Ini Spesifikasi dan Fitur Unggulan Ponsel Lipat Huawei Mate X

Sebagai salah satu produsen smartphone terbesar dunia, Huawei selalu mengedepankan inovasi dalam jajaran produknya. Awal tahun ini, pabrikan asal Korea Selatan tersebut sukses dengan P30 Pro yang punya kamera dengan fitur superzoom.

Kini mereka kembali menggebrak pasar smartphone dengan ponsel lipat yang diberi nama Huawei Mate X. Penasaran bagaimana spesifikasi serta fitur unggulan Huawei Mate X? Yuk, simak artikelnya berikut ini.

Spesifikasi Huawei Mate X

Photo by Huawei.com

Ponsel ini pertama kali diperkenalkan di ajang Mobile World Congress (MWC) 2019 beberapa bulan lalu di Barcelona, Spanyol. Saat itu, Huawei hanya memberi teaser spesifikasinya. Namun, ponsel ini belum sepenuhnya rampung.

Langkah Huawei tersebut jelas menantang kompetitornya, Samsung, yang sudah lebih dulu meluncurkan Samsung Galaxy Fold. Iya, kini para produsen smartphone sedang gencar-gencarnya menggarap ponsel berdesain lipat.

Bicara spesifikasi, hal pertama yang akan kita bahas tentu saja adalah layar. Ketika dibentangkan, Huawei Mate X punya layar OLED seluas 8 inci dengan resolusi 2.200 x 2.480 piksel. Sementara, jika dilipat ponsel ini punya layar di panel depan 6,6 inci dengan resolusi 1.148 x 2.480 piksel, dan panel belakang seluas 6,38 inci dengan resolusi 2.480 x 892 piksel.

Keluar dari dus, ponsel ini sudah dibekali sistem operasi Android 9.0 (Pie) dengan UI EMUI 9.1. Sementara untuk dapur pacu, ponsel ini ditenagai chipset HiSilicon Kirin 980 besutan Huawei sendiri. Jadi, bisa dipastikan performanya akan sangat ngebut.

Untuk kapasitas penyimpanan, Huawei hanya menawarkan satu varian. Namun, kapasitas tunggal tersebut superlega, yaitu 512 GB. Sementara untuk menunjang kebutuhan multitasking, ponsel ini punya RAM 8 GB. Jika kapasitas tersebut masih kurang –yang saya rasa kecil kemungkinannya– kamu masih bisa menambah kapasitasnya berkat ketersediaan slot nano memory card yang dapat diekspansi hingga 256 GB.

BELI HUAWEI MATE TERBAIK DI SINI

Desain Elegan

Huawei Mate X body
Photo by Huawei.com

Ponsel lipat ini menjawab kebutuhan para profesional yang sering bekerja di luar. Tanpa repot membawa laptop, ponsel ini bisa diubah menjadi tablet 8 inci. Selesai bekerja, ‘tablet’ ini bisa langsung masuk kantong.

Meski punya mekanisme lipat, Huawei Mate X sangat tipis berkat desain Falcon Wing. Desain tersebut membuat pengoperasian kedua layar mulus. Selain itu, Huawei juga menjamin perangkatnya ini kokoh meski dilipat dan dibuka berkali-kali oleh penggunanya.

Layar Mate X dengan desain FullView edge-to-edge juga menjamin kamu nyaman bekerja atau menikmati hiburan, baik bermain game atau menonton film dengan resolusi tinggi.

PONSEL TERBAIK HUAWEI 128 GB ADA DI SINI

Dukung Konektivitas 5G

Photo by Huawei.com

Selain Kirin 980, Huawei juga menanam chipset Balong 5000. Chipset Balong itu membuat Huawei Mate X sanggup mendukung konektivitas hingga 5G.

Meski di Indonesia sendiri belum ada provider seluler yang menyediakan layanan tersebut, inovasi ini menjadi angin segar tersendiri bagi para penikmat konten penyedot kuota. Jika sudah memakai konektivitas tersebut, streaming film dan bermain game tentu akan mulus tanpa lag.

Hal tersebut juga menjadikan ponsel Huawei Mate X ini futureproof. Jadi, jika membelinya sekarang, kamu tidak perlu lagi beli ponsel saat konektivitas 5G sudah diterapkan di Indonesia.

TENGOK DULU HUAWEI P30 PRO DENGAN KAMERA SUPERIOR DI SINI

Kamera Superior

Photo by Huawei.com

Sejak P20 Pro dirilis dua tahun lalu, Huawei langsung mendapat tempat khusus di jajaran ponsel berkamera superior dunia. Tidak tanggung-tanggung, Huawei menggandeng produsen kamera ternama Jerman, Leica, sebagai pemasok kameranya.

Kerja sama tersebut tetap dipertahankan Huawei hingga kini, tidak terkecuali pada Huawei Mate X ini. Mate X dibekali empat kamera belakang. Kamera utamanya punya resolusi 40 MP, kamera keduanya beresolusi 16 MP dengan angle ultrawide, kamera ketiga beresolusi 8 MP yang didedikasikan untuk telephoto. Sementara kamera keempat merupakan Time-of-Flight (TOF 3D) besutan Huawei sendiri.

Tidak ada kamera depan di Huawei Mate X. Namun, kamu tidak perlu bingung. Desain lipat ponsel ini memungkinkan kamu memakai kamera belakang untuk foto selfie.

Selain lebih praktis, hasilnya pun akan lebih ciamik karena kamera belakang mayoritas ponsel biasanya selalu lebih unggul ketimbang kamera depan. Jadi, selfie kamu akan sebagus memotret dengan kamera belakang.

BELI HUAWEI P30 LITE TERMURAH DI SINI

Baterai Besar dengan SuperCharge

Photo by Huawei.com

Huawei sadar bahwa layar besar tentu akan sangat haus daya. Oleh karena itu, mereka menyematkan baterai berkapasitas 4.500 mAh.

Kapasitas besar tersebut juga masih ditunjang oleh fitur SuperCharge 55 W besutan Huawei. Teknologi tersebut diklaim dapat mengisi baterai kamu dari 0 hingga 85 persen hanya dalam waktu 30 menit!

Sebagai perbandingan, Mate X diklaim 600 kali lipat lebih cepat dibandingkan iPhone XS Max dalam urusan pengisian daya ini. Teknologi ini belum ada di ponsel lain, bahkan di jajaran flagship Huawei sendiri pun masih mengusung daya 40 W. Huawei berkilah mereka hanya eksklusif memakai teknologi tersebut di Mate X karena ponsel ini punya dua baterai, alih-alih satu jika dibandingkan ponsel biasa.

LINDUNGI PONSEL DARI GORESAN DENGAN CASING HUAWEI INI

Harga dan Varian Warna

Photo by Huawei.com

Huawei Mate X hanya ditawarkan dalam satu varian warna, yaitu Interstellar Blue. Sementara untuk harga, Huawei Mate X kabarnya dibanderol dengan harga USD 2.600 (sekitar Rp36,3 juta).

BELI PILIHAN SMARTPHONE HUAWEI MATE DI SINI

Ponsel ini akan secara resmi digelontorkan ke pasaran September mendatang. Jadi, jika kamu memang tertarik membelinya, kamu bisa mulai menabung dari sekarang.

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY