Tahun 2016 mungkin merupakan tahun kejayaan para pecinta smartphone Android. Berbagai produsen dan merk dari seluruh dunia beramai-ramai membuat perangkat keras unik masing-masing untuk dicocokkan dengan sistem operasi Google itu.

Bahkan Google meluncurkan smartphone-nya sendiri (lagi).

Mulai dari yang mengembangkan teknologi edge, kamera leica, super keras (anti-retak), integrasi dengan teknologi realita virtual, dan masih banyak lagi! Inilah 10 smartphone Android terbaik tahun 2016, berikut beberapa highlight utamanya!

1. Samsung Galaxy S7 Edge

samsung-galaxy-s7-edge

Via Slashgear

Siapa sih yang nggak tahu smartphone keluaran Samsung yang satu ini? Walaupun belakangan ini sempat terkena skandal seperti sepupunya si Note 7, smartphone ini sebenarnya punya salah satu dalaman yang sangat canggih, loh!

Kalau diluncurkan oleh Samsung, kamu bisa menjamin kualitasnya. Ketika smartphone lain masih menawarkan layar Full HD, Samsung Galaxy S7 Edge menawarkan layar dengan kualitas Quad HD atau resolusi 2K!

Selain kapasitas baterai yang cukup tinggi (3600 mAH), Samsung Galaxy S7 Edge juga kebal air. jadi kamu nggak usah terlalu takut ketika mau selfie sambil berenang lama-lama.

2. Google Pixel XL

google-pixel-xl

Via Android Central

Ini dia salah satu  ponsel pintar yang sempat mengguncang dunia beberapa bulan lalu. Siapa sangka terlepas tampilannya yang minimalis dan seperti smartphone Android pada umumnya, Google Pixel XL dirancang dengan menggunakan aluminium dan kaca.

Smartphone ini sangat menonjol karena kualitas kameranya yang mampu menghasilkan hasil jepretan yang sangat jernih. Kamera Google Pixel XL mampu memproses objek secara terang di ruangan dengan cahaya yang redup.

Versi Android yang digunakan Google Pixel XL sudah merupakan versi yang paling terbaru, yaitu Android Nougat. Dengan Android Nougat di Google Pixel XL, kamu bisa menjalani beberapa task secara bersamaan (proses multi-tasking).

Selain itu, Google Pixel XL juga dibuat untk terhubung dengan Day Dream, platform dunia virtual Google. Asisten AI dari Google juga berfungsi lancar dan lebih terintegrasi. Hidupmu pun menjadi semakin Google!

3. LG G5

lg-g5

Via Android Central

Akhirnya, setelah sekian lama LG mengeluarkan smartphone yang sangat berbeda dari smartphone-smartphone pada umumnya. Smartphone (semi) modular!

Seberapa sering kamu melihat smartphone yang bagian-bagiannya bisa dicopot seperti puzzle? Ya, LG G5 menawarkan kecanggihan ini. Modul LG G5 yang bisa diganti ini mempunyai banyak pilihan loh!

Kamu bisa menukar modul awal dengan modul kamera (LG CAM Plus), yang asyiknya lagi modul Hi-Fi (LG Hi-Fi Plus) dan modul VR (LG 360 VR/Virtual Reality) yang hadir melengkapi smartphone.

Nggak hanya karena modulnya saja, kamu juga nggak akan kecewa dengan dalaman smartphone ini yang cukup kuat dan canggih.


BACA JUGA Blibli.com Features Top Gadgets Part 1


4. OnePlus 3

oneplus-3

Via TheVerge

Smartphone ini adalah pilihan utama bagi kamu yang ingin membeli smartphone dengan kualitas premium namun malas mengeluarkan banyak modal. Terlepas dari harga jualnya, OnePlus 3 mempunyai prosesor yang kuat untuk melakukan task-task berat seperti bermain game.

Bila menggunakan smartphone OnePlus 3, kamu pasti juga akan menyadari kalau layar dari smartphone ini sangat jernih dan kualitas warnanya pun menakjubkan tajam.

OnePlus 3 juga mempunyai fitur canggih fast charging yang bernama Dash Charge. Fitur ini bisa nge-charge smartphone kamu sampai penuh hanya dalam waktu 30 menit! Kabar baik yang suka lupa nge-charge.

5. HTC 10

htc-10

Via AndroidCentral

Mungkin banyak dari kamu yang nggak begitu mengenal smartphone keluaran HTC. Smartphone flagship-nya, HTC 10 mempunyai banyak fitur yang memanjakan penggunanya.

Contohnya, dengan HTC 10 kamu bisa menggabungkan kapasitas microSD eksternal dengan memori internal. Nggak hanya itu, kualitas kamera smartphone ini juga jempolan (walau masih kalah dengan beberapa yang ada dalam daftar ini).

Pada HTC 10, kamera depan dan juga belakang dilengkapi dengan teknologi OIS dan EIS. Bagi kamu yang belum familiar dengan teknologi OIS dan EIS, kamu bisa menyimaknya sekarang. OIS (Optical Image Stabilization) dan EIS (Electrical Image Stabilization) adalah teknologi yang baru-baru ini dipasang di berbagai kamera untuk menahan guncangan yang menyebabkan gambar menjadi buram.

Yang membedakan kedua teknologi ini adalah cara kerjanya. OIS bekerja dengan menggerakan lensa sehingga bisa menyesuaikan tangan yang berguncang. Sementara EIS bekerja dengan memecahkan gambar ke pecahan-pecahan kecil dan langsung memperjelas pecahan gambar.

Bagi pecinta musik, kamu pasti akan menyukai kualitas suara yang dihasilkan HTC 10. Teknologi HTC Boomsound Hi-Fi yang digunakan menawarkan amplifier pada kedua speaker untuk kualitas suara yang bersolusi super tinggi.

6. Moto Z Force

moto-z-force

Via Engadget

Smartphone keluaran Motorola ini mungkin bisa diibaratkan sebagai smartphone Herkules. Ya, Moto Z Force mempunyai ketahanan layar yang nggak bisa pernah pecah ataupun retak.

Selain tahan tekanan, Moto Z Force juga kebal air. Wah, kedua kualitas ini memang sangat dibutuhkan untuk smartphone zaman sekarang yang mudah rusak karena hantaman, debu, air, dan keteledoran penggunanya (eits!). Moto Z Force juga mempunyai resolusi kamera sebesar 21 MP!

7. LG V20

lg-v20

Via TheNextWeb

Para videografer pasti akan menyukai smartphone keluaran LG yang satu ini. LG V20 merupakan smartphone yang cukup menonjol di area kemampuan fotografi dan videografi. Hal ini berkat teknologi Stead Record 2.0.

Teknologi Stead Record 2.0 dari LG V20 mampu menganalisa tiap frame yang tertangkap. Penerima suara dengan teknologi 3 High AOP juga membantu meningkatkan kualitas produksi video dengan audio yang jernih dan jelas.

Smartphone ini juga mempunyai dua kamera belakang dan dua kamera depan yang mampu mengambil gambar dengan angle yang lebih lebar. Artinya, kamu bisa beramai-ramai mengambil selfie tanpa takut ada yang nggak masuk dalam frame.

8. Huawei P9

huawei-p9

Via Expertreviews

Nggak kalah dari smartphone LG V20, kamera dari Huawei P9 dibuat oleh merek kamera asal Jerman yang sangat terkenal, Leica.

Efek dan pengaturan kamera Huawei P9 sangat meyerupai kamara DSLR. Selain itu, kamera dilengkapi dengan Hybrid Focus yang mampu memfokuskan objek pada kamera dengan waktu yang sangat cepat.

Untuk urusan konektivitas, Huawei P9 juga kece banget. Teknologi Wi-Fi+ 2.0-nya mampu mendeteksi sinyal koneksi terkuat disekitarmu dan secara otomatis menghubungkan smartphone ke jaringan web. Smartphone ini sangat digemari oleh penggila fotografi yang mencari desain bodi yang elegan.

9. Asus Zenfone 3 Deluxe

asus-zenfone-3-deluxe

Via DigitalTrends

Sejauh ini, nggak ada yang bisa menandingi kekuatan prosesor dari smartphone yang satu ini. Asus Zenfone 3 Deluxe seolah dibuat untuk kamu para penggila game mobile.

Kualitas tampilannya pun juga nggak tanggung-tanggung, Asus Zenfone 3 Deluxe menggunakan Super AMOLED dengan ukuran 1920 x 1080 piksel!

Tapi, yang paling menonjol adalah fakta bahwa smartphone ini adalah smartphone pertama yang berani menggunakan prosesor Snapdragon terbaru 821. Ditambah dengan kapasitas RAM-nya yang mencapai lebih dari 6 GB, kamu bisa bermain game dengan grafik cemerlang tanpa lag.

10. Sony Xperia Z5

sony-xperia-z5

via – digitaltrends

Nggak ketinggalan, smartphone keluaran Sony juga masuk ke dalam kategori 10 smartphone Android terbaik 2016. Ketika mendengar kata ‘Sony’, produk yang paling identik menjelaskan kata ini adalah kamera.

Begitu pula dengan smartphone-nya, Sony Xperia Z5, sensor cahaya rendahnya pun terbilang sebagai yang terbaik. Dilengkapi dengan teknologi Hybrid Auto Focus dan Sharper Zoom, kamu nggak pernah mengenal gambar buram lagi. Kameranya yang beresolusi 23 MP mampu mengambil gambar (hampir) sejelas mata.

Kapasitas baterai-nya juga pantas diacungkan jempol. Alasannya? Smartphone ini bisa tahan 48 sampai dengan 72 jam tanpa di-charge. Ditambah teknologi Qnovo Adaptive Charging yang otomatis melakukan pengecekan setiap saat untuk aktivitas yang memakan baterai, dijamin baterai bakal selalu sehat.

Nah, bagaimana? Apakah kamu memiliki salah satu smartphone Android yang masuk ke dalam kategori 10 smartphone Android terbaik tahun ini? Kalau kamu belum, segera temukan smartphone Android di atas di Blibli.com!

Nggak perlu takut merugi, karena Blibli.com mengadakan promo Big Wish akhir tahun yang memberikan kesempatan untuk Gratis Keliling Indonesia dan Gratis Belanja Sepanjang Tahun! Kamu hanya perlu melakukan minimal pembelanjaan minimal Rp 500.000,-. Tunggu apa lagi?!

Jarvis

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.
Jarvis

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY