Olahraga sepak bola erat kaitannya dengan sepatu. Pemain sepak bola profesional diwajibkan menggunakan sepatu di lapangan hijau untuk bermain dan berlatih.

Untuk para pemain sepak bola Internasional dalam memilih jenis sepatu sangat berhati hati , karena jika sepatu yang dikenakan tidak cocok dengan posisi pemain maka akan membuat performa pemain tersebut tidak maksimal.

Kesalahan dalam memilih sepatu pernah dirasakan oleh legenda Manchester united, Eric Cantona. Akibat dirinya salah memilih sepatu, Cantona mengalami cedera serius pada tahun 2005. Hal tersebut membuat sang manajer, Sir Alex Ferguson mencak-mencak.

Lantas apa yang harus diperhatikan dalam memilih sepatu sepak bola? Apakah posisi dalam bermain juga menentukan untuk memilih sepatu?

Jawaban ya, karena setiap posisi pastinya cara permainannya berbeda sehingga harus mendapatkan sepatu yang menunjang permainannya.

Berikut Memilih Sepatu Bola Sesuai Dengan Posisi.

1. Pemain Sayap dan Depan

pemain-sayap

Via Puma

Sudah jelas untuk pemain yang berada di posisi ini sepatu yang bisa meningkatkan kecepatan, shoot power, dan akurasi menjadi hal wajib yang harus dimiliki.

Ciri-ciri utama dari sepatu tipe ini biasanya terlihat simple, dinamis, ringan, kemudian dibagian ujung tampak meruncing dan panjang, tak lupa faktor aerodinamis juga harus diletakan pada sepatu ini.

Biasanya tipe sepatu ini ada pada Nike Mercurial, Nike Hypervenom, Nike Magista, Adidas Messi,  Puma EvoSpeed

2. Pemain Tengah

pemain-tengah

Via Adidas

Pemain tengah/midfielder, yaitu pemain yang mempunyai peran sebagai pengatur tempo untuk menyerang atau mengatur pertahanan. Ini adalah posisi yang sangat vital bagi tim, jika gelandang tak mampu bermain baik, tak ayal hasil buruk akan segera menghampiri mereka.

Untuk itu dibutuhkan peralatan pendukung seperti sepatu yang cocok untuk pemain yang berada di posisi ini.

Maka dari itu sepatu untuk pemain diposisi ini haruslah dinamis, ringan, pool rata dan simple. Untuk tipe sepatu ini bisa ditemui pada Nike Magista, Adidas Ace16+ PureControl , Adidas  x16+, Nike CTR360, adidas Predator Instinct.


BACA JUGA Mengenal Jenis-Jenis Jersey Sepakbola Yang Terjual Pasar Indonesia


 3. Pemain Belakang dan Kiper

kiper

Via Nike

Jenis sepatu yang cocok digunakan adalah ringan untuk bisa mengejar lawan, kuat dan kokoh ketika menghentikan aliran bola ketika mendapat serangan. Tak ketinggalan juga memiliki pool yang rata agar tidak mudah cedera.

Selain itu sepatu harus memiliki heel counter yang baik yang berfungsi untuk menahan kaki ikut terangkat saat melompat.

Untuk tipe sepatu ini bisa ditemukan pada Nike Tiempo Legend VI (CB,WB), Adidas Predator(CB,WB), Adidas Nitrocharge (CB).

Sudah menemukan sepatu yang coco denganmu Friends? Atau masih ingin lihat-lihat? Kamu bisa lihat berbagai produk sepatu bola di Blibli.com, apalagi kamu juga bisa manfaatkan cicilan 0% dan gratis biaya kirim!

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY