Setelah kian lama menunggu, Apple akhirnya merilis iPhone 7 sebagai lawan untuk smartphone asal Korea Selatan, Samsung Galaxy S7. Samsung Galaxy S7 sendiri saat ini telah dinobatkan sebagai smartphone terbaik di tahun 2016. Kira-kira dengan berbagai fitur baru yang hadir, apakah flagship Apple ini dapat menyaingi smartphone terbaik tersebut? Mari kita bandingkan!

1. Desain dan Rancangan Tubuh

iPhone 7 1

via mirror.co.uk

Sama seperti generasi sebelumnya, iPhone terbaru ini akan hadir dalam 2 ukuran, yaitu 4.7 inch untuk iPhone 7 dan 5.5 inch untuk iPhone 7 Plus dan iPhone 7 Pro. Walau nggak terlihat ada banyak perbedaan, sebenarnya iPhone 7 telah mengupgrade penampilannya. Lihat saja tombol home buttonnya bulat ikonik-nya yang sudah menghilang. Sekarang tombol itu sudah diganti dengan teknologi pressure sensitive sehingga layar iPhone 7 tampak seperti nggak memiliki batas.

Selain itu, headphone jack berukuran 3.5 mm yang menjadi standar setiap smartphone juga menghilang dari iPhone 7. Hilangnya headphone jack ini membuat iPhone 7 menjadi lebih tipis (ketebalannya hanya 6.1 sampai 7.1 mm!), memiliki 2 speaker dan juga kapasitas baterai yang lebih besar (1960 mAh). Colokan charger akan ditambah fungsinya sehingga kamu dapat mencolok headphonemu kesana.

Seperti saingannya, seri Samsung Galaxy S7 juga hadir dengan dua ukuran layar yaitu 5.1 inch untuk Samsung Galaxy S7 dan 5.5 inch untuk Samsung Galaxy S7. Namun smartphone ini belum mengadaptasi inovasi dari Apple dan masih menggunakan tombol untuk home button dan juga headphone jack berukuran 3.5 mm. Nggak heran kalau S7 lebih tebal dari saingannya (7.7 sampai 7.9 mm). Walaupun begitu, S7 masih memiliki kapasitas baterai yang lebih besar (3000 sampai 3600 mAh) sehingga bsia digunakan lebih lama.

2. Ketajaman Resolusi

iPhone 7 2

Via bgr.com

Untuk tampilan pada layarnya, iPhone seri ini akan menggunakan layar dengan resolusi 750 x 1334 pixels untuk iPhone 7 dan resolusi 1080 x 1920 pixels untuk iPhone 7 Plus dan iPhone 7 Pro. Selain itu, iPhone 7 juga dikabarkan akan menggunakan teknologi True Tone pada tampilan layarnya sehingga warna pada layar akan mengikuti keadaan cahaya tempatmu menggunakan smartphone ini. Dengan begitu layar iPhone 7 bisa menghindarkanmu dari mata yang sakit karena warna serta cahaya dari smartphone.

Berbeda dengan smartphone besutan Apple, Samsung Galaxy S7 menggunakan layar dengan resolusi 1440 x 2560 pixels. Smartphone ini nggak menggunakan teknologi True Tone pada layarnya sehingga yang otomatis dilakukannya saat kamu berada pada ruangan dengan penerangan berbeda hanyalah mengatur brightness pada layar. 

3. Kinerja Prosesor

iPhone 7 3

via wikipedia.org

iPhone 7 akan menggunakan Apple A10 chipset 6 core sebagai otak yang membuatnya dapat bekerja dengan lebih cepat dan bisa menjalankan beberapa order sekaligus. Sedangkan Samsung Galaxy S7 menggunakan Qualcomm Snapdragon 820 Octa core sebagai otaknya. Mengingat hasil perbandingan kecepatan dengan prosesor A9 milik iPhone 6 sebelumnya, kemungkinan besar prosesor yang digunakan smartphone asal Korea Selatan belum setara dengan prosesor A10 pada iPhone 7.

4. Kapasitas Memori

iPhone 7 4

via flickr.com

Pada iPhone seri ini, Apple akan menghilangkan opsi kapasitas memori 16GB dan meningkatkan opsi kapasitasnya hingga 256GB. Nantinya, kamu hanya akan menemukan opsi kapasitas memori 32GB, 64GB, 128GB dan 256GB. iPhone 7 juga meningkatkan RAM miliknya menjadi 3GB (untuk iPhone 7 Pro). Berbeda dengannya, Samsung Galaxy S7 hanya memiliki pilihan kapasitas memori internal 32GB dan 64GB. Namun smartphone ini memiliki keunggulan yaitu memiliki slot untuk memori eksternal yang dapat mendukung microSD hingga kapasitas 256GB. Selain itu, RAM-nya juga lebih besar, yaitu 4GB.

5. Sistem Operasi

iphone 7 5

via knowyourmobile.com

Bersamaan dengan iPhone terbaru ini, Apple juga akan segera merilis sistem operasi terbarunya yaitu iOS 10. Sistem operasi yang dikatakan sebagai peluncuran iOS terbesar ini akan menghadirkan berbagai fitur canggih untuk menemani iPhone 7. Pada iOS ini kamu akan menemukan fitur 3D touch yang lebioh sempurna. Kamu juga bisa menikmati fitur messaging langsung dari notifikasi dan juga fitur widget yang sangat praktis.

Berbeda dengan iPhone 7 yang menggunakan sistem operasi terbaru, Samsung Galaxy S7 masih menggunakan Android Marshmallow sebagai sistem operasi basicnya. Namun karena masih tergolong smartphone keluaran baru, seharusnya Samsung Galaxy S7 tetap akan mendapat update sistem operasi Android terbaru yaitu Android Nougat. Pada Android Nougat, kamu bisa menikmati fitur terbarunya yaitu multitasking. Kamu juga bisa menggunakan fitur messaging langsung dari notifikasi seperti iOS 10.

6. Kekuatan Kamera

iphone 7 6

via actualapple.com

Setelah kesuksesan dari kamera iPhone 6 yang mendapat title kamera smartphone terbaik, iPhone 7 dikabarkan akan meningkatkan kameranya hingga dapat menghasilkan foto berkualitas kamera SLR dan juga foto 3D! Dual kamera 12 MP yang menjadi kamera belakang smartphone ini membuatnya memiliki kemampuan depth sensing sehingga foto yang dihasilkannya pun tampak benar-benar nyata.

Berbeda dari saingannya, Samsung Galaxy 7 menggunakan teknologi dual pixel sensor pada kamera belakang 12 MP miliknya. Teknologi ini membuatnya bisa melakukan auto focus dengan lebih cepat dan juga menghasilkan foto yang berkualitas meskipun kamu sedang berada dalam ruangan.

7. Pilihan warna

iPhone 7 7

via flickr.com

Selain pilihan warna yang ada pada iPhone 6, yaitu silver, gold, rose gold dan dark black, Apple memberikan pilihan warna baru untuk iPhone 7 yaitu piano black. Warna baru yang tampak glossy ini akan memberikan tampilan baru bagi iPhone yang sebelumnya berwarna doff. Tapi kamu juga bisa berharap untuk menggunakan iPhone 7 berwarna biru, karena rumor yang beredar juga mengatakan ada warna baru lain yang akan muncul.

Berbeda dengan Apple, Samsung hanya memberikan 4 pilihan warna untuk Galaxy S7, yaitu black, white, gold, dan silver. Memang sih nantinya kamu akan menggunakan case dengan banyak pilihan warna untuk melindungi kedua smartphone ini, tapi warna baru dari iPhone 7 bisa menarik lebih banyak orang untuk menggunakannya.

Sebenarnya, nggak ada smartphone yang bisa dijuluki ‘terbaik’. Masing-masing developer memiliki keunggulannya sendiri. Tergantung kebiasaan dan kebutuhan, pilihan smartphone bisa berbeda pula. Jika kamu pecinta Android sejati, Samsung Galaxy S7 memang pilihan yang lebih oke! Apalagi, kamu bisa mendapatkannya di Blibli.com dengan berbagai promo dan fasilitas yang ditawarkan.

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY