Entah karena ditolak cintanya, kena friendzone, atau habis putus, banyak orang bilang hanya waktu yang bisa menyembuhkan hati yang terluka. Nggak jarang begitu orang mendengar ungkapan ini, langsung pasrah dan menunggu hatinya tersembuhkan sendiri.

Padahal sebenarnya, selain waktu ada satu hal lain yang bisa turut membantu proses penyembuhan hatimu (bahkan lebih cepat). Tentu saja hal itu adalah M A K A N A N!

Makanan memang selalu bisa menjadi penghibur yang membantu mengubah mood mu. Hal ini disebabkan karena perut kita sendiri ternyata berperan “otak kedua” yang bisa mengatur perilaku dan juga suasana hati!

Jadi, jangan heran kalau kamu tiba-tiba merasa senang atau sedih setelah makan. Dalang dibaliknya adalah otak keduamu.

Untuk urusan menyembuhkan patah hati, kamu harus mengkonsumsi makanan khusus, yang biasanya disebut sebagai comfort food, atau ‘makanan nyaman’.

Menurut kamus Oxford,  comfort food memiliki arti yaitu makanan yang bisa memberimu penghiburan, ketenangan, dan juga perasaan yang lega ketika mengonsumsinya.

Buat kamu yang sedang baper (dan suka makan), inilah 7 comfort food yang bisa kamu konsumsi untuk bangkit kembali dari kegalauan cinta!

1. Es krim

ice-cream

Kamu mungkin pernah melihat adegan film ketika ada orang yang sedang patah hati memakan banyak es krim. Ternyata adegan itu bisa kamu contoh saat ingin menghibur diri lho.

Kata ahli psikologi, kemampuan otak untuk merasakan kesedihan akan berkurang saat kamu makan es krim. Hal ini disebabkan oleh kandungan lemak susu yang ada pada es krim.

Susu memiliki kandungan kalsium yang bisa membuat kamu relaks. Selain itu, susu juga mengandung tryptophan yang akan diubah tubuh menjadi hormon serotonin yang bisa membuat suasana hatimu lebih baik.

Apalagi yang paling nggak perlu disebut, yaitu rasanya! Memakan sesuatu yang lembut, wangi, manis, dan dingin seperti es krim, gelatto, dan sebangsanya cenderung membuat orang bahagia.

2. Dark chocolate (cokelat hitam)

chocolate

Mengonsumsi makanan cokelat yang benar-benar mengandung cokelat (kakao) seperti dark chocolate bisa membuat suasana hati kamu menjadi lebih baik.

Studi dalam psikologi menemukan bahwa, otakmu akan memproduksi hormon endorfin dan juga serotonin saat mengonsumsi dark chocolate. Endorfin membuat suasana hatimu menjadi naik, dan serotonin berperan menenangkan tubuh dan jiwamu.

Nggak hanya membuat suasana hati menjadi ceria, dark chocolate juga bisa membuat kamu semakin sehat. Karena komponen di dalamnya bisa menjaga tekanan darah dan juga tingkat kolesterol tubuh. Hebat banget kan comfort food yang satu ini?

Tapi kalau kamu nggak kuat dengan rasanya yang cukup pahit, alternatif lainnya kamu bisa mencoba untuk meminumnya. Efek menyembuhkan baper akan lebih terasa jika dark chocolate disajikan dengan temperatur hangat, karena hati akan terasa lebih lega saat meminumnya.

3. Makanan yang mengandung Vitamin B

sayuran

Via Not Eating Out in NY

Menurut riset ilmu gizi, ternyata vitamin B memiliki peran penting untuk mengurangi depresi dan mencerahkan suasana hati kamu.

Kamu bisa memakan sayuran hijau, sereal, susu, pisang, ayam, dan juga jus jeruk untuk mendapat vitamin B. Selain mengembalikan suasana hati ceria, makanan-makanan tersebut juga merupakan sumber protein dan energi yang sehat!

Supaya nggak sia-sia, akan lebih baik jika kamu bisa menghindari nikotin, alkohol, dan juga gula kompleks. Ketiga substansi itu bisa menghancurkan vitamin B lho!


BACA JUGA 7 Alasan Kenapa Olahraga Cocok Dijadiin Penyembuh Patah Hati


4. Keju

keju

Via NY Times

Pastinya kamu sudah tahu bahwa susu merupakan bahan dasar untuk membuat keju. Nah, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, susu memiliki kandungan kalsium dan tryptophan yang bisa membuat kamu lebih relaks dan hepi.

Karena itu, keju juga memiliki efek yang sama dengan makanan lain yang mengandung susu. Sekarang kamu nggak heran lagi kan kenapa makan mac n cheese (dan semua hidangan yang melibatkan keju) bisa bikin kamu jadi bahagia?

5. Buah stroberistroberi

Via The Huffington Post

Apakah kamu salah satu penggemar strawberry cheesecake? Kalau iya, kamu pasti akan bahagia banget mendengar penjelasan ini.

Menurut riset para ahli, stroberi memiliki kandungan anti-oksidan serta vitamin C yang tinggi, yang bisa membuat dirimu menjadi lebih segar, percaya diri, dan sehat.

Kalau kamu lagi merasa bakal nge-down nih tiba-tiba, langsung lahap 2 atau 3 biji stroberi. Atau, kalau kamu lagi merasa baperan banget, segera ke cafe atau pastry terdekat. Langsung pesan strawberry cheesecake (stroberi + keju + susu)!

6. Minum teh

teh

Via Health Cure Tips

Biasanya kamu akan kesulitan untuk tidur saat sedang patah hati. Padahal kekurangan tidur bisa bikin kamu jadi semakin sensitif dan baper.

Karena itu, cobalah minum teh untuk membantu kamu supaya bisa tidur dengan lebih mudah. Kamu bisa meminum teh hijau yang sudah terbukti bisa menenangkanmu dan membantumu untuk segera tidur nyenyak.

Tapi jangan minum terlalu banyak ya. Kalau terlalu banyak, justru efek yang didapatkan akan berbalik dan kamu malah nggak bisa tidur, karena teh mengandung kafein yang lebih banyak dari kopi, lho!

7. Makan cabe

cabe

Via The Huffington Post

Buat kamu pecinta pedas yang lagi baper, kabar baik! Sebetulnya, baper paling takut dengan yang namanya pedas.  Kalau lagi merasa sedih dan galau, segera santap makanan pedas mengandung cabe, dijamin bapernya bakal hilang!

Cabe memiliki kandungan anti-oksidan yang tinggi sehingga dapat digunakan untuk melawan depresi. Selain itu, cabe juga memiliki capsaicin yang dapat membantumu mengalahkan rasa frustasi, kemarahan dan juga depresi. Karena itu banyak mengkonsumsi cabe bisa membuat kamu jauh dari depresi.

Selain kedua komponen tersebut, makan cabe juga bisa menimbulkan rasa sakit yang akan direspon oleh otak dengan memproduksi hormon dopamine, hormon yang membuat kita lebih kuat dan semangat.

Jadi, jangan heran kalau setelah makan rendang yang sangat pedas, kamu bisa langsung merasa lebih baik.

Nah, berkat efek dari kandungan-kandungan yang ada di dalamnya, ketujuh comfort food diatas bisa membuat suasana hatimu menjadi lebih baik setelah mengkonsumsinya.

Buat efek yang lebih kuat, kamu bisa coba mencampur juga. Teh stroberi, es krim cokelat, broccoli and cheese, atau bahkan martabak cokelat keju! No more baper, no more loneliness!

Namun, meski memiliki efek baik pada dirimu, sebaiknya kamu jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan-makanan ini ya. Kalau makan es krim dan cheesecake terlalu banyak, lemak buruk (unsaturated fat) lebih mudah menumpuk di lingkar perut.

Selain itu, jika kamu makan cabe kebanyakan, kamu malah harus bolak balik ke wc terus pula. Nggak mau kan seperti itu?

Ingat, apapun yang baik tapi jika berlebihan malah bisa berbalik menjadi hal yang buruk. Selamat makan semua!

Nadine

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.
Nadine

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY