Banyak orang menyukai bulan Desember. Selain karena keademan musim hujan, bulan ini identik dengan liburan panjang buat semua orang.

Siapa sih, yang nggak suka liburan? Melepaskan diri dari kepenatan berutinitas, deadline, dan beban kantor atau kuliah. Tapi, liburan nggak akan asyik kalau aktivitasmu hanya diisi dengan bangun siang dan tidur siang di rumah saja.

Ada nih aktivitas-aktivitas yang bisa bikin liburan kamu terasa menyenangkan dan menyegarkan. Tengok, yuk!

1. Membersihkan diri dari segala kekotoran

bersihkan-diri

Via Vemale

Mungkin karena kesibukanmu, kamu jadi lupa buat memanjakan tubuhmu sendiri. Mandi hanya sekadar aktivitas biar badanmu tetap fresh dan wangi. Namun, rasa pegal-pegal ataupun noda di wajah nggak akan hilang dengan sabun cuci wajah saja. Kamu perlu satu atau dua kali sebulan melulur tubuhmu.

Kalau punya uang lebih, kamu bisa pergi ke salon tempat spa dan memilih treatment yang cocok buatmu. Tapi, kamu juga bisa lakukan itu sendiri di rumah. Tinggal beli saja lulur cokelat, lalu sediakan waktu yang cukup panjang memanjakan setiap pori-porimu.

Akan lebih menyenangkan kalau kamu mengajak seorang teman atau anggota keluargamu untuk berlulur bersama dan saling menggosok punggung. Setelah berlulur, kamu akan merasakan tubuhmu bersih dan lebih rileks.

Setelah berlulur, tutup treatment sederhanamu dengan maskeran. Sekarang kamu nggak perlu ribet pakai masker berbentuk krim. Kamu tinggal beli masker wajah kemasan sesuai dengan kebutuhan.

Jika kamu rajin melakukan dua treatment saat liburan, wajah dan tubuhmu dijamin akan semakin cerah dan nggak kusam lagi.

2. Dekorasi ulang ruangan favoritmuruangan

Via Pinterest

Liburan juga adalah waktunya untuk membereskan kamar kos atau ruang kerjamu yang berantakan. Kalau cuma membereskan suatu ruangan terdengar membosankan, bagaimana kalau mendekor ulang ruangan favoritmu itu? Isi dan hias ruanganmu menjadi tempat paling nyaman sedunia!

First thing first. Buang atau berikanlah barang-barang yang sudah nggak terpakai sehingga ruanganmu menjadi lebih luas. Jangan merasa sayang pada benda-benda yang masih bagus, tapi nggak pernah kamu pakai ya! Bisa jadi barang tersebut lebih berguna untuk orang lain.

Nah setelah itu, kamu bisa mengkreasikan ruangan favoritmu deh. Kamu bisa menggambar sesukamu di dinding ruangan atau membuat kaligrafi berisi kutipan motivasi agar kamu terus bersemangat.

Kamu juga bisa menaruh barangmu yang masih terpakai, namun jarang digunakan dalam boks-boks lucu. Letakkan boks itu di atas lemari agar ruangan terlihat lengang.

Kalau kamu nggak punya banyak ide pintar untuk mendekor ulang ruangan, cari saja referensinya di internet!

3. Pergi hunting sunrisesunrise

Via Okezone

Buat kamu pecinta outdoor activity, hal ini akan membuatmu ketagihan dan ingin mencoba dan mencoba lagi.

Sunrise adalah hal yang seringkali luput dari orang kota yang sibuk. Karena harus sibuk bekerja dan bermacet-macet ria dari pagi hingga malam, seringkali kamu lupa untuk menikmati indahnya matahari terbit dan terbenam.

Rasanya rugi bukan kalau kamu nggak pernah menikmati keindahan alam yang bisa didapatkan setiap hari. Coba deh, kamu pergi ke pelabuhan terdekat dari tempat tinggalmu, seperti pelabuhan Sunda Kelapa di waktu subuh.

Dari sana kamu akan melihat pemandangan yang mungkin nggak pernah kamu lihat seumur hidupmu. Perahu-perahu nelayan yang bergerak santai karena ombak dan dihiasi langit merah jambu kejinggaan. Wah, indahnya akan membuat kamu ingin menghentikan waktu, deh!

Tentunya kamu harus mengabadikan momen luar biasa ini agar kamu bisa mengingatnya kembali kapanpun kamu mau. Oleh karena itu, kamera menjadi pegangan wajib saat kamu lagi pergi kesana. Pocket camera yang enteng atau mirrorless camera yang memiliki kualitas gambar memukau? You choose!

Oya, ajak juga orang yang punya minat sama denganmu. Mungkin bisa kamu jadikan model foto. Atau kalian bisa menikmati sunrise bersama. Ada kutipan bijak berkata, kebahagiaan baru kamu dapatkan ketika membaginya dengan orang lain. Bukankah begitu?

4. Temukan hobi baru (masak, hunting foto pintu/doortraits)

pintu

Via The New York Times

Tinggal di daerah perkotaan terkadang membuat kehidupan manusia di dalamnya menjadi monoton. Rutinitas yang dijalankan orang yang satu dengan yang lain hampir sama. Kesukaan atau hobinya pun menjadi mirip.

Kamu pasti pernah dong merasa jenuh karena hobimu sudah lagi nggak memuaskan hati dan jiwamu? Kalau benar itu yang kamu rasakan, sekarang waktunya kamu mencari hobi baru!

Kalau kamu perempuan dan belum bisa masak, coba jadikan masak sebagai hobi barumu. Cowok itu sebenarnya di dalam lubuk hati yang terdalam mengidamkan perempuan yang bisa masak enak.

Jadi, nggak ada salahnya dong bisa masak buat menyenangkan suami kita kelak? Kamu nggak harus langsung belajar jadi koki handal di hotel bintang lima.

Belajar bisa dari hal-hal yang kecil seperti masak nasi goreng, ayam goreng bumbu, kue bolu, puding coklat, dan lain-lain.

Kamu yang suka fotografi bisa coba hobi yang baru booming Agustus lalu ini. Hobi lucu yang satu ini mungkin bisa bikin kamu mengenal kotamu lebih baik, yaitu foto pintu.

Aneh? Tapi, ini nyata. Bahkan, bukan hanya jadi tren saja, banyak akun-akun yang bermunculan dengan unggahan foto-foto pintu yang unik.

Memang fenomena ini nggak begitu populer di Indonesia karena nggak banyak bangunan di sini yang langsung memperlihatkan pintu tanpa ada pagar di depannya. Di situlah tantangannya. Bukan nggak mungkin kamu jadi trendsetter di Indonesia, bukan?

Nggak begitu tertarik dengan dua hal di atas? Masih banyak kok hal yang bisa di-explore. Jadi, temukan sendiri hobi baru yang bikin kamu produktif!


BACA JUGA Weekend Sendirian? Siapa Bilang Pasti Garing?


5. Lakukan sesuatu untuk kebahagiaan orang banyak

kebahagiaan

Via Reference

Akhir-akhir ini, kamu merasa hidupmu nggak berarti dan insignificant? Mungkin karena kamu terlalu fokus pada dirimu sendiri. Ada satu cara ampuh untuk mengusir perasaan yang nggak enak itu.

Karena selama ini pikiranmu hanya fokus pada kekurangan dalam hidup ini, maka mari ajak pikiranmu fokus pada hal yang lain, yaitu memikirkan kehidupan orang banyak dan membuat hidup mereka lebih baik.

Karena ketika kita nggak berfokus pada kekurangan hidup kita, di situlah kamu akan mendapatkan sesuatu yang membuat hidupmu nggak lagi terasa berkekurangan, tetapi malah penuh dengan kelimpahan.

Caranya? Coba temukan yayasan atau organisasi non-profit yang pas dengan keahlianmu atau interest-mu. Lalu, bergabung dan ikutilah kegiatan yang ada di sana dan buat perubahan untuk orang lain, juga untuk dirimu!

6. Road trip sama teman mainmu

road-trip

Via Birthday Bytes

Udah pernah nonton film 5cm dong? Kamu lihat kan keseruan perjalanan lima sahabat ke gunung tertinggi di Jawa. Kehidupan mereka sehari-hari memang berbeda, tapi ada saatnya berkumpul dan bersenang-senang bersama.

Kamu mungkin juga punya teman-teman seperti ini. Kalau sekarang kamu belum mengatur agenda liburan, buatlah road trip selama 4-5 hari bersama teman-teman yang kamu sayang.

Dengan membuat road trip, liburan kali ini berharga bukan hanya untuk kamu seorang, tapi juga untuk teman-temanmu. Cari destinasi yang agak jauh dari kota supaya kalian sejenak dapat melupakan beban yang ditanggung.

Kamu hanya perlu memusatkan pikiran kamu pada pusat hiburan mana yang ingin dikunjungi ataupun makanan apa yang akan kalian coba. Sounds fun, isn’t it?

7. Membuat tubuh sehat dan menawan

sehat

Via Pick The Brain

Kalau sedang hectic dengan aktivitas, makan dan pola tidur pasti menjadi salah satu yang dikorbankan. Akibatnya tumpukan lemak ada di mana-mana dan membuatmu nggak selincah dahulu.

Rasanya badan yang berat bikin malas ke mana-mana. Kegiatanmu hanya duduk di kursi malas sambil memegang remote TV di tangan kiri dan kudapan di tangan kanan. Kalau itu yang akan kamu lakukan sepanjang liburan, nampaknya liburanmu nggak akan mengesankan.

Untuk membayar hutang pada tubuh karena telah membuatnya menjadi nggak sehat, kamu perlu sering berolahraga. Pergi ke gym yang sudah menjadi lifestyle orang kota bisa kamu jadikan opsi.

Tapi, kalau mau sesuatu yang berbeda, kamu bisa pergi ke taman kota ataupun tempat yang memang disediakan pemerintah untuk berlari, seperti komplek Senayan ataupun Monas.

Kalau ingin yang lebih beda lagi, kamu bisa ikut kelas Muay Thai atau Wing Chun yang lagi digandrungi saat ini. Selain bisa mendapatkan tubuh idaman, kamu jadi punya stok foto kegiatan olahraga yang keren buat dipajang di sosial media kamu, deh.

Pada akhirnya, hal utama yang membuat liburan menyenangkan adalah waktu. Waktu yang senantiasa terasa jauh sepanjang tahun seakan kembali lagi memberkatimu dengan keindahan akan kebebasan melakukan apa yang kamu inginkan.

Bermodalkan tips-tips di atas, nggak ada alasan lagi buat kamu untuk mengatakan liburan kamu biasa-biasa saja, karena waktu yang banyak tersedia untukmu. Ayo segera rencanakan agar liburanmu tahun ini nggak akan jadi liburan yang sekadar numpang lewat!

Nadine

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.
Nadine

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY