Ini Keunggulan Huawei Mate 30 Pro, Ponsel Terkencang Tanpa Google

Photo by Forbes

Raksasa elektronik asal Tiongkok, Huawei, baru saja memperkenalkan ponsel teranyarnya, Huawei Mate 30 Pro. Ponsel ini merupakan penerus Huawei Mate 20 Pro yang dirilis tahun lalu.

Spesifikasi ponsel flagship ini tentu tidak perlu lagi dipertanyakan, terlebih soal kameranya. Bahkan kini ponsel tersebut bertengger di puncak teratas situs pemeringkat performa kamera DxOMark. Namun, sayangnya ponsel ini tidak dilengkapi dengan Google Service. Nah, lho!

Penasaran? Ini spesifikasi lengkap Huawei Mate 30 Pro terbaru.

BELI PONSEL HUAWEI LAINNYA DI SINI

Spesifikasi Huawei Mate 30 Pro

Business Insider

Huawei sebagai salah satu produsen elektronik terbesar dunia punya prosesor besutannya sendiri. Huawei Mate 30 Pro dibekali prosesoor terbarunya, yaitu Kirin 990. Prosesor ini diklaim lebih kencang 10% dibandingkan Snapdragon 855, prosesor Qualcomm terkencang saat ini yang biasa disematkan di ponsel flagship.

Tidak hanya kencang, Kirin 990 juga sudah mendukung konektivitas 5G. Meski 5G sendiri masih belum hadir di Indonesia, bisa dibilang kemampuan tersebut membuat ponsel ini menjadi future-proof.

Secara keseluruhan, spesifikasi Huawei Mate 30 Pro bersaing langsung dengan iPhone 11 Pro, Samsung Galaxy Note 10, serta Google Pixel 4 yang dirilis sebentar lagi. Layarnya punya luas 6,53 inci dengan teknologi OLED. Dimensinya juga terasa makin luas berkat desain ultra-curved.

Untuk kapasitas penyimpanan, Huawei Mate 30 Pro hanya menawarkan dua varian, yaitu 128 GB dan 256 GB. Kedua varian tersebut disandingkan dengan RAM lega sebesar 8 GB. Sementara untuk catu daya, kapasitas baterai yang ditawarkannya pun juga cukup besar, yaitu 4.500 mAh.

KOLEKSI HUAWEI MATE TERLENGKAP ADA DI SINI

Kamera Superior Huawei Mate 30 Pro

Photo by cbsistatic

Huawei sudah lama dikenal sebagai salah satu ponsel dengan kamera terbaik di dunia sejak menggandeng Leica pada 2016 silam. Ponsel-ponsel flagship-nya sudah jadi langganan juara di situs pemeringkat kamera DxOMark.

Nah, kini Huawei Mate 30 Pro juga masih mengandalkan Leica sebagai pemasok peranti kameranya. Di bagian belakang terdapat empat kamera dengan fungsi yang serbaguna. Bisa dibilang Huawei Mate 30 Pro ini punya paket komplet soal kamera.

Kamera utamanya punya resolusi 40 MP, kamera kedua juga 40 MP untuk ultrawide, kamera ketiga 8 MP didedikasikan untuk telefoto, serta kamera keempat untuk 3D depth sensor. Untuk berswafoto, kamu bisa mengandalkan kamera depan beresolusi 32 MP.

INTIP JUGA HUAWEI MATE 20 PRO YANG MASIH PUNYA GOOGLE SERVICE

Absen Google Service

Photo by Forbes

Setelah melihat spesifikasi Huawei Mate 30 Pro di atas tentu kamu tertarik banget, kan? Tahan dulu, ada detail yang tak kalah penting.

Seperti sudah diberitakan sebelumnya, Huawei sedang menghadapi perseteruan dagang dengan AS sejak Mei 2019 silam karena isu keamanan. Hal tersebut praktis membuat Presiden AS Donald Trump melarang Huawei berkomunikasi dengan jaringan AS, termasuk Google.

Jadi, berbeda dari ponsel Android lainnya, Huawei Mate 30 Pro tidak mempunyai Google Services. Ponsel terakhir Huawei yang dapat Google Service adalah Huawei Mate 20 Pro. Oleh karena itu, kamu tidak akan menemukan aplikasi seperti Google Maps, Google Play Store.

Lantas bagaimana jika ingin mengunduh aplikasi? Sebagai alternatif, Huawei telah menyiapkan Huawei Mobile Services (HMS). Sebelumnya, HMS sudah diadopsi di pasar Tiongkok yang memang memblokir layanan Google. Huawei mengklaim sudah ada sekitar 45.000 aplikasi di HMS.

Harga Huawei Mate 30 Pro

Photo by hardwarezone

Untuk saat ini, Huawei baru merilis produknya ini di Eropa. Selain ponsel ini, Huawei juga menyediakan edisi spesial Porsche Design.

Huawei Mate Pro 4G dengan storage 256 GB/RAM 8 GB dibanderol dengan harga 1.099 euro (sekitar Rp17 juta). Huawei Mate 30 Pro 5G dengan storage 256 GB/RAM 8 GB dibanderol 1.199 euro (sekitar Rp18,5 juta).

Sementara edisi khusus Huawei Mate 30 RS Porsche Design 512 GB/RAM 12 GB dibanderol 2.095 euro (sekitar Rp32,4 juta). Tertarik? Tunggu kehadirannya di Blibli.com ya.

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY