Roadshow The Big Start Indonesia Season 3 berakhir di kota Jakarta tepatnya di Gandaria City Mall pada hari Minggu, tanggal 8 September 2018.

Salah satu penutup pada Roadshow kemarin adalah dengan hadirnya Moza Pramita dari Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI). Bagi teman-teman yang belum tau, IWAPI adalah sebuah organisasi untuk membantu perempuan Indonesia untuk menjadi pengusaha yang tangguh, dengan memberi mereka informasi, advokasi, pendidikan dan pelatihan. Nggak main-main, IWAPI sendiri sudah berusia 43 tahun, lho!

IWAPI yang membagikan insight-nya di Roadshow Jakarta The Big Start Indonesia Season 3

Nah, Moza di IWAPI bertanggung jawab atas pelatihan pemasaran digital IWAPI cabang Jakarta Selatan dengan partner-partner IWAPI seperti Blibli.com, Facebook, Commonwealth, Telkom dan masih banyak lagi. “IWAPI tidak hanya berkerja sama di Indonesia saja, kami juga sudah menjalin kerja sama di luar negeri,” tutur wanita pengusaha jasa kecantikan ini. Karena berperan sebagai penanggung jawab pelatihan, beliau sering pergi keluar negeri untuk menjalani pelatihan, yang nantinya akan dibagikan lagi ke para anggota IWAPI.

Salah satu kelebihan untuk pengusaha bergabung dalam komunitas juga adanya kesempatan lebih luas untuk memamerkan produk. “Kami kalo ada Bazar juga biasanya suka dapat booth gratis, booth itu kami bagikan ke anggota IWAPI dan kadang kami juga sudah menyediakan SPG, jadi gak keluar biaya lagi,” jelas Moza. Wah, serupa  nih, dengan kesempatan memamerkan barang di bazaar dalam acara Roadshow The Big Start Indonesia Season 3!

Well, pada akhir obrolan, dirinya pun memberikan masukan bagi mereka yang baru memulai usaha. Menurutnya, yang paling penting adalah konsistensi dalam usahanya. “Jadi jangan di awalnya saja stock barang yang dijual ada terus, tetapi ketika sudah berkembang malah sering kehabisan stock untuk memasarkan barangnya,” ungkapnya.

Dirinya pun berujar kalau bahan utama untuk membuat kemasan seperti kertas dan tali itu mahal harganya di Indonesia. Jadi, kebanyakan pengusaha membeli bahan tersebut dari luar negeri. “Sepertinya, Pemerintah juga belum memperhatikan industri untuk memproduksi kemasan. Jadi kita susah dapatnya,” keluh Moza.

Gimana Friends, ada yang punya kendala serupa Moza? Share yuk, di kolom komentar di bawah ini!

Buat Blibli Friends yang lain, nantikan keseruan dari The Big Start Indonesia Season 3 yang akan tayang di channel Youtube Blibli.com! Nantikan informasi berikutnya di sosial media Blibli.com!

Penulis: Syahrul Kamal

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY