Suporter didalam olahraga sepakbola ibarat sebagai pemain ke 12. Mengapa demikian? karena dukungan suporter terutama bermain di kandang sendiri tentunya akan memberi efek positif dilapangan.

Namun tidak jarang pula akibat ulah penonton, sebuah klub mendapatkan efek negatif. Ulah-ulah suporter seperti berkelahi, menyalakan petasan, dll berakibat seperti pemindahan pertandingan, dihukum untuk tidak bisa ditonton, ataupun dikurangi poin.

Hal ini juga sering ditemui dikehidupan suporter sepakbola Indonesia. Banyak yang menilai suporter di Indonesia dipengaruhi dipengaruhi tayangan sepak bola dari negara eropa maupun latin.

Apalagi sudah dikenal layak publik, negara Indonesia ini sepakbola termasuk olahraga yang mendapatkan hati masyarakat Indonesia. Terlihat dari jumlah penonton baik saat klub maupun timnas Indonesia bertanding.

Nah berikut beberapa karakteristik suporter yang bisa dijumpai di Indonesia

1. Supoter Sejati

supporter-sejatiVia Media PSS Sleman

Biasanya jenis suporter ini adalah mereka yang mencintai klub bola dengan sepenuh hati. Orang-orang seperti mereka biasanya juga paham tentang seluk beluk klub idola mereka.

Saat nonton langsung di stadion mereka tidak segan-segan untuk memakai atribut lengkap bahkan sampai mengecat seluruh badan dengan gambar lambang klub atau bendera negara.

Suporter ini juga sangat kreatif lantaran sering melakukan hal-hal unik di stadion seperti Mexican Wafe maupun Koreo-koreo untuk mendukung sebuah klub. Selain itu juga mereka sering menggunakan alat musik untuk mendukung tim kesayangannya, yaitu drumm- drumm yang dimainkan dengan irama yang harmoni.

2. Fanatik Yang Rusuh

fanatik-yang-rusuhVia Jakonline

Ini salah satu karakteristik suporter Indonesia yang jadi sampah masyarakat. Memang tidak dilarang untuk fanatik terhadap suatu klub bola ataupun timnas. Namun kalo sudah berlebihan hingga menimbulkan tawuran antar suporter tentunya tidak bisa dibenarkan.

Biasanya keributan ini dipicu dari sejarah yang kelam dengan suporter klub lainnya, seperti contoh Jakmania dan Bobotoh yang pastinya ada korban setiap Persija dan Persib akan bertemu pada pertandingan di Liga Indonesia.

3. Suporter Layar Kaca

suporter-layar-kaca

Via detik

Nama lain dari suporter ini adalah couch potato. Mereka ini tidak menonton langsung ke stadion, melainkan hanya memalui layar kaca di rumah.

Tipe ini berasumsi bahwa menonton melalui televisi lebih nyaman daripada membuang uang untuk sebuah pertandingan yang belum tentu bagus.

Akan tetapi, jangan salah, meski hanya di depan televisi, mereka juga berdandan seolah-oleh ada dalam lapangan.

Jersey tim kebanggaan, bendera bahkan sampai corat-coret muka mereka lalukan untuk meramaikan ajang nonton bareng tersebut. Biasanya ini fans Indonesia yang suka klub Eropa.


BACA JUGAΒ 5 Manfaat yang Bisa Dipetik dari Olahraga Sepakbola


4. Fans Karbitan

fans-karbitan

Via Liputan6

Tidak sedikit nih suporter-suporter yang kaya gini, cuma mau dukung tim yang juara-juara aja. Kalau tim yang dia dukung sekarang udah nggak juara lagi, dia akan ganti tim untuk didukung, labil banget deh pokoknya.Β  Ini bisa jadi alasan kenapa sekarang banyak banget suporter tim seperti fans Leicester yang muncul musim ini.

Hayoo, kamu termasuk tipe suporter yang mana nih Friends? Selain jadi suporter, kamu juga harus bisa main olahraga yang satu ini ya! Kalau belum punya peralatannya kamu nggak usah khawatir, kamu bisa belanja di Blibli.com, kualitasnya dijamin oke! Apalagi, kamu bisa manfaatkan cicilan 0% dan gratis pengiriman ke seluruh Indonesia.

Yuk, tunggu apalagi?

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY