me

Itinerary Road Trip Jawa Tengah, Wajib Berkunjung ke Tempat Ini

Mar 31, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

image source: www.instagram.com/jawatengah

Itinerary Road Trip Jawa Tengah- Jalan-jalan ke Jawa Tengah biasanya bakal langsung tancap gas ke destinasi yang udah terkenal, misalnya Candi Borobudur dan Prambanan, atau main ke Pasar Beringharjo dimana semuanya ada di Yogyakarta. Padahal nih Blibli Friends, Jawa Tengah itu luas dan kamu bisa mengunjungi lebih banyak tempat dalam satu kali liburan kalo kamu ngerencanain road trip Jawa Tengah.

Selain lebih santai karena pake kendaraan pribadi, kamu juga bisa bikin jadwal liburan atau itinerary sesuai sama keinginan sehingga lebih nyaman dan fleksibel. Nah, supaya lebih terencana dan terstruktur, yuk intip gimana cara bikin itinerary dan juga rekomendasi hotel dan destinasi sepanjang jalur Jawa Tengah yang bisa kamu coba.

Baca juga: Rekomendasi Road Trip Jogja Bali


Tips Susun Itinerary Road Trip Jawa Tengah

Meskipun judulnya berpetualang, bukan berarti kamu boleh pergi tanpa rencana apa-apa karena justru bahaya. Kamu bisa tersesat, pengeluaran membengkak dan waktu liburanmu kebuang sia-sia tanpa meninggalkan kenangan yang berkesan. Makanya, penting banget bikin rencana liburan atau itinerary yang sesuai sama kebutuhanmu.

Pertama, tentukan dulu berapa hari kamu bakal road trip keliling Jawa Tengah. Panjangnya waktu yang kamu punya buat liburan memengaruhi banyak hal juga, mulai jumlah kota yang mau disinggahi dan seberapa lama berada di kota tersebut. Durasi liburanmu juga menentukan kegiatan apa aja yang bisa kamu lakukan di setiap kota.

Kedua, tentukan kamu mau mengunjungi kota mana aja jadi kamu bisa merancang rute perjalanan supaya nggak muter-muter ngabisin bensin tanpa tujuan. Kalau kebetulan liburanmu cuman 3 hari dengan dana terbatas misalnya, nggak usah ngerencanain mengunjungi banyak kota dengan jarak yang jauh karena bisa-bisa dapat capek dan bokeknya aja.

Ketiga, tentukan destinasi wisata yang mau kamu kunjungi di setiap kota yang kamu datangi selama road trip. Sambil nyari info tempat wisata, jangan lupa untuk merencanakan tempat penginapan mana yang mau kamu pake buat bermalam in case kamu ingin menghabiskan beberapa waktu di kota tersebut.

Rekomendasi Hotel Nyaman Buat Road Trip Jawa Tengah

Kamu yang punya kenangan di kota tertentu di Jawa Tengah pasti pengen menghabiskan waktu lebih lama di sana. Atau mungkin kamu nemu banyak destinasi wisata yang wajib dikunjungi biar nggak nyesel sepanjang masa. Kalo ada rencana menghabiskan waktu lebih lama di satu kota kayak gini, kamu wajib merencanakan penginapan yang mau ditempati biar istirahatmu terjamin.

  • Hotel Karlita, Tegal

    itinerary road trip jawa tengah
    image source: www.instagram.com/karlitahoteltegal/

Kamu yang berpetualang keliling Jateng dan ngelewatin kota Tegal, bisa nginap di Hotel Karlita yang berlokasi di Jalan Brigjen Katamso 31, Tegal. Meskipun bukan bintang 5 dengan tarif mulai 400 ribuan per malam, kamu bisa nyaman istirahat di sini karena pelayanannya yang bagus dan profesional. Di sekitar hotel juga ada sejumlah destinasi wisata menarik, salah satunya Kuil Tek Hay Kiong.

Kamu yang pengen makan siang atau malam yang nggak ribet juga bisa langsung ke Waroeng Steak n Shake yang masih berada di sekitar lingkungan hotel. Franchise populer ini bisa jadi pilihan paling aman ketika kamu ragu bakal cocok sama kuliner lokal atau nggak. Soal harga nggak usah ditanya, sangat terjangkau dengan rasa masakan yang bisa bikin kamu ngigau saking enaknya.

  • KHAS, Pekalongan

    khas pekalongan
    image source: www.instagram.com/khaspekalonganhotel/

Dari Tegal, kamu ngelanjutin perjalanan ke Pekalongan yang terkenal dengan batiknya. Kalo berencana menghabiskan malam di kota ini salah satu hotel yang bisa jadi jujugan adalah KHAS di Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo 24, Pekalongan Timur. Dulunya, hotel ini bernama Pesonna Hotel Pekalongan yang kemudian berganti nama seiring dengan perubahan pengelolaannya.

Di sini kamu bisa dapetin kamar mulai harga 400 ribuan semalam dengan fasilitas mulai dari TV kabel, meja dan kursi, minibar, kamar mandi kering sampe pengering rambut. Sayangnya, harga tersebut belum termasuk sarapan Blibli Friends, jadi pagi-pagi kamu harus menjelajah ke seputaran hotel buat ngisi perut. Sisi positifnya, kamu jadi bisa mengeksplorasi kuliner lokal pagi hari yang jadi ikon di sana.

  • Horison Ultima, Semarang

    horison ultima
    image source: www.instagram.com/horisonultimasemarang/

Setelah mampir ke Pekalongan, saatnya bertolak ke Semarang yang jadi ibukota Provinsi Jateng. Sebagai ibukota provinsi nggak kaget kalo Semarang punya banyak penginapan dengan kualitas yang jempolan. Salah satunya adalah Hotel Horison Ultima yang berlokasi di Jalan MT. Haryono 972, Semarang Selatan. Rate kamar per malamnya terbilang standar yaitu 425 ribuan nggak termasuk sarapan.

Untuk fasilitasnya lengkap lah ya, mulai TV kabel, kamar mandi kering, pengering rambut, kulkas, sampai brankas penyimpanan. Di sekitar hotel ada tempat makan yang boleh kamu cobain yaitu Prima Restaurant yang ada di Best Western Star Hotel. Kamu juga bisa mampir ke Gelael Candi buat beli oleh-oleh kecil khas Semarang buat kolega atau keluarga.

  • Best Western Premier, Solo

    premier solo
    image source: www.instagram.com/bwpsolobaru/

Keliling Jawa Tengah nggak lengkap kalo nggak mampir ke kotanya Presiden Jokowi, Solo. Meskipun bukan kota besar tapi Solo terbilang maju dalam hal pariwisata. Hal ini bisa kamu lihat dari pilihan hotel yang tersedia di sana buat para wisatawan seperti kamu, salah satunya adalah Hotel Best Western Premier, Solo Baru, Solo.

Hotel bintang 4 ini terletak di Jalan Ir. Soekarno, Madegondo, Grogol, Solo Baru, Solo. Dengan harga kamar mulai 800 ribuan semalam, kamu berasa jadi ratu atau raja sehari karena fasilitasnya nggak sembarangan lho, Blibli Friends. Di kamarnya ada TV kabel, kulkas sampe brankas. Sedangkan kamar mandinya lengkap dengan bathtub, tirai, sampe pengering rambut.

  • The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center

    itinerary road trip jawa tengah
    image source: www.pinterest.com

Kalo Jogja jadi destinasi terakhir dari tur keliling Jateng-mu kali ini, lepaskan penat sebelum balik ke rumah dengan menginap di The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center. Hotel bintang 4 ini berlokasi di Jalan Palagan Tentara Pelajar KM 7, Ngaglik, Yogyakarta. Meskipun bukan hotel kaleng-kaleng, harga per kamarnya masih terjangkau kok yaitu mulai 640 ribuan semalam.

Dengan harga kamar segitu, kamu bisa dapetin sejumlah fasilitas di dalam kamar mulai dari TV kabel, meja kursi, kulkas, brankas sampe minibar. Kamar mandinya juga oke banget dengan dilengkapi pengering rambut. Biar nggak kehabisan kamar, pastikan kamu booking sebelumnya. Bahkan, kalo perlu sebelum mulai road trip kamu udah pesan kamar supaya kenyamanan terjamin dari awal.


Baca juga: Pilihan Tempat Bukber yang Bernuansa Islami di Jakarta

Nah, itu dia tips bikin itinerary road trip Jawa Tengah beserta rekomendasi tempat untuk menginap. Jadi, udah siap sama jadwal kegiatan dan perjalanan road trip Jawa Tengah-mu tahun ini belum? Kalo semua udah beres, jangan lupa bahwa kamu juga perlu bawa berbagai perbekalan buat di jalan, mulai dari minuman ringan sampai makanan cepat saji yang jadi penyelamat kelaparan dan kehausan. Biar nggak ribet, belanja aja di Blibli yang lagi ngadain Promo Ramadhan. Cepet, murah, anti ribet, buruan deh borong semua!

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya