Jangan Lewatkan 3 Festival Ini Saat Berwisata ke Banyuwangi

Photo via pixabay.com

Beberapa waktu belakangan, popularitas Banyuwangi makin mencapai puncaknya. Bila dulu Banyuwangi lebih dikenal dengan Kawah Ijen-nya, perlahan-lahan kota berjuluk The Sunrise of Java ini terus berbenah menyajikan berbagai destinasi wisata untuk menarik wisatawan.

Kini Banyuwangi tak hanya dikenal dengan keindahan alamnya. Di samping itu, eloknya alam Banyuwangi pun dimanfaatkan sebagai ‘background’ berbagai macam festival budaya.

Program pengenalan tradisi lokal masyarakat Banyuwangi yang telah ada dari dulu melalui festival budaya ini nyatanya sukses mengundang perhatian wisatawan. Baik lokal maupun mancanegara.

Apalagi, Banyuwangi tak hanya punya satu jenis festival besar saja. Ada banyak festival yang hanya ada di Banyuwangi, yang akan membuat momen liburanmu di kota paling ujung Pulau Jawa ini makin berkesan.

Nah, apa Banyuwangi sudah masuk list liburanmu? Jika iya, ini dia tiga festival yang wajib dikunjungi:

  1. Festival Lembah Ijen
Photo via pixabay.com

Kawasan Ijen jadi salah satu daftar wajib yang harus kamu kunjungi saat melancong ke Banyuwangi. Tak hanya menyuguhkan keindahan blue fire-nya yang melegenda, Ijen juga memiliki festival yang luar biasa, namanya Festival Lembah Ijen. Di festival ini kamu bisa merasakan sebuah acara megah dari lembah dengan ketinggian 600 mdpl.

Festival ini menyuguhkan sendratari Meras Gandrung, yaitu pertunjukkan tari yang menceritakan tentang ungkapan rasa syukur masyarakat kepada Dewi Sri pembawa kesejahteraan. Tarian yang dilakukan oleh puluhan penari lintas usia ini juga diiringi dengan nyanyian sinden yang merdu dan syahdu.

Tentu kemegahan Festival Lembah Ijen ini tak bisa kamu lewatkan begitu saja, kan? Jangan lupa siapkan kamera untuk mengabadikan setiap momen berkesanmu selama festival berlangsung.

  1. Festival Gandrung Sewu
Photo via pixabay.com

Rutin diadakan setiap tahun dalam delapan tahun terakhir, Festival Gandrung Sewu bisa dibilang sebagai salah satu pertunjukkan yang paling ditunggu oleh wisatawan lokal dan mancanegara. Daya tarik festival ini tentu ada pada ribuan penari yang berlenggak-lenggok membawakan tarian Gandrung dijamin akan membuatmu terkesima.

Tariannya sendiri biasanya menyajikan tema-tema yang mengangkat sejarah perlawanan para pejuang di masa lalu. Tarian yang kompak, alunan gending tradisional, ditambah hembusan ombak menabrak bibir pantai menambah kesan ‘magis’ pada pertunjukkan ini.

Karena lokasinya yang berada tepat di pinggir pantai, sebaiknya persiapkan segala keperluan sebelum menonton pertunjukkan Gandrung Sewu. Siapkan pakaian yang nyaman untuk meminimalisir cuaca yang panas.

  1. Banyuwangi Festival
Photo via pixabay.com

Tak hanya memperkenalkan budaya, Banyuwangi juga punya festival yang mengajak kamu untuk lebih peduli terhadap kesehatan dan lingkungan. Dikenal dengan nama Banyuwangi Festival, ini menyuguhkan serangkaian kegiatan, mulai dari olahraga, bazaar, hingga aksi peduli lingkungan.

Festival ini juga berfokus pada sport tourism dengan menggelar Banyuwangi Underwater Festival, Fishing Festival, dan kegiatan lari bertajuk Banyuwangi Ijen Green Run. Tak berhenti sampai di situ, wisatawan bisa menikmati rangkaian kegiatan lain, seperti bazaar makanan di Banyuwangi Kuliner dan Banyuwangi Art Week.

Tak sabar ingin merasakan kemeriahan berbagai festival di atas? Kamu bisa langsung memesan tiket keberangkatan ke melalui Blibli Travel sesuai dengan jadwal berlangsungnya festival.

Enggak salah ya! Banyuwangi memang menawarkan berbagai keseruan yang sangat sayang untuk dilewatkan. Yuk, persiapkan liburanmu ke Banyuwangi agar lebih nyaman dan berkesan hanya di Blibli

*artikel berikut merupakan hasil kerjasama Blibli.com dengan Kumparan

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY