Bayangkan kamu sedang serius membuat laporan, tiba-tiba pinggang seperti dipelintir hingga nyerinya sampai ke tulang. Bisa buyar konsentrasi ketika bekerja. Bila sudah seperti ini laporan yang seharusnya sehari selesai, bisa molor menjadi dua hari. Itu pun hasilnya belum tentu maksimal, karena kamu mengerjakan tugas sambil menahan rasa sakit.

Ternyata, bisa jadi itu semua gara-gara salah duduk. Posisi duduk yang stagnan selama berjam-jam bisa membuat tulang punggung terbebani. Atau bisa juga pilihan kursimu yang salah. Jangan sampai deh, nyeri berkepanjangan gara-gara salah duduk. Karena itu, kamu sebaiknya tahu, bagaimana posisi duduk yang benar.

Bagaimana posisi duduknya? Lakukan beberapa cara seperti di bawah ini ya Friends:

Β Duduk tegak, tidak membungkuk atau bersandar

posisi duduk bekerja

Via Femmehire

Posisi duduk sangat berpengaruh terhadap kondisi otot dan tulang punggung. Duduk tegak adalah posisi terbaik untuk menghindari nyeri punggung dan pinggang. Posisi membungkuk atau punggung menyender dengan posisi melengkung bisa menyebabkan punggung dan pinggang jadi gampang pegal. Kalau pun terpaksa bersandar karena lelah, jangan keterusan. Usahakan kembali pada posisi tegak setelah badan terasa lebih segar.

Duduk, berdiri, dan berjalan secara rutin

duduk,berdiri,berjalan secara rutin

Via Forwardthinking

Selama bekerja hindari duduk dalam waktu lama tanpa diselingi kegiatan lain. Usahakan setiap satu atau dua jam sekali berdirilah dari tempat dudukmu. Lakukan peregangan dengan menarik dan mengatupkan kedua tangan ke atas. Kaitkan kedua jari tangan dan luruskan ke depan. Selain itu, kamu juga bisa berjalan-jalan di sekitar meja kerja sebagai relaksasi.

Pindah ke kursi dengan ukuran yang berbeda

kursi

Bila di dekat meja kerjamu terdapat kursi lain, kamu bisa meninggalkan kursi kerja sejenak dan berpindah ke kursi lain yang mempunyai ukuran berbeda. Duduk di kursi yang berukuran berbeda, membuat ototmu bergerak dan meregang, sehingga tidak kaku. Sebagai kombinasi, kamu bisa duduk di kursi seperti ini. Kamu bisa mencari aneka kursi unik yang sedap dipandang di Blibli. Selain banyak pilihan, kualitasnya terjamin, semua barang bisa diantar ke rumah atau kantor bebas ongkos kirim.

Senam sambil duduk di kursi

senam sambil duduk dikursi

Via pain-focus.com

Selain berdiri dan berjalan di sekitar kursi, kamu juga bisa melakukan senam di kursi. Banyak gerakan yang bisa dilakukan seperti merapatkan kedua kaki dari mata kaki hingga lutut. Setelah itu renggangkan kaki dan ulangi gerakan ini 8-10 kali. Gerakan lain yang bisa kamu lakukan adalah menekuk kaki dalam posisi 90 derajat, setelah itu luruskan kaki ke depan. Cara ini bisa menghindarkan nyeri, khususnya bagian pinggang.

Empat cara di atas bila dilakukan secara rutin bisa menghindarkan kamu dari rasa sakit pinggang dan punggung. Oh ya, jangan lupa juga untuk minum air putih sekitar dua liter atau delapan gelas per hari. Cara ini bisa membantu menjaga kebugaranmu dan mengurangi risiko nyeri pinggang.

 

Raya

Raya

Crafts and cultures enthusiast who lives in Kota Gede, DIY.

I love to travelling around Indonesia, because this country is more adventurous, unique, and interesting than any other.

When i stay in the city, I usually going to spa, jogging in the city park, and of course, gathering with my friends πŸ™‚
Raya

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY