Ini Dia 70 Negara Bebas Visa!

Apa kabar self-quarantine versi Blibli Friends? Beberapa hari yang lalu, perubahan cuti bersama jadi berita utama di Indonesia. Soalnya tau-tau cuti bersama lebaran pindah ke tanggal 28-31 Desember 2020.

Buat Blibli Friends yang udah punya rencana mudik, memang mau nggak mau harus ditunda dulu tahun ini. Disamping cuti lebaran bergeser, pemerintah juga menghimbau buat nggak mudik dulu, kan? Jadi tetep di rumah aja dulu, friends. Kalo direvisi gini, kira-kira enaknya bikin rencana buat jalan-jalan mulai kapan ya?

Pandemi COVID-19 ini masih belum tuntas, di tengah kondisi ini beberapa orang mulai merasa kangen dengan aktivitas normal seperti biasanya, tapi kita harus tetap ikuti himbauan dan aturan pemerintah ya, supaya penyebaran virus ini bisa cepat berhenti.

Bukan cuma kangen dengan aktivitas sehari-hari, Blibli Friends juga pasti udah mulai kangen jalan-jalan, kan? Bayangin pergi ke destinasi favorit yang udah dari jauh-jauh hari direncanakan, tapi akhirnya harus cancel. Jangan sedih, semua pasti ada hikmahnya. Tetep positif terus ya!

Ngomong-ngomong jalan-jalan nih, selagi di rumah aja, kamu bisa mulai bikin rencana liburan setelah wabah COVID-19 ini berakhir, atur destinasi tujuan, atur itinerary, pastinya atur juga budgetnya. Buat ngisi waktu, nggak apa-apa Blibli Friends bikin rencana liburan sekarang terus nanti baru deh jalan-jalannya. Bisa jadi tips self-quarantine yang positif nih.

Buat Blibli Friends yang punya rencana liburan ke luar Indonesia, harus banget dong rencanain dengan matang. Salah satunya soal visa, eh tapi pemegang paspor Indonesia udah makin mudah. Ternyata ada 70 negara yang bisa kamu kunjungi cuma pake paspor aja, jadi tanpa harus bikin visa.

Selain nggak bikin kamu ribet, berkunjung ke negara bebas visa bisa menekan budget, karna jadi nggak perlu keluar biaya buat urus visa. Bagus banget kan? Liburan lebih mudah dan hemat.

Ada 70 negara bebas visa, jadi banyak pilihan banget kan? Apa aja sih negaranya? Cekidot, Blibli Friends!

Bebas Visa

Belarusia
Bermuda
Brasil
Brunei
Kamboja
Chile
Dominica
Ekuador
Fiji
Filipina
Gambia
Guyana
Haiti
Hong Kong (SAR China)
Kepulauan Cook
Kolombia
Laos
Makao (SAR China)
Malaysia
Mali
Maroko
Micronesia
Myanmar
Namibia
Niue
Peru
Qatar
Rwanda
Serbia
Singapura
St. Vincent and the Grenadines
Thailand
Uzbekistan
Vietnam

Visa on Arrival

Armenia
Azerbaijan
Bolivia
Gabon
Guinea-Bissau
Iran
Yordania
Kenya
Kepulauan Comores
Kepulauan Marshall
Kepulauan Palau
Kepulauan Tanjung Verde
Kyrgyzstan
Madagaskar
Malawi
Maldives/Maladewa
Mauritania
Mauritius
Mozambik
Nepal
Nikaragua
Papua Nugini
Samoa
Seychelles
Sierra Leone
Somalia
Suriname
Tajikistan
Tanzania
Timor Leste
Togo
Tuvalu
Uganda
Zimbabwe
Pakistan (eTA—electronic travel authorization)
Sri Lanka (eTA—electronic travel authorization)

Kok ada 2 kategori sih? Itu apaan aja? Bebas visa di atas memang dibagi jadi 3 kategori. Pertama, pemegang paspor Indonesia yang dikasih akses masuk tanpa visa. Nah yang kedua, pemegang paspor Indonesia yang bisa ngurus visanya langsung di imigrasi bandara setempat tanpa harus ngurus di Indonesia sebelumnya, yaitu (visa on arrival) atau Electronic Travel Authorization (eTA).


Buat yang Visa on Arrival dan Electronic Travel Authorization (eTA) tetep harus ngurus-ngurus dong berarti?

Betul. Tapi nggak lama dan lebih kayak pemeriksaan di imigrasi aja sih. Berikut tata caranya:

1. Langsung menuju signboard
Pas nyampe bandara di destinasi tujuan, kamu langsung aja cari signboard dan langsung menuju pos VOA (Visa on Arrival).

2. Sedia uang cash dengan mata uang USD
Tetap dikenai biaya yang bervariasi di tiap negaranya, biasanya akan dihitung sesuai dengan berapa lama kamu menetap sementara di negara itu. Proses pembayaran biasanya pake uang cash, kalo agan belum tarik cash, di bandara banyak kok ATM yang bisa buat tarik tunai mata uang USD.

3. Siapkan dokumen yang dibutuhkan
Nggak seribet ngurus visa pada umumnya, kamu cuma diminta paspor dan tiket pesawat aja buat konfirmasi data.

4. Bisa pake e-Visa
Kalo nggak mau repot di negara tujuan, kamu bisa persiapkan dari Indonesia melalui layanan e-Visa yang bisa diakses online dengan metode pembayaran debit card atau credit card. Lebih gampang kan?

Liburan bakal jadi lebih hemat, karna biaya ngurus visa memang lumayan mahal tergantung negara tujuan. Udah gitu prosesnya ribet. Kalo kamu pilih negara bebas visa, pastinya jadi lebih hemat dan nggak bikin ribet. Budget yang kamu punya bisa dialokasiin ke hal lain yang lebih penting misalnya tiket, biaya penginapan, dan lain-lain.

Duh, banyak juga 70 negara, jadi bingung. Tenang Blibli Friends, nih kami kasih panduan 5 negara populer yang bisa kamu kunjungi dengan akses bebas visa!

1. Thailand
Buat kamu yang suka banget kulineran, wisata alam, atau belanja-belanja murah. Thailand ini tempatnya. Ada banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi, mulai dari Phuket, The Grand Palace, Wat Arun, Krabi, Chatuchak Weekend Market, dan masih banyak lagi. Ditambah lagi, Thailand ini bisa dibilang surganya buat penggila belanja. Murah banget, jangan sampe aja koper kepenuhan sih.

2. Qatar
Salah satu negara terkaya di dunia ini bisa kamu kunjungi tanpa harus ribet ngurus visa! Bayangin, kamu bisa ngeliat betapa megahnya gedung-gedung di Qatar secara langsung. Selain itu, ada banyak destinasi-destinasi menarik mulai dari museum-museum megah, wisata safari gurun, dan yang paling terkenal adalah Burj Khalifa yang jadi salah satu gedung pencakar langit tertinggi di dunia. Mulai direncanakan dari sekarang yok, Blibli friends!

3. Maroko
Buat kamu yang nggak mau ke negara-negara mainstream, Maroko bisa jadi pilihan. Wah, katanya sih rugi banget kalo belum pernah ke Maroko seenggaknya sekali seumur hidup lah. Bangunan-bangunan yang antik dan unik bikin kamu pengen motret mulu pas bawaannya. Kamu juga bisa menikmati kota dengan kafe-kafe bergaya Prancis yang bikin kamu kayak lagi liburan di Eropa, sampe wisata gurun juga ada.

4. Kolombia
Lanjut ke Amerika Selatan, Kolombia ini satu-satunya negara di Amerika Selatan yang punya garis pantai di Laut Pasifik Utara dan Laut Karibia, makanya banyak banget keanekaragaman hayati yang ada. Selain itu, ada banyak pemandangan alam mulai dari hutan lindung hingga cagar budaya. Nggak lupa, tradisi dan makanannya harus banget dicoba Blibli friends.

5. Filipina
Balik lagi ke Asia Tenggara nih. Filipina ini termasuk negara dengan keindahan alamnya yang bagus banget. Mulai dari pesisir pantai dan laut yang jernih banget sampe hamparan hijau pegunungan dan hutan. Kamu juga bisa main ke Teras Sawah Banaue yang jadi tempat Thanos duduk menikmati kepunahan setengah populasi manusia. Keren gak tuh?

Nah, itu aja tips dari Blog Blibli Friends. Sekarang tinggal kamu yang bikin rencana mau ke mana setelah wabah COVID-19 ini berakhir. Mumpung lagi di rumah aja, coba bikin perencanaan yang detail banget. Tinggal nabung sekarang, traveling nanti deh.

YUK NABUNG KUPON PERJALANAN DULU SELAMA DI RUMAH AJA!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY