Memiliki rumah yang bersih dan rapi pasti jadi impian bagi semua orang. Karena itu, acara bersih-bersih pun menjadi rutinitas setiap hari.

Tapi meskipun sudah dibersihkan setiap hari, kamu pasti akan menemukan tempat yang sangat menjengkelkan untuk dibersihkan! Antara mudah kotor lagi, atau membersihkannya harus mengeluarkan tenaga dan usaha yang besar

Terutama 10 tempat ini! Bagi ibu rumah tangga, inilah 10 tempat yang paling menyebalkan untuk dibersihkan. Apakah kamu setuju?

1. Sudut ruangan kecil

untitledVia appreciatinglifeupnorth.wordpress.com

 

Biarpun kamu sudah menyapu rumah setiap hari, tetap saja ada banyak debu yang menempel di sudut-sudut rumahmu. Saat disapu pun, biasanya debu tersebut sulit dibersihkan karena dinding di sudut ruangan menghalangi serat pada sapu untuk menjangkau seluruh kotoran yang ada.

Apalagi sudut ruangan yang kecil-kecil (dan sebenarnya nggak perlu ada) seperti gambar di atas. Kamu juga nggak bisa langsung mengepelnya begitu saja. Yang ada malah debu tersebut semakin menempel di sana.

2. Bagian bawah perabotan

bagian-bawah

Via huffingtonpost.com

Ruang kosong pada furnitur seperti sofa dan lemari biasanya akan sulit kamu bersihkan. Tentu saja alasannya karena ruang kosong itu begitu sempit sehingga sulit untuk kamu raih dengan vacuum cleaner-mu.

Sapu juga nggak bisa membersihkannya secara maksimal, sehingga bisa dipastikan kalau daerah tersebut jarang terjamah olehmu.

3. Jendela

jendelaVia thesandersplanet.com

Meskipun jendela yang berfungsi untuk membantu sirkulasi udara merupakan bagian penting dari rumahmu, biasanya kamu akan sering kelewatan membersihkan bagian ini.

Nggak heran, karena biasanya bagian ini memang cukup rumit untuk dibersihkan. Lekukan-lekukan yang ada pada jendela akan membuat kamu kesulitan untuk membersihkannya.

Jika memakai kemoceng, biasanya debu masih tetap tersisa di sana. Langsung dibersihkan dengan kain lap juga terkadang masih ada kotoran yang membandel. Pakai vacuum cleaner pun biasanya debu masih nggak mau tersedot. Sulit banget deh pokoknya.

4. Exhaust fan

exhaust-fa

Via houselogic.com

Jika nggak memiliki jendela di dekat kamar mandi, biasanya kamu akan menggunakan exhaust fan untuk membantu sirkulasi udara. Tapi, karena letaknya di atas dan sulit dijangkau, kamu pasti kesulitan untuk membersihkannya dan membiarkannya penuh dengan debu dan kotoran.

Kamu pasti tahu kalau debu dan kotoran yang menempel di exhaust fan itu nggak baik untuk kesehatan. Tapi tenaga yang dibutuhkan untuk membersihkan exhaust fan ini sangatlah banyak, sehingga bikin kamu makin sulit untuk membersihkannya.


BACA JUGA Hijaukan Rumah? Ini Dia Caranya


5. Sofa, bantal, kaki, dan sela-selanya

sofa

Via liveitloveitblogit.com

Saat ingin membersihkan sela-sela sofa, kamu pasti akan merasa greget. Bagaimana nggak?

Sela-sela pada sofa begitu sempit sehingga kamu nggak bisa menggunakan vacuum cleaner yang memiliki kepala pembersih yang besar.

Kamu juga nggak bisa membersihkannya hanya dengan sapu ataupun kemoceng karena debu sudah menempel di sana. Disikat pun rasanya nggak mungkin bisa bukan? Yang ada malah sofamu jadi rusak saat disikat.

6. Plafon

plafon

Biarpun kamu nggak sadar kalau ada laba-laba di rumahmu, biasanya entah bagaimana caranya, kamu pasti akan melihat ada debu ataupun sarang laba-laba yang menggantung di plafonmu.

Kamu pun akan kesulitan membersihkannya, karena letaknya yang begitu tinggi. Saat dibersihkan dengan sapu, belum tentu semua kotorannya benar akan menempel di sapumu. Kamu pun akan kesulitan untuk membersihkannya dengan vacuum cleaner karena mungkin ada kabel yang mengganggumu.

Belum lagi debu, kotoran dan jaring yang jatuh ke lantai, dan ke mukamu! Yuck!

7. Karpet

karpet

Via decorationera.com

Kalau kamu menggunakan karpet di rumah, kamu pasti akan mengerti betapa susahnya membersihkan karpet tersebut. Memang sih kamu bisa membersihkannya dengan vacuum cleaner, tapi nggak semua vacuum cleaner bisa membersihkan karpet hingga tuntas.

Kamu pun harus menyikat karpet tersebut jika mau memiliki karpet yang benar-benar bersih. Tapi, kamu juga harus menanggung resiko kalau bulu pada karpet menjadi rusak setelah disikat.

8. Kipas anginkipas-angin

Via atthebeachwithkris.com

Apa kamu punya kipas angin di rumah? Sama seperti exhaust fan, biasanya kipas angin akan sulit untuk dibersihkan. Pasalnya, debu-debu juga senang menempel di kipas angin seperti di exhaust fan.

Selain letaknya yang tinggi, kipas angin juga sulit kamu bersihkan karena setiap kali membersihkannya, kamu juga harus membersihkan lantai lagi akibat debu-debu yang berjatuhan. Kerjaan jadi tambah banyak deh.

9. Tempat tidur

tempat-tidur

Biarpun setiap hari digunakan, tempat tidur biasanya akan menjadi barang yang paling sulit kamu bersihkan. Hal ini disebabkan karena sapu lidi nggak bisa benar-benar membersihkan tempat tidurmu.

Ya, ia memang berfungsi untuk membersihkan ranjang, tapi permukaan ranjang yang nggak rata selalu memberi ruang sembunyi bagi para debu. Kamu pun nggak terlalu bisa mengandalkan vacuum cleaner, kecuali ia memang memiliki daya hisap super kuat untuk debu-dabu paling bandel.

10. Jok mobil

jok-mobilVia autodetaildoctor.com

Memang sih jok mobil bukan bagian dari rumah, tapi di zaman ini mobil sudah terasa seperti rumah kedua bukan?

Nah, biasanya jok mobil akan sulit dibersihkan karena memiliki celah yang sempit seperti sofa. Meskipun sapu kecil bisa membersihkan sebagian besar dari jok mobil, sapu tersebut nggak bisa menjangkau celah jok mobil yang menjadi sarang debu dan kotoran itu.

Kamu pun akan kesulitan jika ingin membersihkannya dengan vacuum cleaner biasa yang memiliki kabel. Panjang kabel yang terbatas membuat vacuum cleaner nggak bisa dibawa ke mobil. Sulit deh.

Kamu pasti setuju kan bahwa 10 tempat diatas selalu menjadi bagian rumah yang sulit dibersihkan dan bikin sebel?

Nah, sekarang kamu nggak perlu sebel lagi karena Blibli.com sedang memiliki vacuum cleaner Dyson yang bisa membersihkan seluruh debu dan kotoran di setiap bagian rumahmu. Bahkan 10 bagian rumah yang tersulit itu lho.

Dengan teknologinya baterai yang digunakannya, vacuum cleaner Dyson bisa kamu gunakan dengan bebas untuk membersihkan seluruh rumah dari lantai atas hingga bawah tanpa harus kerepotan mencolok kabel. Kamu juga bisa langsung membawanya ke mobil tanpa perlu bingung.

Kamu pun bisa dengan mudah membersihkan seluruh celah-celah sempit yang ada di rumah hingga bantal, guling, tempat tidur, dan juga sofa karena Dyson memiliki berbagai jenis kepala pembersih yang bisa kamu gunakan. Jadi kotoran dimanapun pasti terangkat deh!

Selamat bersih-bersih!

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY