Sebentar lagi tahun 2016 akan berakhir. Saatnya nostalgia dan flashback dimulai!

Tahun 2016 merupakan tahun yang memberikan banyak hal-hal baru, khususnya terhadap dunia fashion. Mulai dari gaya rambut undercut sampai ke gaya berpakaian yang sangat unik, semuanya pernah menjadi tren di tahun 2016.

Yuk kita lihat kembali, tren fashion pria apa saja saja yang paling nge-hits sepanjang tahun 2016? Ini dia jawabannya!

1. Jaket Bomber

jaket-bomber

Via Tmichelpowell

Jaket Bomber sebenarnya sudah menjadi tren semenjak bulan Agustus lalu. Kalau melihat jaket Bomber, umumnya orang-orang akan mengingat rapper Kanye West yang identik dengan gaya keren dan acuh.

Popularitas jaket Bomber memang sudah sedikit berkurang seiring waktu, tapi belakangan ini popularitas jaket Bomber meningkat pesat lagi.

Yang mempelopori kehebohan ini pun nggak lain dari bapak presiden Jokowi ketika demo 4 November lalu. Jaket ini sangat cocok digunakan dengan jeans robek-robek dan sepatu boots, seperti menghidupkan gaya busana tahun 80-an kembali.

2. Kaos grafik

kaos-grafik

Via Fynnexp

Semakin ke belakang, semakin banyak orang yang ingin mengekspresikan pikiran dan pendapatnya. Banyak orang melakukannya melalui cara yang unik seperti membuat tulisan pada baju. Karena alasan inilah kaos grafik menjadi tren tahun 2016, perlahan-lahan menggantikan kaos polos.

Tren ini cukup beragam. Mulai dari yang hanya iseng-iseng membeli karena menyukai quotes, sampai ke kustom kaos grafik sendiri. Kaos ini umumnya digunakan sesederhana mungkin tanpa menambahkan baju luaran agar semua orang tahu apa yang ingin disampaikan.

3. Sneakers

sneakers

Via Shucrazy

Tren fashion nggak hanya selalu berkisar di pakaian saja, tapi sepatu juga meninggalkan tren yang signifikan untuk tahun 2016. Khususnya untuk para pria, sepatu menjadi kebanggaan yang mungkin lebih penting dari pakaian.

Sepatu yang sampai sekarang masih nge-hits di kalangan pasar adalah sepatu sneakers. Nggak hanya sneakers biasa saja, tapi sneakers yang berupa running shoes. Pasti semua pernah mendengar tentang kehebohan running shoes keluaran Kanye West yang bermerek Yeezy kan?

Sebelum ini pun pernah ada tren sepatu keluaran Nike yaitu Nike Air. sepatu ini cocok digunakan dengan celana pendek maupun skinny jeans. Nggak harus jadi pemain basket buat yang satu ini!

4. Chinos

chinos

Via The Idle Man

Salah satu fashion yang nggak hanya nge-tren di Indonesia, tapi juga di negeri Paman Sam adalah celana chinos. Celana ini disebut sebagai alternatif sempurna untuk celana jeans dan dipopulerkan oleh fashion militer Amerika.

Celana ini digunakan bagi kamu yang kurang nyaman dengan berat dan panasnya celana jeans. Salah satu alasan kenapa celana chinos sangat disukai adalah karena bahannya yang terbuat dari kain katun yang sangat menyejukkan, namun juga cukup durable.

Celana ini biasa digunakan dengan pakaian yang sama menyejukkannya seperti kaos oblong dengan luaran blazer. Ada banyak warna yang ditawarkan celana chinos, tapi yang paling banyak digunakan adalah chinos berwarna putih.

5. Anti Social Social Club

anti-social-social-club

Via Capslockmag

Kalau yang satu ini lebih mengarah ke merek busana ketimbang dengan jenis fashion. Merek yang belakangan ini sedang heboh adalah Anti Social Social Club.

Dari mana sih tren ini berasal? Ternyata merek streetwear yang terkenal karena desainnya yang minimalis berasal dari Amerika.

Merek ini pun nggak hanya mendesain kaos dan kemeja saja, tapi juga topi snapback dan jaket hoodie. Kabarnya merek ini akan melakukan kerjasama dengan merek streetwear asal Jepang sebelum akhir tahun lho.   

6. Pompadour

pomader

Via Askmen

Model gaya rambut yang satu ini juga merupakan salah satu tren fashion pria yang heboh di tahun 2016. Gaya rambut ini ditandai dengan banyak minyak atau gel dan rambut disisir ke belakang. Gaya rambut Pompadour sebenarnya sudah ada dari jaman Raja Louis XV, lho.

Dan yang lebih uniknya lagi, gaya rambut ini sebenarnya awalnya adalah untuk wanita. Yang pertama kali membuat gaya rambut ini menjadi terkenal adalah penyanyi terkenal asal Amerika, Elvis Presley.

Dengan model rambutnya yang sangat vintage dan classy, Elvis Presley mampu membawa gaya Pompadour menjadi sangat terkenal seperti sekarang.

Biasanya, pria yang menggunakan gaya rambut Pompadour ini adalah pria yang sudah agak dewasa dan terbiasa menggunakan kaos polo atau kemeja. Ya, pakaian ini cocok ketika kamu ingin tampil sedikit formal.


BACA JUGA Bomber Jacket: Tren Terkini, Dipakai Selebgram Sampai Presiden


7. Undercut

undercut

Via Haircutinspiration

Selain gaya rambut Pompadour, gaya rambut kuno yang satu ini juga menjadi salah satu gaya rambut paling heboh di tahun 2016. Undercut sudah ada sejak tahun 1920an dan semakin heboh setelah tahun 2014 karena film yang berjudul Fury.

Ya, gaya rambut aktor Brad Pitt di film ini berhasil memukau banyak orang. Memang gaya rambut ini ditujukan untuk pria, tapi para wanita juga nggak takut-takut untuk mencoba gaya rambut ini (terutama yang mengejar tampilan androgini).

Sedikit berbeda dari gaya rambut Pompadour, gaya Undercut ditandai dengan rambut panjang pada bagian tengah, dan cukuran pada bagian kiri dan kanan.

Rambut ini biasanya digabungkan dengan gaya Pompadour atau dibiarkan berantakan dengan hiasan rambut tengah yang keriting. Kalau Pompadour lebih banyak digunakan oleh pria yang tampil formal, banyak pria yang lebih santai menggunakan gaya rambut Undercut.

8. Kemeja batik

kemeja-batik

Via Blibli

Tren menggunakan batik memang nggak pernah pudar dari dulu sampai sekarang. Dari berbagai jenis batik, batik Solo adalah salah satu jenis batik yang paling diminati di tahun 2016.

Dengan ciri khas motif yang geometris dan nggak terlalu ramai, kemeja batik Solo pun menjadi idaman para pria untuk mendatangi acara formal seperti kondangan atau pakaian kantoran.

Karena bentuk motifnya yang sederhana, kamu bisa menggunakan kemeja batik Solo dengan paduan celana bahan berwarna hitam/putih.

Bagi kamu yang ingin membeli batik Solo, kamu bisa melihat-lihat model batik Solo unik yang ditawarkan oleh Blibli.com. Kabarnya Blibli.com sedang mengadakan diskon untuk pembelian batik Solo, lho.

9. Celana pendek

celana-pendekVia Business Insider

Siapa bilang cuma para wanita saja yang bisa menggunakan celana pendek di atas lutut? Ya, tahun 2016 ini membuktikan kalau para pria juga bisa menggunakan celana pendek ala style Eropa lho.

Bukan celana pendek yang terbuat dari bahan jeans, celana pendek yang nge-hits digunakan para pria tahun ini terbuat dari bahan kain.

Awalnya, alasan celana ini digunakan adalah untuk menangkal panasnya matahari. Tapi, lama kelamaan celana pendek bahan ini menjadi sangat populer di kalangan pria.

Umumnya, celana ini jarang digunakan bersamaan dengan kaos. Celana pendek bahan dan chinos lebih sering digunakan dengan kemeja dan luaran blazer. Nggak hanya itu saja, celana ini juga dipadukan dengan ikat pinggang besi yang keren. Wah, benar-benar sudah menuju ke fashion Eropa ya.

10. Baju kaos longline

kaos-long-line

Via Lyst

Satu lagi pakaian yang pernah menjadi tren heboh di tahun 2016, kaos longline. Kaos ini mempunyai desain yang sangat unik, nggak hanya karena panjangnya yang super. Kaos longline khas dengan garis potongan di bagian bawah lingkar baju.

Tren ini pertama kali dipopulerkan oleh remaja-remaja Amerika Serikat, kemudian aktor-aktor di negara Korea Selatan pun ikutan menggunakan kaos ini.

Kalau sudah dipopulerkan oleh aktor Korea Selatan, pastinya kaos ini akan ikut heboh di Indonesia. Banyak remaja, khususnya di daerah Selatan, terlihat menggunakan kaos longline.

Ukuran kaos ini pun sangat besar, maka akan lebih cocok jika digunakan dengan celana yang agak ketat seperti skinny jeans. Kamu juga bisa menambahkan luaran seperti blazer atau jaket kulit untuk terlihat lebih modis.

Berapa banyak dari kamu yang sudah mengikuti tren-tren di atas? Untuk kamu yang belum, jangan khawatir. Karena, tahun 2016 masih ada satu bulan lagi! Tunggu apa lagi, ayo segera masuk ke dalam tren fashion pria yang paling hot tahun ini dengan berbelanja di Blibli.com

Bawa tren tersebut ke dalam tahun 2017 sekarang juga. Tunggu apa lagi?

Nadine

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.
Nadine

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY