Jangan Jorok, Biasain Cuci Helm Biar Kepala Kamu Juga Bersih

Photo via pixabay.com

Sepatu aja yang buat kaki rajin banget dicuci. Masa helm yang buat kepala cuma dilap doang. Padahal, buat yang motoran, helm tuh sahabat yang paling setia selama di atas aspal. Makanya harus bales kebaikan si helm dengan ngerawat dia. Soalnya nih, helm yang tiap hari dipake tuh pasti lembab dan apek. Kalo dibiarin bisa kotor dan jamuran. Yang ada nanti muka jadi jerawatan, ato rambut jadi ketombean, bahkan kutuan. Hiiyyyyy. Nah kalo bingung gimana cara nyuci helm, ikutin tips ini.

Tips Nyuci Helm Sendiri yang Bener

  1. Lepas Dulu Bagian Dalam Helm
Photo via pexels.com

Sebelum mulai nyuci, copot dulu kaca dan busa yang ada di tiap sisi helm. Emang ada sih helm yang busanya gak bisa dilepas. Kalo helm modelan begitu, yaudah biarin aja. Kalo dipaksa lepas, yang ada malah rusak.

  1. Bersihin Busa dan Kaca Visor Helm

Buat ngebersihin busa helm yang udah dilepas tadi, cukup rendem di air anget yang udah dicampur sama cairan sabun. Tapi inget, jangan pake sabun yang ada kandungan detergen, soalnya malah bisa ngerusak busa. Bisa diganti pake sabun bayi atau sabun cuci piring aja. Tinggal dikucek-kucek terus bilas sampe bersih. Jangan diperes ya, nanti busanya malah tepos. Cukup dijemur aja sampe kering sendiri.

Buat yang males, atau emang busa helmnya ga bias dicopot, bisa coba bersihin pake spray pembersih helm kaya gini.

Daytona Helmet Fresheners Cairan Pembersih Helm Motor 100ml
Daytona Helmet Fresheners Cairan Pembersih Helm Motor 100ml

Tinggal semprot aja, helm jadi wangi, kuman juga ilang. Gak usah khawatir ngerusak rambut, soalnya spray ini bisa ngasih sensasi dingin di kepala dan lumayan tahan lama juga.

  1. Bersihin Kaca Visor

Sambil nungguin busa kering, bisa sembari bersihin bagian helm yang lain, kayak kaca visor-nya. Mulai dari ngelap kaca pake kain microfiber biar gak lecet, terus semprot pake cairan anti-fog biar kaca gak berembun waktu helmnya dipake.

Master Antifog Anti Embun Kabut Fog Kaca Mobil Kacamata Spion Motor Helm Universal
Master Antifog Anti Embun Kabut Fog Kaca Mobil Kacamata Spion Motor Helm Universal

  1. Poles Luarnya

Next, bersihin bagian batoknya. Bersihin dulu dari kotoran atau kerak. Buat lobang-lobang yang kecil dan susah dibersihin, coba pake korek kuping atau sikat gigi. Abis itu lap pake microfiber lagi biar gak lecet. Supaya helm makin kinclong, langsung poles pake wax atau cleaner kaya yang di bawah ini. Lumayan dapet bonus microfiber.

AUTODAZZLING HELM CLEANER PEMBERSIH HELM VISOR BODY DOFF GLOSSY EF
AUTODAZZLING HELM CLEANER PEMBERSIH HELM VISOR BODY DOFF GLOSSY EF

  1. Pasang Kembali Pads Bagian Dalam Helm Setelah Kering
Photo via pexels.com

Kalo udah bersih dan kering, cus langsung pasang lagi semua yang udah diperetelin tadi ke tempat semula. Pas masang, pastiin kalo busa bener-bener nempel. Biasanya busa itu ditempel pake kancing, jadi kalo bener masangnya, bakal denger bunyi “ceklekk” gitu. Jangan lupa pasang kaca visornya juga.

6. Kasih Parfum Biar Semerbak

PARFUM HELM AUTODAZZLING HELM DEO PENGHILANG BAU HELM STERILIZER HELMET PEWANGI HELM PENGHARUM
PARFUM HELM AUTODAZZLING HELM DEO PENGHILANG BAU HELM STERILIZER HELMET PEWANGI HELM PENGHARUM

Biar lebih joss lagi, tutup agenda cuci helm dengan nyemprotin parfum ke bagian dalem. Ada parfum yang khusus nih dan harganya juga murah. Jadi, helm makin wangi dan bebas dari kuman karena semprotan gini punya kandungan disinfektan juga. Wanginya macem-macem, dari aroma apel, vanilla, sampe bubble gum juga ada.

Gimana, gampang kan bersihin helm sendiri? Gak perlu laundry helm mahal-mahal, tinggal siapin peralatan yang disebutin di atas. Kalo belum punya, tinggal beli aja di Blibli.com mumpung lagi banyak promo buat urusan bebersih helm. Yang minat, yuk mampir kesini.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY