Jangan Asal, Rawat Boneka Agar Tetap Bagus dengan Cara Ini

Photo via unsplash.com

Boneka adalah mainan yang memiliki nilai sentimental tersendiri. Bahkan biasanya, boneka tersebut merupakan mainan sejak kecil dan terus dijaga hingga dewasa kini. Tapi, bagaimana cara merawat boneka kesayangan biar tetap bersih dan nggak rusak?

Mengingat boneka dilapisi dengan bulu yang biasanya mudah sekali kotor dan menyimpan debu, maka boneka harus dirawat dan dijaga kebersihannya dengan benar. Selain akan menjadikan boneka terlihat kotor, debu yang menempel pada boneka juga bisa mengganggu kesehatan si kecil. Apalagi kalau si kecil punya alergi. Lalu, bagaimana cara merawat kebersihan boneka tersebut?

1. Cek label yang tertera pada boneka 

Photo via unsplash.com

Periksa label pada boneka. Biasanya, label tersebut menampilkan petunjuk perawatan boneka yang disarankan. Baca dengan teliti apakah boneka harus dicuci manual, atau bisa dicuci dengan mesin? Cek lagi suhu air yang digunakan, apakah air hangat atau air bersuhu normal? Semua petunjuk tersebut akan membantu kamu untuk merawat boneka kesayangan.

BONEKA LUCU BERKARAKTER UNICORN YANG MENGGEMASKAN, SIAP MENGHIBUR SI KECIL

2. Cek jahitan boneka

Photo via unsplash.com

Jika sudah mengetahui bagaimana cara mencuci boneka tersebut, langkah selanjutnya adalah cek jahitan boneka. Jika ada jahitan yang terlepas, sebaiknya eratkan terlebih dahulu sehingga tak ada busa boneka yang berhamburan saat dicuci.

BONEKA TEDDY BEAR YANG LOSNG LASTING, UNTUK HADIAH SI KECIL

3. Jika boneka sudah terlalu lama, cuci dengan tangan 

Photo via unsplash.com

Jika usia boneka sudah terlampau lama, cucilah secara manual. Cara ini akan mencegah kerusakan pada boneka kesayangan, pasalnya semakin tua semakin rapuh pula kain dan jahitannya. Mesin cuci memiliki kekuatan yang mampu melepas jahitan boneka tersebut. Jadi dengan mencucinya secara manual, material dan jahitan boneka akan lebih terjaga.

COIN PURSE YANG MULTIFUNGSI, DOMPET DAN BONEKA SEKALIGUS

4. Hindari mengeringkan dengan mesin pengering

Photo via unsplash.com

Mesin pengering biasanya memiliki hawa yang panas. Sedangkan sejumlah material boneka yang terbuat dari bahan sintetis, bisa rusak akibat panas. Untuk menghindari hal yang tak diinginkan, maka sebaiknya hindari menggunakan mesin pengering.

BONEKA PLUSH DENGAN KARAKTER OSCAR YANG UNIK

5. Gunakan detergen lembut

Photo via unsplash.com

Untuk mencuci boneka, ada baiknya untuk menggunakan detergen lembut. Hal ini untuk menghindari warna boneka agar tak cepat pudar. Dengan langkah ini maka warna boneka akan terjaga lebih lama.

GANTUNGAN KUNCI TEDDY BEAR SEBAGAI AKSEN PEMANIS YANG UNIK

6. Keringkan dengan cara diangin-anginkan

Photo via unsplash.com

Cara terbaik untuk mengeringkan boneka yang sudah dicuci adalah dengan cara diangin-anginkan hingga kering. Cara ini efektif untuk menjadikan boneka senantiasa kering dan terbebas dari bau apek yang mengganggu.

7. Bungkus dan berikan silikon gel 

Photo via unsplash.com

Ini pilihan di saat si kecil mungkin sudah bosan dengan boneka tersebut. Masukkan ke dalam plastik dan tambahkan silikon gel sehingga boneka tetap kering dan terlindung dari debu.

Nah cara tersebut tentu sangat efektif untuk menjadikan boneka tetap terawat. Bagi Moms yang ingin membelikan boneka untuk si kecil atau sedang mencari boneka untuk hadiah, Blibli.com hadirkan koleksi boneka dari Gund. Pilihannya sangat beragam dengan variasi karakter yang menggemaskan, tentunya koleksi ini akan jadi pilihan tepat sebagai hadiah yang sempurna. Cek di sini untuk pilihan selengkapnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY