Ini Keunikan Kopi Bali Kintamani, Apa Aja?

Terkenal sebagai spot favorit liburan baik untuk wisatawan lokal maupun mancanegara, Bali juga ternyata punya kopi yang gak kalah terkenalnya, yaitu kopi Bali Kintamani. Kopi Bali Kintamani berasal dari daerah Kintamani, yang terletak di utara pulau Bali.

Seperti Indonesia yang punya banyak banget keragaman, begitu juga kopi Bali Kintamani yang punya keunikannya sendiri. Apa aja sih keunikannya? Yuk baca artikel ini sampai habis!

1. Tumbuh di perkebunan kopi termuda se-Indonesia

Via mldspot.com

Kopi Bali Kintamani berbeda dengan hampir semua daerah yang menghasilkan kopi di Indonesia. Perkebunan kopi di Bali bukan dipelopori oleh pemerintahan kolonial, tapi dari para pedagang dari Lombok yang membawa bibit kopi ke Bali di awal abad 20.

Walau kopi yang dibawa para pedagang ini adalah robusta, namun saat ini arabika lebih banyak ditanam dibanding robusta. Kopi berjenis arabika punya rasa yang tidak terlalu asam dan harganya lebih tinggi.

PENASARAN DENGAN KOPI BALI? KLIK DI SINI UNTUK BELI KOPI BALI GRATIS ONGKIR DI BLIBLI.COM

2. Ditanam dengan filosofi

Via indonesiago.co.id

Kopi Bali Kintamani ditanam dengan petani yang memegang prinsip Tri Hita Kirana, yaitu filosofi yang berpusat pada usaha untuk menjaga perdamaian dan ketenangan antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia, dan manusia dengan lingkungannya.

Fry and Roast Arabica Bali Kintamani Biji Kopi
Fry and Roast Arabica Bali Kintamani Biji Kopi

3. Melalui proses yang berbeda

Via roastycoffee.com

Kopi Bali diproses dengan cara tradisional Bali, yaitu biji kopi dibuang sebelum bijinya mengering sehingga proses ini disebut sebagai “proses basah”. Biasanya, kopi lain diproses dengan cara semua buah kopi dikeringkan dulu. Hal itulah yang bikin warna biji Kopi Bali Kintamani lebih terang dibanding kopi lain di Indonesia.

KLIK DI SINI UNTUK BELI BERBAGAI KOPI INDONESIA DI PROMO SAJIAN NUSANTARA BLIBLI.COM

Gimana? Makin mau coba kopi Bali Kintamani kaaan? Kalau kamu penasaran, kamu bisa langsung membuatnya di rumah dengan cara Bali. Caranya adalah menuangkan bubuk kopi dengan air panas, langsung di cangkirnya, dan meninggalkan ampas di dasarnya. Sama seperti orang tua di jaman dulu membuat kopi.

Tapi kalau kamu emang anaknya suka eksplorasi dan membuat kopi dengan bergam cara, saatnya beli biji kopi Bali Kintamani di Blibli.com berikut alat bikin kopinya yang ada di Promo Sajian Nusantara dari kategori Galeri Indonesia.

Kamu bisa mendapatkan berbagai biji kopi Indonesia pilihan berikut alat manual grinder yang didiskon 10% atau diskon 5% untuk produk coffee maker. Jangan lupa juga untuk manfaatin promo grosirnya, beli banyak hemat hingga 58% dan beli 1 bonus 1 produk lagi di promo bundlingnya.

PENASARAN? YUK BELI KOPI BALI KINTAMANI SEKARANG JUGA DI PROMO SAJIAN NUSANTARA BLIBLI.COM, GRATIS ONGKIR!

Raya

Crafts and cultures enthusiast who lives in Kota Gede, DIY. I love to travel around Indonesia because this country is more adventurous, unique, and interesting than any other. When I stay in the city, I usually going to a spa, jogging in the city park, and of course, gathering with my friends.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY