Salah satu layanan transportasi berbasis online yang paling populer adalah Uber. Melalui aplikasi Uber, kamu bisa memesan tumpangan dengan pilihan motor dan mobil yang standar hingga mewah.  Uber menjanjikan Anda kecepatan mendapatkan transportasi berupa mobil atau motor hanya dalam hitungan menit.

Nah, bagi yang penasaran apa yang terjadi saat kamu membuka aplikasi hingga sampai ke tujuan, simak ulasannya berikut ini:

1. Membuka aplikasi Uberanatomy-uber-ride

Saat membuka aplikasi Uber, akan muncul pola dan grafik yang telah disesuaikan dengan lokasimu. GPS yang terdapat di smartphone akan membuka area lalu meletakkan simbol pin pada lokasi penjemputan tempat kamu berada.

Ini artinya, Uber tahu lokasimu berdasarkan info dari GPS. Tak hanya itu, Uber juga akan menyesuaikan pengalaman pengguna dengan cara kerja seperti Google yang merekam pola pencarian, lalu memberi usulan sesuai data tersebut.

 2. Melakukan pemesanan kendaraananatomy-uber-ride-2

Untuk memesan kendaraan, kamu tinggal memasukkan lokasi tujuan. Seperti disebutkan di atas, Uber merekam lokasi tujuan terakhirmu menggunakan aplikasi Uber, dan kemudian mengusulkan kembali lokasi tersebut. Jadi jika tujuannya masih sama (misalnya kembali ke rumah atau kantor), kamu tidak perlu repot-repot memasukkan lokasinya kembali.

Saat tujuan sudah ditetapkan, cukup pilih Request dan Uber akan mengirimkan kendaraan ke lokasimu berdasarkan beberapa poin berikut:

  1. Kendaraan terdekat yang sedang tidak membawa penumpang

Ketika permintaan kendaraan sedang tinggi, pengemudi yang tengah mengakhiri perjalanannya dan berada dekat dari lokasi penjemputan.

  1. Arah tujuan pengemudi

Sebanyak dua kali setiap harinya, pengemudi dapat memasukkan informasi tujuan mereka. Ini artinya pengemudi hanya akan mendapatkan pesanan yang sesuai dengan tujuan mereka.

Saat pengemudi sudah bergerak menuju lokasi penjemputan, GPS akan berfungsi dan pengemudi akan dipandu hingga sampai ke lokasi tersebut. Setelah itu, notifikasi Arriving Now akan muncul di layar ponsel jika pengemudi telah berjarak dua menit dari lokasi sehingga penumpang tinggal bersiap-siap naik ke mobil.

3. Memulai perjalanan hingga sampai ke tujuananatomy-uber-ride-3

Begitu kamu naik, pengemudi sudah mengetahui tujuanmu dan dapat menggunakan sistem navigasi seperti WAZE dan Google Maps untuk memandu sampai ke tujuan. Selama perjalanan, GPS akan merekam perjalanan pengemudi maupun penumpang.

Selain memastikan transparansi dan akurasi data perjalanan, hal ini juga memungkinkan penumpang untuk membagi informasi perjalanan kepada teman atau keluarga seperti waktu tiba, waktu berangkat, dan sebagainya.

Ketika telah sampai di tujuan, pengemudi akan mengakhiri perjalanan dan biaya akan muncul di layar pengemudi. Kamu bisa membayar dengan dua pilihan cara pembayaran, yakni uang tunai dan kartu kredit. Untuk kartu kredit, sistem akan mengirimkan laporan ke payment gateway dan membebankan ongkos ke kartu kredit. Selanjutnya penumpang akan mendapatkan email berisi invoice dengan informasi jelas mengenai struktur biaya perjalanan.


BACA JUGA Pesan Go-Jek, Grab, dan Uber Kini Bisa Melalui Google Maps. Begini Caranya!


4. Penilaian untuk pengemudi dan penumpanganatomy-uber-ride-4

Setelah perjalanan selesai, pengemudi dan penumpang akan ditanya untuk memberikan nilai dalam skala 1 hingga 5 bintang. Sistem penilaian ini sangat penting bagi Uber untuk memastikan mutu pengemudi dan penumpang yang ada di dalam platform, dan memastikan pengemudi dan penumpang mendapatkan pengalaman terbaik.

Smartphone yang canggih dapat mempermudah kamu dalam order aplikasi Uber nih Friends. Pas banget Blibli.com punya bonus cicilan 0% dan gratis pengiriman ke seluruh Indonesia yang spesial untuk kamu!

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY