Panduan untuk Pemula: Apa Perbedaan Gundam SD, MG dan RG?

Grade pada Gundam

Merakit model kit Gundam merupakan salah satu hobi yang banyak diminati oleh berbagai kalangan. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa, penggemar Gundam ketagihan dengan serunya merakit berbagai jenis Gundam hingga menjadi koleksi lengkap. Jika kamu baru menekuni hobi ini, ada baiknya untuk mengenal istilah-istilah grade pada Gundam agar tak salah memilih koleksi pertama.

Gundam model plastik atau biasa dikenal dengan gunpla, merupakan model robot yang berasal dari anime yang produksi Bandai. Sejak diluncurkan pertama kali, Gundam model kit telah mengalami berbagai perkembangan, mulai dari segi kualitas hingga kerumitan merakit. Hal inilah yang membuat model kit Gundam memiliki banyak istilah grade. Nah, kenalan dulu yuk dengan berbagai tingkatan grade pada Gundam yang harus kamu ketahui!

YUK LENGKAPI ALAT-ALAT MERAKITMU DI SINI

SD : Super Deformed

Grade pada Gundam
Via – Poopoopanda

Istilah SD atau Super Deformed merupakan salah satu grade pada Gundam yang identik dengan Gundam mini. Sesuai dengan grade-nya, model Gundam jenis ini jauh dari kesan robot yang gahar. Malahan, cenderung lucu karena bentuknya yang imut-imut.

Gundam dengan grade SD merupakan salah satu Gundam yang cocok buat kamu yang baru menekuni hobi merakit robot Gundam. Pasalnya, ukuran dan desain yang lebih sederhana ini membuat waktu dan tingkat kesulitan dalam merakit relatif lebih mudah. Jadi, kamu bisa latihan terlebih dahulu sebelum menjajaki model yang lebih rumit!

CEK KOLEKSI GUNDAM GRADE SD DAN MULAILAH MERAKIT SEKARANG

MG : Master Grade

Grade pada Gundam
Via – Gunjap

Jika kamu nggak puas dengan model Gundam kerdil dan menginginkan bentuk seperti aslinya, kamu bisa memilih Gundam MG atau Master Grade. Gundam jenis ini identik dengan skala 1/100 dan tulisan “MG” pada kemasannya. Tingkat kesulitannya cukup tinggi karena terdiri dari banyak elemen kompleks di dalamnya.

Master Grade sendiri merupakan grade pada Gundam hasil dari pengembangan model terdahulu. Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 1995, Gundam ini telah dilengkapi dengan kerangka dalam dan pergerakan yang lebih luwes. Gundam MG juga didesain dengan tingkat kompleksitas yang lebih tinggi serta bahan baku yang lebih berkualitas. Nggak heran kalau harga Gundam dengan grade ini akan lebih mahal di pasaran!

INI NIH KOLEKSI GUNDAM GRADE MG YANG BISA KAMU DAPATKAN

RG : Real Grade

Grade pada Gundam
Via – Endlesswatts

Masih butuh tantangan lebih? Berarti kamu harus memilih Gundam RG. RG adalah grade pada Gundam hasil pengembangan lebih lanjut dari gundam MG dan diluncurkan pertama kali pada tahun 2010 dengan skala 1/144 bersamaan dengan perayaan ulang tahun gundam ke 30.

Gundam RG memiliki detil yang lebih tinggi dibandingkan dengan MG. Selain itu, pergerakan pada RG juga lebih kompleks dan lebih luwes. Perakitan gundam RG ini nggak perlu pengecatan sama sekali, karena telah terdapat 2-3 warna yang berbeda. Cocok banget buat kamu yang mau melengkapi koleksi Gundam hingga tuntas!

DAPATKAN TANTANGAN LEBIH DENGAN MERAKIT KOLEKSI GUNDAM GRADE RG DI SINI!


Nah, sekarang kamu udah memahami berbagai istilah grade pada Gundam, sehingga kamu bisa memilih mana yang mau kamu rakit duluan. Hal ini juga berguna kalau kamu mau belanja atau menitipkan Gundam ke teman, kamu bisa kasih spesifikasi yang lebih lengkap supaya nggak salah beli.

Bagi kamu yang udah nggak sabar untuk memulai merakit Gundam, ada banyak koleksi Gundam dari Blibli.com untuk rakitan pertamamu! Yuk buruan borong di #BlibliSekarang!

PILIH DI SINI GUNDAM BARU YANG HENDAK KAMU RAKIT

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY