Halo, Friends! Memasuki penghujung tahun, sudah menyiapkan diri untuk wisata belum? Mungkin kamu sudah berencana wisata kuliner, pergi menemui teman lama, atau hanya mencari me time di tanah asing yang belum pernah kamu kunjungi.

Memikirkan tujuan wisata pasti membuat orang semakin excited. Bulan Desember saja belum mulai, kita sudah nggak sabaran. Kamu-kamu yang traveling jarak jauh pasti sudah membeli tiket dari dulu.

Jalan-jalan naik pesawat itu pasti seru! Pastinya, kalau kamu bisa berhasil menghindari 12 tipe orang berikut:

1. Si tukang ngobrol

tukang-ngobrol

Via rise4you.com

Terkadang saat bepergian sendirian, kamu berharap untuk bisa bersantai dan punya me time selagi menikmati penerbangan. Tapi bagaimana jika orang yang duduk di sebelah kamu ngajak ngobrol melulu? Apalagi kalau kamu dan dia dipisahkan oleh lorong!

Kamu harus beberapa kali nge-pause film kamu, menyopot headset, atau memasuki siklus ketiduran-kebangun-ketiduran-kebangun. Semua karena omongannya nggak penting dan tentang dia melulu. Kamu hanya bisa berharap kalau dia nggak meminta kamu untuk bercerita tentang dirimu.

2. Orang tua dengan anak kecil susah di atur

orang-tua

Via nomadsworld.com

Nggak ada yang salah sih dengan orang tua yang bawa anak-anak saat bepergian menggunakan pesawat. Bahkan, hal tersebut bisa lucu dan bisa membuatmu bernostalgia dengan masa kecilmu ketika duduk di pewasat bersama papa mama.

Namun, nostalgia seketika sirna ketika anak kecil itu mulai berulah dan berisik. Mentang-mentang lampu tanda sabuk pengaman sudah mati, anak kecil ini biasa dibiarkan berkeliaran di kabin dan akhirnya membandel terhadap penumpang lain.

Apalagi yang menangis, merengek, atau bertengkar dengan saudaranya. Jangan harap deh, kamu mau tidur di pesawat. Namun yang paling parah, adalah orangtua mereka yang apatis! Nggak peduli sama sekali. Ugh!

3. Si mungkin nggak sempat mandi

nggak-mandi

Via metro.co.uk

Transportasi umum, termasuk pesawat terbang, adalah tempat yang memungkinkan segala jenis aroma dan bau-bauan untuk tertahan di dalamnya. Dari sekian banyak orang yang berada dalam pesawat, kamu pasti akan menemukan orang yang punya masalah dengan bau badan.

Penumpang kayak gini biasanya bisa kamu temui pada jam penerbangan pagi atau tengah malam. Alasannya karena mereka belum sempat mandi setelah melakukan aktivitas seharian.

Biasanya mereka sedikit keringatan akibat lari-lari kejar waktu boarding. Mungkin mereka habis meeting seharian. Mungkin kamu mencoba mencari alasan untuk memaklumi aroma yang ditebar.

Tapi, kamu nggak bisa! Mereka juga sebenarnya sadar. Namun apa daya, kamu terpaksa terkurung bersama untuk beberapa jam selanjutnya.

4. Orang yang nggak muat

gendut

Via huffingtonpost.co.uk

Terkadang dari hari ke hari wajar saja ada orang yang kegedean buat tempat duduk. Terkadang melihat penumpang yang kesusahan mungkin membuat kamu bertanya kenapa perusahaan penerbangan membuat kursi yang one-size-fit-all.

Tapi, situasi sedikit berbeda ketika kamu harus duduk di dekat jendela, dan dia duduk di kursi tengah. Mulai dari sandaran tangan yang terambil secara nggak sengaja, sampai kesulitan untuk keluar ke lorong kabin, kamu hanya bisa berdoa kalau dia bukan tipe seperti No #8.

5. Orang yang menurunkan sandaran kursi seenaknya

sandar

Via huffingtonpost.com

Saat asyik membaca buku atau menikmati pemandangan dari jendela pesawat, tiba-tiba penumpang di depan kamu menurunkan sandaran kursi seenaknya.

Jika sudah begini, ruang baca yang kamu punya pun menjadi sempit. Bahkan, nggak jarang kaki kamu terjepit karena sandaran kursinya terlalu mengarah ke dirimu.

Tipe penumpang yang satu ini memang menyebalkan. Dia seakan nggak peduli bahwa tindakan tersebut dapat mengganggu penumpang di belakangnya.

Kamu hanya bisa menunggu surga datang ketika pramugari datang dan meminta semua penumpang untuk meluruskan kursi.

6. Orang yang pertama kali naik pesawat

first-time

Via huffingtonpost.com

Bertemu dengan orang yang baru pertama kali naik pesawat bisa menjadi hal yang baik atau buruk. Kamu tentu bisa memberitahu tentang segala tata aturan dalam pesawat. Kamu bisa membantunya mengatur nafas kalau sedang mabuk udara.

Namun, yang dibicarakan di sini bukanlah tipe yang seperti itu. Yang dimaksud di sini biasanya yang keterlaluan norak excited-nya! Biasanya mereka lebih dari satu. Mereka suka ribut, bercanda yang aneh-aneh tentang pesawat, berdandan seperti kondangan, hanya untuk perjalanan kurang dari 80 menit!


BACA JUGA [Khusus Cowok] Sebelum Travelling, Pastikan Kamu Sudah Mencoba 6 Gaya Airport Ini!


7. Orang yang duduk dekat jendela tapi sering ke toilet mulu

toilet-mulu

Via forbes.com

Pasti kamu pernah bertemu orang ini. Setiap 15 menit pasti ke toilet. Namun, dia juga seperti No #10, meminta air minum. Tambah pusing lagi ketika dia kedinginan, tapi nggak membawa jaket atau memakai selimut yang tersedia.

Kamu hanya bisa menghentikan apapun yang sedang kamu lakukan setiap 15 menit, menunggunya kembali. Kalau dia BAB, mungkin kamu bisa bersantai sedikit lebih lama.

Kalau skenario seperti No #4 terjadi, mungkin ini adalah cara orang yang kegedean melihat kamu yang duduk dekat jendela.

8. Orang yang suka naikin kakinya

naikin-kakinya

Via destinationtips.com

Pasti pernah dong ketemu sama orang yang suka naikin kaki seenaknya di dalam pesawat? Tipe orang yang satu ini memang dikenal sebagai orang yang paling nyebelin dan banyak ditemui di pesawat.

Bisa menaikkan kaki ke samping (arah lorong), ke kursi, atau bahkan seperti gambar di atas! Paling mengesalkan ketika tipe orang yang satu ini tetap bandel dan mengulangi hal yang sama meski kamu sudah menegurnya.

9. Sang pemimpi yang tidur sepanjang perjalanan

tidur

Via unilad.co.uk

Tidur menjadi kegiatan yang paling banyak orang lakukan selama berada di pesawat. Semua orang yang tidur itu wajar… kalau pada tempatnya!

Terkadang, ada aja sang pemimpi yang tidurnya suka ke mana-mana. Apalagi kalau nyandar di bahumu (nanti dikira kalian pasangan)! Mungkin kamu memutuskan untuk membiarkannya dan kembali dengan musik/bacaanmu. Guess what? Ternyata dia juga tukang ngorok.

10. Si caper yang manggil pramugari mulu

caper

Via thesun.co.uk

Mungkin dia jatuh hati sama si pramugari. Mungkin dia kehausan. Mungkin dia butuh teman ngobrol karena kamu enggan mengobrol dengannya. Yang jelas, setiap 10 menit, kamu bakal mendengar suara ‘ding’ dan lampu tanda memanggil pramugari menyala.

Kamu mungkin biasa saja kalau penumpang ini duduk di lorong. Tapi kalau kamu terjepit di tengah-tengah ketika ia menggoda sang pramugari, kamu pasti nggak sabar ingin segera turun dari pesawat.

11. Orang yang bawa semua barang bawaannya ke kabin

bawa-barang-ke-kabin

Via qz.com

Terkadang karena alasan nggak percaya sama keamanan bagasi, banyak penumpang yang nekat membawa semua barang bawaannya ke kabin pesawat. Sebagian dari mereka bahkan nggak peduli kalau koper yang mereka bawa terlalu besar untuk disimpan di kompartemen kabin.

Hasilnya, orang-orang tipe ini akan mengeluh bahwa kabin terlalu kecil, sehingga nggak muat untuk menyimpan barang bawaan mereka. Atau yang lebih menyebalkan adalah mereka akan memaksa atau menggencet barang orang lain agar barang bawaanya bisa muat.

Kalau kamu berada di belakang orang-orang seperti ini, kamu bakal sulit menemukan tempat untuk bagasimu sendiri.

Nggak jarang tipe orang kaya gini bikin proses masuk dan keluar tempat duduk jadi lama banget. Benar-benar harus ekstra sabar. Sisi positifnya, kamu nggak perlu lagi bertemu dengan mereka di klaim bagasi!

12. Si tukang selfie

selfie

Nggak ada salahnya sih kalau kamu suka selfie saat berada di pesawat. Tapi si tukang selfie ini bisa berubah jadi nyebelin kalau sudah berlebihan.

Misalnya yang suka video seluruh kondisi kabin untuk memasukkan ke stories. Nggak jarang kamu masuk ke dalam jepretannya. Apalagi yang membawa tongkat selfie! Apalagi segerombolan ABG yang beranjak dari tempat duduk mereka hanya untuk ramai-ramai ber-selfie ria!

Belum lagi kalau ada yang minta ulang-ulang melulu karena hasil jepretan yang nggak bagus. Namun satu hal yang paling sulit ditahan adalah ketika mereka melakukan itu semua ketika awak kabin menyuruh mematikan telefon genggam.

Bagaimana, pasti kamu pernah bertemu seenggaknya dengan 1 atau 2 tipe orang di atas kan? Buat kamu yang sudah memesan tiket pesawat, jangan panik dulu. Hal-hal yang diceritakan di atas jelas banget merupakan skenario worst case yang sedikit hiperbola.

Kebanyakan penumpang, apalagi orang kita, Indonesia, biasanya cukup sopan dan selalu menjaga kenyamanan antara penumpang ketika berada di pesawat. Jadi, sebenarnya kemungkinan hal-hal di atas terjadi cukup kecil.

Buat kamu yang belum memesan tiket pesawat, kabar baik! Karena di Blibli.com sedang menawarkan Air Asia Electronic Gift Voucher!

Buat kamu yang ingin bepergian bersama keluarga, teman, atau sang kekasih, dengan Air Asia, langsung saja hadiahkan voucher perjalanannnya! Tunggu apa lagi, segera ambil perlengkapan traveling kamu dan ayo liburan!

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY