus bangga dan tunjukkan rasa cinta kalian kepada negeri ini. Semoga artikel ini bermanfaat ya, see you!

CEK BATIK CANTIK DI SINI YA!

 

Lihat Rekomendasi Lainnya yang Diberikan Blibli:

  • DISKON Batik atasan lucu dan unik A0835 Nevy
DISKON Batik atasan lucu dan unik A0835 Nevy

  • DISKON Kebaya Floy Grey Kamboja Silver Couple
DISKON Kebaya Floy Grey Kamboja Silver Couple

Tag:

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel