Punya kesibukan itu baik. Punya kesibukan bisa berarti kamu bekerja dengan produktif. Meskipun demikian, kamu juga tidak boleh membiarkan dirimu tenggelam dalam kesibukan kerja. Ingat, masih banyak hal yang jauh lebih penting di luar dunia kerja.

Apakah kamu seorang workaholic? Bagaimana caranya tahu kalau kamu terlalu sibuk? Coba lihat ciri-ciri orang yang terlalu sibuk di bawah ini.

1. Bangun tidur dalam keadaan letih

letih

Tidur itu seharusnya memulihkan tenaga agar kamu bisa beraktivitas di hari esok. Kalau kamu susah bangun tidur ataupun malah merasa letih ketika bangun, bisa jadi kamu bekerja terlalu keras dan tidak mendapat cukup istirahat. Ini baru tanda pertama dari orang yang terlalu sibuk.

2. Kelupaan sama hobi sendiri

lupa sama hobi

Apakah kamu ingat terakhir kali kamu punya waktu untuk menjalankan hobi? Sudah berapa lama kamu tidak menyentuh gitar, pergi karaoke, membaca novel, ataupun bersepeda keliling kota? Kalau hobi kegemaranmu sudah lama tidak tersentuh, sepertinya ada yang salah dengan jadwal kerjamu. Atau, kamu belum cukup cakap mengatur work-life balance?

3. Jarang bertemu teman

jarang bertemu teman

Interaksi sosial itu merupakan hal yang penting dalam keseharian. Bukan hanya bersosialisasi dengan rekan kerja, kamu juga perlu bersosialisasi dengan teman-teman dari luar lingkungan kerja.

Kalau kamu sudah cukup lama tidak kumpul bareng teman, itu tandanya kamu harus melonggarkan kesibukanmu. Tanyakan pada dirimu sendiri atau buka sosial mediamu, kapan terakhir kali kamu mendengar kabar dari mereka?

4. Binatang peliharaan malah terbengkalai

binatang peliharaan terbengkalai

Punya binatang peliharaan di rumah? Apa kamu biasa bermain dengan mereka seusai pekerjaan atau cuma sempat ngelus-ngelus bentar lalu pergi lagi? Punya binatang peliharaan itu perlu tanggung jawab, tidak cuma memastikan kandangnya bersih atau dikasih makan yang cukup. terlalu sibuk dengan pekerjaan bisa membuatmu melupakan kawanmu yang satu ini.


BACA JUGA Rekomendasi Liburan: Mau Foto-foto atau Berburu Kuliner? Semarang Juaranya!


5. Serba terburu-buru

terburu-buru

Aktivitas sehari-hari dan pekerjaan itu baiknya dilakukan langkah demi langkah. Jangan sarapan sambil berangkat kerja ataupun menelpon pelanggan sambil berkendara.

Kamu bakal sulit untuk memfokuskan pikiran pada satu hal, karena perhatianmu selalu berpindah-pindah dari satu urusan kerja ke urusan kerja yang lain. Kalau semua aktivitas sampai tercampur jadi satu, itu sudah tanda positif kalau kamu terlalu sibuk.

6. Tidak ada waktu dengan keluarga

tidak ada waktu dg keluarga

Yang namanya keluarga itu seharusnya lebih penting dari pekerjaan. Namanya Ayah, Ibu, Istri, dan Anak mungkin bisa mengerti kesibukkanmu. Namun, tidak berarti mereka bisa hidup tenang tanpa kamu berada di sisi mereka.

Kalau kamu sudah lama tidak makan malam bersama keluarga, mengunjungi keponakan, ataupun melakukan aktivitas bersama, itu artinya kesibukanmu sudah berada di luar kendali.

Kamu bisa jauh dari teman, hobi, dan bahkan binatan piaraan. Namun, terlalu sibuk untuk keluarga merupakan petanda serius kalau kamu adalah orang yang ‘hidup untuk kerja’.

Hal-hal di atas mungkin tidak kelihatan berpengaruh dalam jangka waktu pendek. Namun, jangan sampai kamu merasakan dampaknya di masa depan. Hubungan dengan kerabat dan sahabat itu amatlah berharga.

mainan air

Bila ciri-ciri di atas sesuai dengan keseharianmu, sudah saatnya bagi kamu untuk merencanakan liburan. Kamu membutuhkan momen untuk melupakan segala permasalahan kerja, dan menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekatmu.

Salah satu cara terbaik untuk menciptakan momen tidak terlupakan adalah dengan mengunjungi taman hiburan. Selain wahana permainan, sebenarnya suasana yang riang dan bahagia juga menjadi faktor utama mengapa taman hiburan merupakan favorit berkumpul keluarga dan sahabat.

Tunggu apa lagi? Segera persiapkan liburanmu mulai sekarang juga! Kamu bisa memulai dengan mengunjungi Blibli.com, kamu bisa menemukan berbagai tiket taman hiburan maupun paket wisata. Jangan sia-siakan kesempatan untuk menciptakan kenangan berharga bersama orang-orang yang kamu cintai!

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY