me

10 Istilah dalam Anime Jepang yang Populer dan Perlu Diketahui

Feb 28, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

freepik.com/author/freepik
Simak 10 istilah dalam anime Jepang yang populer dan bisa kamu ketahui!

Istilah dalam Anime – Buat kamu yang suka menghabiskan waktu sambil menonton film, mungkin setidaknya pernah menonton anime. Tentu aja, bagi pecinta anime kamu pastinya menemukan beberapa istilah yang sering terdengar. Bahkan, beberapa istilah tersebut ada juga yang sering disebutkan oleh pecinta anime. Meski sebenarnya, bagi orang awam istilah dalam anime Jepang ini jarang diketahui, loh.

Selain itu, setiap istilah dalam anime Jepang ini juga memiliki makna yang berbeda-beda. Pastinya, kamu bisa mempelajari dan memahami istilah dan maknanya disini. Tapi, sebelum membahas istilah dalam anime lebih jauh, ketahui dulu apa itu anime dan tentang anime di bawah ini, yuk!

Baca Juga: 


Tentang Anime

Tentang Anime
freepik.com/author/freepik

Anime adalah kartun atau animasi buatan tangan atau komputer yang berasal dari Jepang. Di luar Jepang, kata anime ini mengarah pada semua kartun yang diproduksi dari Jepang. Meski begitu, ternyata istilah anime ini memiliki makna yang berbeda di negaranya. Di Jepang sendiri, anime ini memiliki makna kartun atau animasi dan nggak memandang produksi asalnya, loh.

Sama seperti yang kita lihat sekarang ini juga, anime ini menjadi kartun yang banyak ditonton oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Selain itu, anime ini pun bisa ditonton oleh siapa aja dari berbagai negara. Bahkan, Amerika Serikat dan Perancis menjadi pengikut paling banyak yang menonton anime ini.

Anime ini pun menjadi kartun yang memiliki ciri khas tersendiri karena produksi khasnya dan sudah diadaptasi dengan teknologi yang lebih canggih lagi. Berbeda dengan animasi Barat, produksi anime pada umumnya nggak berfokus pada pergerakan. Mereka lebih mengarah pada detail pengaturan dan penggunaan efek kamera, mulai dari panning, zooming, dan angle shot.

Tentu aja, itu dibuat dan digambarkan dengan menggunakan tangan. Maka dari itu, setiap orang memproduksi anime yang berbeda, sebab gaya seni yang digunakan dan fitur karakter pun bervariasi. Jadi, setiap pecinta anime pun pastinya memiliki karakteristik favorit masing-masing dalam setiap anime yang mereka tonton, nih.

Istilah-Istilah dalam Anime

Istilah-Istilah dalam Anime
freepik.com/author/freepik

Dari informasi di atas, kamu juga bisa ketahui istilah-istilah dalam anime di bawah ini:

Kawaii

Kawaii ini memiliki arti yang beragam dan tergantung pada penggunaan kata yang digunakan. Umumnya, kawaii ini adalah lucu atau imut. Istilah ini populer dan mengarah untuk menunjukkan seorang perempuan atau laki-laki yang bertingkat laku imut.

Tapi, seiring berjalannya waktu istilah ini mulai banyak digunakan untuk setiap objek yang terlihat lucu, seperti tampilan pada Pikachu, Pokemon, dan Hello Kitty. Selain itu, masyarakat Jepang pun juga menggunakan istilah ini untuk menyindir secara halus kelakukan orang lain yang bertingkah laku agak aneh, ya.

Sensei

Sensei memiliki arti sebagai guru. Istilah ini memang sering dipakai untuk memanggil sosok guru, seperti di sekolah, seniman, musisi, dokter, hingga di tempat mengajar lainnya. Istilah sensei ini berasal dari kata sakidatsu, di mana artinya “lebih dulu di depan” dan sei yang juga memiliki arti “murid”.

Penggunaan untuk istilah sensei ini adalah Masako Sensei dan Anzai Sensei. Jadi, penggunaan istilah sensei ini bukan cuma untuk guru aja, ya.

Senpai

Senpai memiliki arti yang merujuk pada seseorang yang sudah dianggap senior, mulai dari pengalaman, jabatan, hingga umur. Sama seperti sensei, senpai ini juga digunakan sesudah nama panggilan orang yang digunakan. Misalnya, Sara Senpai dan Tadako Senpai.

Selain itu, istilah senpai ini memiliki kata pendamping lain, yakni Kohai yang artinya adalah junior. Tapi, dalam kehidupan masyarakat Jepang, istilah senpai dan kohai ini digunakan di lembaga pendidikan, seperti sekolah, kampus, perusahaan, dan tempat organisasi lainnya.

Wibu

Wibu memiliki arti merujuk pada seseorang yang sangat suka dengan budaya Jepang, namun perasaannya tersebut sudah dianggap berlebihan oleh orang lain. Jadi, bisa dikatakan wibu ini artinya untuk orang-orang yang bukan asli Jepang dan terlalu terobsesi dengan kebudayaan disana.

Bahkan, mereka juga menganggap dirinya lebih paham daripada masyarakat lokal Jepang sendiri. Selain itu, wibu ini juga sering digunakan oleh netizen di media sosial yang mengarah pada hal yang kurang baik dan juga sebagai bahan ledekan untuk orang terobsesi dengan budaya Jepang.

Arc

Arc memiliki arti yang merujuk pada serangkaian episode untuk membentuk sebuah alur cerita tertentu dalam cerita manga atau anime. Umumnya, istilah arc ini digunakan untuk kejadian penting yang ada di dalam cerita anime tersebut.

Di dalam anime, biasanya arc ni menunjukkan pengembangan karakter, menghadirkan berbagai konflik, dan memiliki puncak dramatis, sehingga menunjukkan adegan yang menegangkan dan emosional bagi penonton maupun pembacanya.

Filler

Filler adalah istilah yang mengarah pada episode baru yang ditambahkan pada alur cerita anime. Biasanya, episode yang dirilis tersebut bukan berasal dari sumber yang akurat. Jadi, memang filler ini cuma berisikan episode yang memuat cerita baru yang nggak berkaitan dengan cerita anime aslinya.

Pembuatan episode ini pun cuma sebagai pengisi dan bukan bagian yang penting dalam anime, ya.

OVA

OVA atau Original Video Animation adalah animasi yang nggak dirilis secara langsung dan nggak siarkan di TV maupun di bioskop. Jadi, OVA ini dirilis dalam format Blu-ray, VHS, CD, ataupun DVD, lalu nantinya dijual secara terbatas. Selain itu, OVA ini juga bisa dijual dalam bentuk bundel dengan manga atau light novel di volume berikutnya.

Mengingat OVA ini nggak tayang di TV, maka kamu pun bisa menontonnya tanpa menunggu jadwal siaran yang ketat. Hal itu juga dikarenakan OVA ini diproduksi dengan proses yang lebih panjang dan menghabiskan dana yang lebih besar.

OAD
OAD atau Original Animation DVD ini sama seperti OVA. Anime yang dirilis cuma dalam bentuk piring DVD ataupun CD fisik. Meski begitu, istilah OAD ini jarang digunakan dibandingkan OVA. Pembuatan OAD ini juga dibuat agar animator atau pembuat anime tersebut mendapatkan penjualan dengan harga yang lebih.

Fanservice

Fanservice dalam dunia anime digunakan sebagai ‘bumbu penyenang’ aja. Jadi, adegan yang ditayangkan dalam anime tersebut dibuat dengan tujuan untuk menenangkan pikiran para penggemarnya.

Waifu dan Husbando

Waifu dan Husbando adalah istilah yang digunakan dalam peran istri dan suami di anime. Waifu mengarah pada karakter perempuan yang difavoritkan atau disukai dalam anime. Sementara, husbando mengarah pada karakter laki-laki yang disukai oleh wanita, sehingga ingin dijadikan suami.


Baca Juga: 

Itu dia 10 istilah dalam anime dan informasi sekilas tentang anime. Kamu bisa temukan berbagai mainan anime dan karakter figur favorit kamu di Blibli. Mulai dari Ultra Monster, Banpresto Fate-Go, Dragon Starts Super, dan masih banyak lagi. Pastinya, ada banyak action figure dan karakter favorit lainnya di Blibli, ya.