Bagi para pria, membentuk self image yang positif itu penting banget. Baik untuk kamu yang kerja, ingin melamar kerja, magang, atau ingin menarik hati wanita, penampilan itu merupakan faktor yang penting diperhatikan.

Apalagi bagi yang sudah masuk ke dunia kerja. Wah, bisa-bisa dipandang rendah kalau nggak menampilkan diri yang paling rapi, percaya diri, dan suave.

Nah, ganteng itu nggak mutlak dari lahir aja, tapi perlu dipoles dengan penampilan juga. Bagi kamu yang masuk ke dunia kerja, berikut beberapa tips sederhana yang bisa kamu terapkan untuk penampilan di kantor.

1. Rambut rapi dan nggak gondrongrambut rapihBeberapa wanita memang bisa klepek-klepek kalau melihat pria berambut gondrong ala Nicholas Saputra di film Ada Apa Dengan Cinta yang pertama. Tapi nggak bisa diterapkan kantor, apalagi kantor perusahaan-perusahaan besar yang punya image profesional di mata client-nya.

Kebanyakan perusahaan memiliki peraturan yang cukup ketat mengenai rambut pria yang harus tertata rapi. Oleh karena itu nggak heran jika rambut ber-pomade seirng dijadikan patokan rambut rapi.

2. Kemeja berlengan panjang

pakaian

Setelah rambut, hal berikutnya yang harus kamu perhatikan adalah busana kamu. Kemeja itu sudah pasti wajib, tapi nggak sembarangan kemeja tentunya!

Pertama kemeja berlengan panjang seringkali lebih baik dari berlengan pendek. Perhatikan juga corak dan warna dari kemejanya. Sebaiknya hindari corak yang terlalu ramai varian warnanya danpilih yang lebih polos dengan warna ringan.

Maksud warna ringan, adalah warna netral dan warna yang lebih terang seperti biru muda, krem, atau bahkan pink!Jika hanya memiliki yang berwarna gelap, kamu bisa mencoba warna hitam, biru dongker, ataumaroon.

Bagi beberapa perusahaan, karyawannya diizinkan untuk mengenakan pakaian yang lebih santai pada hari Jumat. Namun, kamu tetap perlu menjaga profesionalitas dan clean image dari penampilanmu.

Kenakanlah kemeja yang lebih santai seperti kemeja flanel dengan celana jeansfit yang cocok dengan atasanmu.. Kemeja batik berlengan pendek pun bisa menjadi salah satu pilihan kasual namun formal.

3. Sepatu pantofel yang berkilaufantofelWalaupun nyaman dan keren, tapi saat berada di kantor, say no kepada sepatu sneakers, sepatu kanvas, apalagi sendal. Bagi pekerja kantoran, sepatu pantofel hitam itu sahabatmu.

Untuk modelnya, kamu bebas kok memilih model pantofel dengan tali, polos, berhak, rata, dan lain-lain. Atau, kamu bisa juga berpaling ke sepupunya pantofel, yaitu boat shoes yang mirip pantofel namun lebih bercorak dan bentuknya mirip kapal (agak melengkung).

Jangan lupa semir sepatumu! Kamu pasti nggak mau ketika orang mendengar derap langkah sepatumu dan menemukan sepatu kotor yang nggak terurus. Padahal, rambut dan pakaianmu sudah rapi.


BACA JUGA Cara Mengenali Kepribadian Pria dari Jam Tangannya


4. Wewangian

parfum

Menghadapi dunia kerja berarti kamu akan berhadapan dan berurusan dengan banyak orang. Kenyamanan mereka ketika berinteraksi dengan kamu sebaiknya dijaga baik-baik. Satu hal lagi yang perlu kamu waspadai adalah bau badan.

Bau badan ini bagaikan nila setitik yang merusak susu sebelanga. Efek rambut klimis dengan kemeja rapi serta pantofel yang kinclong bisa sirna dengan kehadiran bau badan. Nggak mau kan kegantenganmu hilang karena aroma kurang sedap?

Untuk mencegah hal tersebut agar nggak terjadi, gunakanlah parfum dan deodoran. Pilihlah aroma yang segar dan nggak terlalu tajam ataupun menusuk untuk menjaga kenyamanan orang-orang sekitarmu.

Jika kamu sangat berkeringat, biasakanlah untuk membersihkan diri secara kilat. Misalnya dengan tissue basah kemudian pakai wewangian lagi. Kamu juga harus memilih deodoran yang tahan lama, biar nggak bolak balik ke toilet melulu.

Nah, itulah senjata-senjata penampilan utama kaum adam di dunia kerja. Beberapa barang lain seperti dasi dan blazer adalah barang-barang yang lebih formal dan bisa kamu kenakan ketika akan bertemu orang-orang penting, baik secara pribadi maupun melalui rapat. Selamat bergaya ya!

Nadine

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.
Nadine

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY