Memahami Berbagai Istilah Penting dalam Permainan Mobile Legends: Bang-Bang

Semakin hari, semakin banyak orang yang menggandrungi game bergenre Multiplayer Online Battle Arena (MOBA). Kamu dan beberapa orang lain akan ada di dalam satu arena secara berasama-sama dan bertanding dengan satu tujuan.

Jika tahun-tahun sebelumnya, MOBA cenderung dimainkan via PC yang menuntut kelengkapan perangkat pendukung. Dewasa ini kemunculan beberapa versi analognya membuat keseruan bertarung online pindah ke ranah mobile. Semua pengguna ponsel pintar bisa memainkannya di mana pun dan kapan pun selama terhubung dengan koneksi internet.

Salah satu MOBA analog yang menarik perhatian luas adalah Mobile Legends: Bang-Bang (MLBB). Dikembangkan oleh Moontoon Developer sejak 2016, game yang masuk dalam e-sport ini dapat dimainkan pada ponsel dengan sistem operasi Android dan iOS. Begitu populernya, konon game tarung online ini dimainkan oleh ribuan orang setiap harinya.

Game ini dimainkan oleh sepuluh orang yang terbagi menjadi dua tim. Pemain dapat memulainya dengan memilih salah satu dari daftar hero yang “dipinjamkan secara gratis” oleh sistem  atau yang dibeli dengan diamond. Dengan kata lain, tidak semua hero dapat langsung dimainkan.

Setiap hero memiliki empat skill yang terdiri satu kemampuan pasif dan tiga kemampuan aktif. Berdasarkan jarak serangnya, hero terbagi menjadi dua tipe, yakni melee dan ranged. Perbedaannya adalah bahwa hero melee memiliki jangkauan serang yang pendek dibandingkan dengan hero ranged.

Adapun dari karakteristiknya, hero dibagi menjadi beberapa tipe, yaitu:

1. Marksman: Memiliki daya serang yang kuat sehingga memiliki peran sebagai penyerang utama dalam permainan.

2. Tank: Memiliki basis kekuatan pertahanan yang besar sehingga dapat melawan damage (serangan) yang besar dari lawan untuk melindungi tim.

3. Mage: Memiliki skill dengan damage yang besar sehingga dapat melakukan quick kill kepada hero lawan.

4. Support: Memiliki skill yang berguna untuk menjaga tim serta membantu kendali tim ketika sedang bertempur.

5. Assassin: Umumnya memiliki skill yang dapat membunuh serta melakukan lock terhadap lawan.

CEK BERBAGAI PERANGKAT PENDUKUNG KESERUAN MOBA DI BLIBLI.COM

Lama permainan berkisar sekitar 15 menit untuk satu ronde. Tujuan utama permainan ini adalah untuk menghancurkan basis lawan. Terdapat tiga jalur (lane) tarung utama dalam peta permainan, yakni Middle, Top, dan Bottom.

Masing-masing lane dijaga oleh Turret yang akan menyerang unit musuh secara otomatis. Mereka memiliki bangunan ‘barrack’ yang jika dihancurkan akan membuat creep/minion lawan menjadi semakin kuat. Apabila semua ‘barrack’ hancur, maka tim lawan akan memiliki super minion yang jauh lebih kuat dibanding minion biasa.

Di luar jalur lane setiap tim, juga terdapat jungle yang berisi creepyang akan memberikan buff pada unit yang mengalahkan creep tersebut. Permainan berakhir ketika base salah satu tim hancur.

Terlepas dari motivasi memenangkan pertempuran dan meraih kasta untuk memperkuat hero yang dimiliki, banyak pemain Mobile Legends masih kerap kebingungan dengan berbagai istilah yang biasa muncul di layar permainan ini.

Yuk, simak lagi deretan istilah dasar yang wajib diketahui oleh kamu-kamu penggemar Mobile Legends. Siapa tahu dengan menguasai istilahnya, kamu bisa meningkatkan kemampuan dalam bertarung online.

DIAMOND BERKUALITAS DENGAN HARGA BERSAING BISA DITEMUKAN DI BLIBLI.COM

1. Early Game, Mid Game, Late Game

Dalam 15 menit pertarungan di setiap rondenya, terdapat tiga fase waktu yang harus dipahami oleh pemain. Fase pertama adalah Early Game yang berlangsung selama dua menit. Waktu ini, pemain dituntut untuk fokus mencari level terlebih dulu.

Di fase kedua, Mid Game. Selama delapan menit berikutnya, pemain dituntut tidak hanya mempertahankan fokus, melainkan juga mencuri kesempatan untuk membunuh hero musuh.

Adapun Late Game yang biasanya dimulai dari menit ke-10 hingga selesainya ronde pertarungan. Di sini, item pemain harus sudah terbentuk dan level yang dikendalikan harus dikuasai penuh.

2. Buff

Ini adalah status tambahan yang harus dimiliki oleh hero dalam menaikkan level tarungnya. Pemain bisa mendapatkan status ini dengan membunuh monster buff di area hutan (jungle). Tidak hanya status yang didapat, buff juga memberikan pemain exp (level) dan gold untuk membeli item terkuat.

3. AFK (Away from Keyboard)

Istilah ini kerap membuat pemain “mengamuk” lantaran salah satu hero tim kamu tiba-tiba keluar dari pertarungan online. Kondisi yang disebut 4v5 –merujuk pada keseimbangan jumlah pemain– membuat kemenangan hampir tidak mungkin bisa diraih.

Siapa pun yang melakukannya, lebih baik hindari karena tindakan ini akan membuat kredit skor pemain dipotong oleh sistem dan kesepatan bermain di mode rank terhalang untuk beberapa waktu.

4. Ganking

Ini adalah istilah untuk mengeroyok musuh yang sedang berjalan sendiri. Strategi ini wajib dipahami oleh setiap pemain Mobile Legends demi mendapatkan tambahan level dan juga gold dari hasil kill, atau membunuh musuh.

TEMUKAN VOUCHER DIAMOND BERKUALITAS UNTUK BERMAIN MOBILE LEGEND DI BLIBLI.COM

5. GG (Good Game)

ketika pemain menjadi faktor pembeda dalam sebuah pertandingan, istilah ini muncul dengan beberapa fungsi, yakni kill berlimpah atau menghancurkan banyak tower. Ibarat kerja sama dalam kelompok nyata, GG adalah pernyataan salut dan selamat dari kawan setim dan bahkan anggota tim lawan.

Namun, terkadang nih, istilah ini bisa juga digunakan untuk menyindir pemain yang mengecewakan. Hati-hati menafsirkannya, ya!

6. Lord

Lord adalah sebutan bagi monster terkuat yang ada di Mobile Legends, dan biasanya muncul di menit ketujuh. Apabila berhasl membunuhnya, tim kamu akan mendapat bantuan untuk menembus benteng musuh.

Namun, perhatikan bahwa kematian Lord hanya berlangsung tidak lebih dari empat menit. Ia akan kembali lagi menjadi monster yang sangat mengganggu. Oleh karenanya, manfaatkan waktu dengan baik untuk merasuk ke benteng lawan dan mendapat poin signifikan.

7. Minion/Creep

Minion merupakan pasukan yang muncul di tiga jalur utama. Mereka bergerak secara spontan dan tidak bisa dikendalikan. Minion memiliki peranan penting sebagai tameng dalam menghancurkan tower dan juga markas utama musuh.

8. Mukil

Dalam pertarungan Mobile Legends, juga berbagai MOBA lainnya, ada saja pemain yang bernafsu untuk mendapatkan killterbanyak. Mereka-mereka ini seringkali tidak peduli pentingnya strategi tim sehingga kerap menyerang musuh secara membabi buta seorang diri.

Meski bisa menguntungkan, aksi ini lebih sering merugikan tim dan biasanya berujung dengan kredit skor tim yang berkurang drastis. Dengan kata lain, kekuatan tim akan melemah dan musuh lebih mudah menyerang.

BELI DIAMOND DI BLIBLI.COM DIJAMIN NGGAK BAKAL RUGI DEH!

9. Farming

Ini adalah istilah untuk setiap kali pemain berhasil membunuh yang ada di hutan. Keuntungan yang didapat dari aksi ini adlaah mendapatkan level dan juga gold, dua elemen utama untuk mendorong penguatan karakter hero.

10. Jungling

Senada dengan di atas, jungling adalah istilah yang ditujukan untuk mencari tambahan level dan gold dengan cara membunuh monster-monster yang tersebar di seluruh hutan. Jungling adalah istilah yang ditujukan untuk mencari tambahan level dan gold dengan membunuh monster yang tersebar di hutan.

Ada enam monster ditambah satu turtle yang bisa kamu sikat agar cepat meningkatkan level. Monster hutan ini akan kembali muncul tiap dua menit. Oleh karenanya, begitu monster hutan muncul, pemain disarankan segera membunuh mereka. Jangan sampai justru musuh yang terlebih dahulu melibasnya.

11. Assist

Saat rekan satu tim melakukan kill dan kamu ikut berpartispasi di dalamnya, kamu akan mendapat poin assist. Kurang lebih skemanya sama seperti tendangan assist pada permainan sepak bola.

12. Arrival

Ini adalah istilah untuk teleport (memindahkan) ke tower atau minion sekutu. Tower atau minion yang dituju akan menjadi kebal ketika kamu sedang teleport. Move speed pemain terkait pun akan bertambah hingga 3 persen selama tiga detik. Perlu dicatat, skill ini akan mengurangi waktu cooldown selama 50 detik.

13. Feed/Feeder

Lebih sering mati atau di-kill dibanding meng-kill, biasanya jadi beban dalam permainan tim. Hal ini merugikan tim, karena berisiko memberikan tim lawan skor, exp, dan gold setiap kali ada anggota yang terbunuh.

14. Roaming

Berbeda dengan istilah pada telekomunikasi, roaming di sini merujuk pada aksi berpindah-pindah jalur. Biasanya ini dilakukan oleh hero yang punya mobilitas tinggi, seperti Fanny, Johnson, atau Gusion. Roaming wajib dilakukan untuk membantu kawan yang sedang dalam kondisi terdesak.

15. Solo

Solo adalah memilih beraksi di satu jalur sendirian. Dari tiga jalur yang ada, biasanya jalur tengah cuma akan diisi oleh satu pemain. Interval minion yang cepat akan sangat membantu dalam menaikkan level. Biasanya jalur tengah diisi oleh hero Marksman, seperti misalnya Lesley dan Claude.

TEMUKAN VOUCHER DIAMOND DI BLIBLI.COM SEKARANG

Sebenarnya masih ada banyak istilah lainnya yang kerap muncul dalam pertarungan Mobile Legends. Istilah-istilah di atas termasuk paling sering disebu sehingga maknanya perlu diketahui oleh para pemain Mobile Legends. Nah, kalau kamu ingin menaikkan skill dalam bermain Mobile Legends, kamu perlu memberi berbagai fasilitas dengan pembayaran via level dan gold.

Jika kamu ingin mencari jalan singkat untuk mendapatkannya, kamu bisa melakukan pembayaran dengan diamonds. Via top-up, kamu bisa menukarkan uang ke alat pembayaran digital untuk membeli berbagai item penunjang dalam pertempuran online di Mobile Legends.

Blibli.com punya banyak penawaran seru nih untuk membeli diamonds yang harganya dijamin bersaing dan memberikanmu manfaat lebih dalam menunjang skil hero yang dimainkan di Mobile Legends. Selamat bermain!

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY