Workout merupakan tren kesehatan yang paling hot beberapa waktu terakhir. Nggak lagi olahraga tradisional yang dicari orang untuk menyehatkan tubuh dan berkeringat. Banyak yang sudah mulai fokus pada area tubuh tertentu untuk dibentuk.

Karena alasan inilah para ahli banyak mengembangkan jenis-jenis workout. Berbagai macam gerakan dikembangkan dari hasil penelitian untuk mencapai hasil estetika dan kesehatan yang maksimal.

Buat kamu para fans workout sejati, kamu pasti nggak sabar untuk memulai tahun baru dengan tren workout terbaru. Untuk membantu kamu memulai, mungkin kamu bisa mencoba 5 prediksi workout yang akan booming di tahun 2017 nanti!

1. Pool biking

pool-biking

Via Swimming Pool Fitness

Tren tahun 2017 menyangkut workout yang dilakukan di dalam air. Nggak hanya sekadar senam air saja, pool biking juga merupakan gerakan workout yang cukup diminati beberapa tahun belakangan ini.

Kabarnya, pool biking mempunyai peranan besar untuk mengurangi tingkat stress, lho. Workout ini juga ditujukan untuk kalangan umur yang lebih dewasa, sekitar 30 tahun ke atas.

Walaupun kayuhan nggak secepat indoor cycling, kayuhan pool biking memerlukan lebih banyak tenaga mengingat massa air yang menambah berat dari kayuhan.

Karena workout lebih dikaitkan ke kesehatan ketimbang keindahan bentuk tubuh, pool biking pun menjadi workout yang diprediksikan akan ngetren tahun 2017. Jika dibandingkan dengan indoor cycling, denyut jantung yang dihasilkan dari pool biking lebih rendah karena tekanan air yang secara natural melancarkan aliran darah dalam tubuh.

2. Crawling

crawling

Via Bodyhacks

Workout seperti plank atau squat sudah mulai ketinggalan zaman. Saat ini, tren kembali mengarah ke gerakan crawling. Apa itu crawling alias merangkak? Sama seperti plank, crawling melatih keseimbangan tubuh kamu.

Gerakan ini nggak hanya meningkatkan keseimbangan, tapi juga melatih kekuatan dari jari-jari tangan hingga ke ujung jari-jari kaki. Crawling menyeimbangkan tingkat tekanan darah dan meningkatkan otot dan postur punggung kamu.

Contohnya, jika kamu melakukan bear crawl atau yang biasa dilakukan oleh karakter Spiderman di film. Kamu memerlukan kekuatan dari otot jari tangan untuk menyeimbangkan tubuh, otot pinggang untuk mempertahankan tinggi tubuh ketika merangkak, serta otot kaki.

Yang perlu diperhatikan ketika melakukan crawling adalah kamu harus memastikan tulang punggungmu paralel dengan tanah. Hal ini dilakukan supaya punggung kamu nggak terbentuk ke arah yang salah.

3. Crossfit

crossfit

Via Mensjournal

Siapa sih yang nggak pernah dengar crossfit, program workout yang baru-baru ini booming banget. Program ini ditujukan untuk melatih kekuatan fisik, dan biasanya yang melakukan program workout ini adalah orang-orang yang sudah terbiasa dengan olahraga berat.

Crossfit menggabungkan beberapa gerakan dari aerobik, fitness, HIIT (High-Intensity Interval Training), dan yoga. Gerakan-gerakan dari program ini bisa berupa pull-up, push-press, atau squat.

Bagi kamu yang masih tergolong pemula, kamu bisa mengikuti rencana workout harian yang dibuat oleh para profesional. Sebagai contoh, salah satu workout harian yang bisa langsung kamu coba adalah gabungan dari pull-ups, push-ups, dan air squats.


BACA JUGA 5 Olahraga Para Model Victoria Secret, Mau Coba Juga?


4. PHIIT (Pilates High-Intensity Interval Training)

phiit

Via PHIIT

PHIIT juga merupakan program yang baru-baru ini dikembangkan dengan menggabungkan teknik pilates. Tujuan program ini memang untuk membakar lemak, maka dari itu intensitas dari program ini pun sangat tinggi.

Umumnya, program PHIIT memakan waktu sekitar 45 menit dan gerakannya terbagi menjadi beberapa jenis seperti bodyweight, cardio, dan ketahanan tubuh.

Yang membedakan program ini dengan program workout lainnya bisa dilihat dari segi waktu. 45 menit bukanlah merupakan waktu yang cukup lama dibandingkan dengan umumnya.

Tapi dalam 45 menit ini kamu harus secara terus menerus melakukan workout tanpa jeda. Dengan begini, lemak akan terbakar lebih cepat dan efisien.

Kombinasi gerakan dari PHIIT bisa bervariasi tergantung oleh instruktur. Program ini pun dilakukan secara ramai-ramai. Kabarnya, kalau kamu rutin melakukan PHIIT, kamu bisa melihat hasilnya hanya dalam waktu dua sampai tiga minggu, lho.

5. Pound
pound

Via Eventbrite

Nah, workout yang satu ini memang masih belum terlalu terkenal, tapi cukup banyak orang sudah mencobanya. Workout ini benar-benar berbeda, nggak hanya memacu tenaga yang lebih, pound juga membutuhkan kecerdasan ritmik, lho.

Jadi, apa sih pound itu? Pound adalah sejenis workout baru yang dilakukan dengan perlengkapan khusus, stik drum. Ya, stik drum adalah syarat utama kamu bisa melakukan pound. Bagi kamu yang hobi bermain drums, kamu pasti nggak akan bisa berhenti melakukan pound.

Dalam workout ini posisi tubuh juga harus disesuaikan dengan benar ya. Dengan menggabungkan posisi crunch, lunge, dan squat, kamu akan memukul stik drum ke arah kanan dan kiri kamu layaknya seperti bermain instrumen drums.

Nggak hanya sembarangan memukul, kamu juga harus mengikuti ritme dari lagu-lagu hits yang dipasangkan.

Yang asyiknya, hanya dengan melakukan workout ini kamu bisa membakar lebih dari 900 kalori, mempunyai otot lengan dan pinggang idaman menjadi nggak sulit. Kamu juga bisa meningkatkan koordinasi, kecepatan, ketahanan, dan juga respon musikal.

Bagaimana? Kalau melihat dari pola prediksi, yang akan booming tahun 2017 bukanlah gerakan-gerakan workout spesifik, tapi malah lebih fokus ke program yang versatile. Program-program seperti crossfit, HIIT, atau PHIIT akan lebih membantu aktifitas workout menjadi lebih efisien.

Walaupun begitu, kamu tetap nggak boleh melupakan hal terpenting dari workout. Perlengkapan-perlengkapan workout tetap harus menjadi prioritas kamu. Selalu menggunakan sepatu dan celana workout yang sesuai supaya kamu nggak sengsara sendiri nantinya.

Sebelum tahun 2017 dimulai, yuk coba dulu lima jenis workout ini dengan perlengkapan yang nggak kalah hits. Perlengkapan-perlengkapan workout yang ngetren ada di Blibli.com Friends! 

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY