Betapa beruntungnya kita hidup di zaman perkembangan teknologi yang tengah pesat ini. Semakin hari, semakin jauh kita meninggalkan tren Walkman, Windows 95, dan Playstation 1. Semakin dekat pula kita dengan teknologi masa depan yang mendatangkan kehidupan lebih asyik.

Sebagai contoh, tahun 2016 merupakan tahun berkembangnya teknologi cerdas seperti Google Home, teknologi realita virtual (VR), berkembangnya berbagai layanan aplikasi ojek online, serta pembersih rumah inovatif seperti produk-produk Dyson.

Nggak dipungkiri lagi, tahun 2017 akan menjadi tahun perkembangan teknologi yang lebih besar daripada tahun ini. Apa saja sih, teknologi dan peralatan elektronik yang bakal nge-hits di tahun 2017?

1. Rumah-rumah cerdasrumah-cerdas

Via Inspirationseek.com

Ide smart city menjadi semakin populer di Indonesia, terutama di Ibukota. Ini merupakan salah satu petanda bahwa konsep dan teknologi smart homesakan menjadi tren populer di tahun 2017.

Semakin banyak keluarga yang akan memasang berbagai pilihan sistem rumah cerdas. Nggak hanya Google Home, namun juga HomeKit dari Apple, Echo dari Amazon, dan Samsung SmartThing.

Alat-alat ini memungkinkan kamu untuk memanipulasi peralatan elektronik di rumah yang saling terhubung secara instan. Menyalakan televisi, lampu, air, AC, bahkan membuka dan mengunci pintu!

2. Gadget dengan Augmented Reality (AR)gadget

Via solidworks

Dengan booming-nya Pokemon Go beberapa bulan lalu, banyak orang yang mulai sadar pentingnya augmented reality. Pada tahun 2017, kamu bisa mengantisipasi berbagai aplikasi dan gadget yang memanfaatkan teknologi ini.

Bahkan untuk merayakan Imlek mendatang, perusahaan Alibaba membuat ‘permainan’ yang mirip Pokemon Go. Namun bukan Pokemon yang dicari, melainkan angpao berupa e-cash!

Begitu juga dalam hal menata ruangan atau mendesain rumah. Kamu bisa menggunakan teknologi AR untuk merencanakan penataan sesuka hati melalui gadget favoritmu. Praktis ya?

3. Layanan on-demanduber

Via TechJuice

Walaupun layanan seperti Food Panda sudah hengkang dari Indonesia, harapan untuk layanan on-demand masih tinggi di Indonesia.

Nggak hanya bersih-bersih rumah, mengantar makanan, atau memijat, kemungkinan besar di tahun 2017 kamu bisa memanggil teknisi, tukang kebun, pembasmi hama, koki, dan bahkan layanan medis sekalipun!

Bakal semakin malas keluar rumah nggak ya?


BACA JUGA Dari Mulut Hingga Laut: Inilah 6 Teknologi Paling Inovatif dan Canggih Untuk Bersih-Bersih!


4. Teknologi pembahagia mamateknologi-mama

Via TechHome Builder

Mengapa disebut teknologi pembahagia mama? Karena teknologi-teknologi ini memiliki kemampuan untuk meringankan kerjaan ibu-ibu rumah tangga yang sudah lelah menghadapi rutinitas bersih-bersih, memasak, dan mencuci.

Dengan teknologi ‘dapur pintar’, mamamu bisa menyalakan dan mengawasi microwave (June Intelligence Oven) dan oven dari smartphone. Ada juga kulkas (Samsung Hub Fridge) yang bisa mengirimkan informasi makanan yang hampir rusak atau mengambil screenshot isi kulkas untuk diberitahukan kepada mamamu!

Dyson juga punya mesin penghisap debu otomatis yang bisa bergerak sendiri tanpa perlu diarahkan. Terakhir, masih ingatkah kamu dengan Foldimate, mesin laundry yang bisa melipat baju? Akhirnya hidup mama lebih santai!

5. Kacamata yang kekiniankacamata

Via Theverge

Kacamata besutan Snap Inc., Spectacles, memang belum booming di tahun ini. Namun, melihat perkembangan Snapchat yang belum menunjukkan tanda-tanda berhenti, kita bisa menyambut Spectacles miliknya dengan lebih baik daripada Google Glass.

Kebiasaan anak muda zaman sekarang untuk meng-update stories kemana pun mereka pergi kini akan lebih dimudahkan. Nggak perlu mengeluarkan hape dan membuka aplikasi. Kamu cukup memakai kacamata (yang lumayan trendy) Spectacles untuk merekam momen-momen dan update kapan saja!

6. Toko pintaramazon-go

Via wired.com

Apakah kamu sudah pernah mendengar Amazon Go? Nggak ada hubungannya sama sekali dengan Pokemon Go. Amazon Go adalah toko swalayan inovatif yang nggak mempekerjakan kasir! Kamu juga tinggal mengambil barang kemudian hengkang dari toko.

Jangan salah, kamu tetap perlu membayar. Sebenarnya, Amazon Go dilengkapi sensor pintar yang bisa memindai barang yang kamu keluarkan dari toko dan langsung mengirim tagihan ke rekening elektronik Amazon kamu! Di tahun 2017, diperkirakan semakin banyak negara akan mengadopsi tren toko pintar ini. Semoga Indonesia juga ya!

7. Realita virtualvr

 

Via wired.com

Last but not least, kita nggak boleh melupakan teknologi realita virtual. Biasanya, realita virtual identik dengan permainan atau games. Apalagi setelah semakin populernya Oculus Rift dan VR Playstation di dunia barat.

Namun, jelas kegunaan realita virtual nggak hanya di sana. Korea Selatan sudah menggunakannya untuk keperluan promosi pariwisata. Dengan artis mereka yang ganteng dan cantik, mereka memperkenalkan keindahan alam melalui teknologi ini.

Diperkirakan tahun 2017, tren ini akan semakin digarap oleh negara-negara di Asia, khususnya Asia Tenggara yang sedang gencar-gencarnya mempromosikan pariwisata. Siapa tahu kamu bisa merasakan bagaimana rasanya keliling pantai Bali bersama Raisa! Asyik!

Kamu nggak perlu menunggu terlalu lama untuk menikmati tren-tren teknologi di atas. Tahun 2017 tinggal 3 hari lagi! Lagipula, kamu bisa turut mengikuti tren dengan melengkapi smartphone kamu dengan pengalaman realita virtual! Bermain games dan menonton video bakal menjadi lebih menyenangkan dan immersive. Ayo segera intip produknya di Blibli.com! Mumpung ada diskon 50%, loh! Manfaatkan cicilan 0%-nya!

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY