Olahraga rutin setiap hari sangat bermanfaat untuk tubuh. Bahkan konon meski hanya 30 menit sekali pun. Sebab, ada banyak hal yang diaktifkan saat kamu bergerak. Dari peredaran darah, denyut jantung, hingga napas semua jadi aktif untuk memacu metabolisme tubuh. Jika darah lancar, penyakit-penyakit dengan mudah bisa disirkulasikan pada berbagai bagian tubuh untuk dinetralkan. Salah satunya, kemudian dikeluarkan melalui keringat.

Itulah mengapa olahraga dan berkeringat ibarat sayur dengan garam. Kalau belum berkeringat, sejatinya kamu belum olahraga. Itulah mengapa meski basah oleh keringat, selalu ada perasaan fresh setelah olahraga. Tapi tahukah kamu, apa sebenarnya manfaat berkeringat setelah olahraga?

1. Mengurangi potensi munculnya jerawat

Manfaat Keringat_2

via www.mediclass.ro

Setelah kamu kepanasan saat lari pagi, tak terasa wajah pun ikut basah oleh keringat. Sadarkah kamu bahwa selain membuang kotoran dari dalam tubuh, keringat pun akan membuang kotoran di pori-pori kulit di wajah dan bagian lain di tubuh yang berkeringat? Hasilnya, wajah pun jadi lebih bersih dari dalam. Ini yang membuat jerawat jarang muncul bagi mereka yang rajin olahraga sampai berkeringat.

2. Membuat kamu cepat haus

Manfaat Keringat_3

via kemanaajaboleh.com

Ini yang kadang kurang disadari. Apalagi bagi yang sering bekerja di bawah semprotan AC yang dingin. Akibat tidak merasa panas dan keringatan, jadi jarang minum karena tidak merasa haus. Padahal sebenarnya tubuh butuh minum sekitar delapan gelas atau setara dua literan per hari. Jika kurang, tubuh akan kekurangan cairan. Jika ini terjadi, kamu akan gampang kelelahan. Jika tetap diabaikan, bisa berdampak pada berbagai penyakit serius.

Nah, fungsi keringat sebenarnya bisa membuat Kamu cepat merasa haus dan saat kamu minum itu akan kembali menyeimbangkan cairan dalam tubuh. Jika butuh cairan yang cepat menggantikan kebutuhan air dalam tubuh, kamu juga bisa mengonsumsi cairan pengganti elektrolit dalam tubuh.

3. Mencegah sakit yang serius

Manfaat Keringat_4

via jfpersonaltraining.com

Fungsi keringat salah satunya adalah menjaga metabolisme tubuh. Ketika tubuh panas dan berkeringat, sejatinya ada banyak penyakit yang ikut dibuang bersama keringat. Racun-racun yang ikut terbawa saat Kamu makan, virus atau bakteri yang ada di sekitar tubuh, setelah dinetralkan dalam berbagai organ tubuh, akan dibuang sisanya melalui keringat. Jadi, olahraga akan mempermudah kamu membuang kotoran berbahaya untuk mencegah berbagai penyakit serius dalam tubuh.


BACA JUGA Persiapan Penting untuk Lari Jarak Jauh


4. Membantu memperlancar peredaran darah

Manfaat Keringat_5

via fitnessjournal.co.nz

Sebagian besar tubuh kita berisi cairan. Salah satu yang paling utama berbentuk darah. Tugas darah ini bermacam-macam. Dengan adanya cairan yang cukup, darah jadi lebih lancar mengalir. Itulah mengapa, dengan berkeringat kamu yang merasa haus lalu minum, sebenarnya sedang membantu tugas penting darah. Di sisi lain, kalau kamu perhatikan, saat berkeringat, kulit kamu biasanya tampak lebih memerah. Itu sebenarnya berkaitan juga dengan keringat yang membantu darah untuk membantu sirkulasinya ke seluruh tubuh.

Nah, banyak kan manfaat keringat? Oh ya, khusus kamu yang sudah keringatan dan ingin mengembalikan cairan dalam tubuh, Blibli.com memberikan paket menarik dari Pocari Sweat. Selain bisa segera mengembalikan kesegaran, kamu juga dapat bonus tas untuk menemani berolahraga. Jumlahnya sangat terbatas. Jadi segera buka Apps Blibli untuk mendapatkan penawaran istimewa ini.

Tetap sehat, berkeringat, dan makin semangat ya!

Nadine

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.
Nadine

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY