Ini Dia Area Tersembunyi di Rumah Yang Sering Diabaikan Kebersihannya

Berbicara tentang rutinitas merapikan rumah, rasanya sudah menjadi template yang otomatis tahu apa saja yang perlu kamu bersihkan. Barang-barang yang berserakan di lantai, debu yang mengganggu pandangan menempel di sudut meja, hingga tumpukan cucian baju dan piring yang jelas mengganggu keindahan ruangan di rumah.

Karena saking terbiasanya, kamu akhirnya hanya sekadar membersihkan area yang terlihat saja. Kalau begini, yakin kamu sudah menjangkau seluruh area untuk dibersihkan? Karena ternyata di rumah banyak, lho, tempat atau sudut-sudut tidak terjangkau yang lepas dari pandangan, sehingga ruangan pun jadi sekadar asal bersih. Padahal, tempat tersebut juga bisa menjadi sumber bakteri dan penyakit jika terus-terusan didiamkan dalam keadaan kotor. Ew!

Nah, kira-kira apa saja ya area yang mungkin sering terlewatkan ini?

Bagian Bawah Furniture

null
Photo by Freepik

Sudah pernah cek bagian bawah sofa atau dipan kasur? Kamu pasti akan kaget mendapati gulungan debu yang tebal dan remah-remah sampah di bawahnya. Jangan sampai area ini jadi sarang serangga, kotoran, dan bakteri yang membahayakan keluarga hingga menyebabkan alergi kulit dan pernafasan. Yuk segera bersihkan dengan vacuum cleaner, sapu dan kain pel yang bisa menjangkau area ini hingga bersih tuntas.  Bersihkan tempat yang menjadi sarang debu ini secara berkala menggunakan penyedot debu yang sesuai.

CEK DI SINI PILIHAN PENYEDOT DEBUNYA

Penyaring Debu Pada Ventilasi

null
Photo by Freepik

Jika ruangan di rumahmu terdapat AC atau penyaring udara (air humidifier), maka pastikan alat-alat tersebut juga rutin kamu bersihkan. Bagian dalam peralatan penyaring udara dapat menjadi tempat mengendapnya debu dan kotoran, terutama di bagian filternya. Apabila tidak dibersihkan secara berkala, alat yang berfungsi menangkap udara kotor dan mengeluarkan udara bersih dapat bekerja sebaliknya dan membahayakan kesehatan, seperti gangguan pernapasan.

PILIH PERANGKAT SISTEM PENDINGIN YANG KAMU BUTUHKAN DI SINI

Sisi Atas Lemari

null
Photo by Freepik

Saat membersihkan rumah, bagian atas furnitur seperti lemari pakaian dan kabinet yang berukuran tinggi pasti sering kamu lewatkan. Padahal, karena letaknya yang tinggi, spot ini juga gak kalah menyimpan tumpukan debu yang tebal, lho. Nah, buat memudahkan kamu membersihkannya, sikat bergagang panjang atau hand vacuum cleaner bisa kamu andalkan untuk membersihkan area ini dengan praktis.

YUK, INTIP PILIHAN HAND VACUUM CLEANER YANG BISA MENJANGKAU AREA INI DENGAN MUDAH DI SINI

Tanaman Hias Di Dalam Rumah

null
Photo by Freepik

Untuk menambah estetika di dalam ruangan rumah, kamu kerap menambahkan berbagai tanaman hias yang diletakkan di beberapa sudut. Did you know? Baik tanaman asli ataupun artifisial, debu sangat mudah menempel pada permukaan daun dan batang tanaman. Coba deh kamu cek, saat warna daun dan batang sudah memudar, ini tandanya kotoran sudah banyak menempel pada bagian tersebut dan perlu segera dibersihkan. Nah, agar koleksi tanaman hiasmu memberikan fungsinya secara maksimal, perlu juga dijaga kebersihannya dengan rutin bersihkan permukaan daun dan batangnya. Gak perlu buru-buru mengganti yang baru jika warnanya sudah memudar, kamu bisa coba kembali mencerahkannya dengan campuran garam dan baking soda.

KAMU PECINTA TANAMAN HIJAU? CEK PILIHANNYA YANG BISA MEMPERINDAH RUANGAN KAMU

Peralatan Kebersihan

null
Photo by Freepik

Nggak cuma ruangan saja, alat kebersihan yang biasa kamu gunakan juga dapat menjadi tempat asal bakteri-bakteri, lho. Seperti kantung tempat penyimpanan kotoran yang ada pada vacuum cleaner. Setidaknya kamu harus memastikan sudah mengosongkan dan mencucinya setiap sebulan sekali sehabis digunakan. Hal yang sama harus kamu lakukan untuk merawat alat pembersih lainnya seperti sponge, sapu, dan alat pel. Bayangkan saja, alih-alih  mengisap kotoran, alat pembersih ini malah berpotensi mengotori rumah. Tentunya, gak mau hal ini terjadi kan?

CEK PILIHAT ALAT KEBERSIHAN YANG AKAN JADI FAVORIT KAMU DI SINI.

Nah, apakan kamu sudah memastikan area di atas bersih maksimal? Jangan sampai tempat tersebut menjadi sarang segala penyakit di rumahmu. Yuk, mulai scroll segala keperluan untuk pastikan momen beberes rumahmu jadi makin seru hanya di Blibli.com!

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY