me

Jajanan-Jajanan Khas yang Cuma Ada Pas Bulan Puasa

Mar 18, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

Yeaay, sebentar lagi mau puasa! Salah satu yang paling dirindukan itu mencoba jajanan pasar yang memang hanya ada di bulan Ramadan saja. Jajanan khas yang tidak boleh dilewati untuk dijadikan cemilan berbuka puasa nanti.

Berburu jajanan biasanya dilakukan sambil ngabuburit jalan-jalan menunggu waktu berbuka puasa. Nah, kegiatan ini sering sekali diisi untuk mencari cemilan yang memang jadi andalan saat puasa. 

Selain bisa dijadikan referensi cemilan agar tidak bosan dengan menu berbuka puasa yang itu-itu saja, kamu juga bisa tau kalau ternyata jajanan ini memang hanya ada saat bulan Ramadan saja. Supaya tidak penasaran, yuk cari tau jajanan pasar yang hanya ada saat puasa.

Pernah dengar Ketan Bintul? Makanan khas Banten ini ternyata sudah ada sejak zaman peninggalan Kesultanan Banten pada abad ke-16 lho. Jajanan yang berbahan dasar nasi ketan ini ditaburi serundeng dan diguyur kuah semur daging yang gurih. Lezatoooss…. Ketan bintul ini bisa kamu temukan di Pasar Lama, Kota Serang ya. Tapi sayangnya, kudapan ini hanya ada saat bulan puasa saja. 

Kalau kamu butuh variasi selain makanan gurih, kamu harus mencoba Kicak. Makanan enak ini bisa kamu temukan di Pasar Ramadan Kauman Yogyakarta, ya. Makanan ini dibuat dari perpaduan singkong, nangka, jadah ketan, parutan kelapa, gula, pandan, dan vanili. Sudah terbayang kan aroma wanginya ditambah rasanya yang gurih tapi tetap ada manis-manisnya. Memang paling pas untuk jadi teman berbuka puasa nanti. Yammii

Jajanan ketiga yaitu Kue Jongkong. Pernah denger nama makanan ini? Mungkin masih terdengar asing di telinga kamu. Kue Jongkong jadi salah satu makanan tradisional masyarakat Melayu yang tinggal di sekitaran pesisir Selat Malaka. Makanan ini juga hanya ada dan dijual waktu puasa saja lho. Terbuat dari tepung beras, makanan ini memang sekilas mirip dengan bubur sumsum. Bedanya, Kue Jongkong ini dibungkus menggunakan daun pisang yang dikukus dan diguyur santan kelapa dan gula merah. Duh, tidak sabar ingin cepat coba nih!

Ketiga makanan tadi memang menggugah selera sekali ya. Jadi semakin tidak sabar sambut Ramadhan pasti berkah dengan cobain jajanan yang hanya ada saat puasa. Selain itu, kamu bisa penuhi semua kebutuhan Ramadan di Blibli yang ngasih promo pasti murah yang diskonnya sampai 90%. 

Kamu bisa beli berbagai kebutuhan dan dapetin cashback 10% dengan harga spesial mulai dari Rp5 ribuan. Yuk, cari kebutuhan kamu sekarang biar Ramadan semakin tenang karena #BlibliPastiBerkah hanya berlangsung dari 18 Maret – 1 April 2022 aja lho! 

Tag: