Ini Dia 6 Makanan yang Cocok dengan Olahraga yang Kamu Lakukan!

Sebagian orang melakukan olahraga agar tubuhnya tetap sehat, sebagian lagi melakukannya dengan tujuan untuk membentuk tubuh yang lebih berisi dan proporsional. Apapun tujuannya, satu yang pasti: olahraga itu wajib hukumnya karena menyangkut kemakmuran jiwa raga!

Agar olahraga yang kamu lakukan dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi tubuhmu, kamu juga harus memperhatikan asupan makanan yang kamu konsumsi. Beda olahraga, beda juga makanan yang perlu dikonsumsi.

Apa saja? Yuk, kita simak!

1. Buat yang suka yoga, baiknya kamu konsumsi buah dan kacang-kacanganyoga

Via  yogabyme

Olahraga yoga sangat baik dalam mengatur sirkulasi darah, udara, dan metabolisme dalam tubuh. Manfaatnya bisa menurunkan tingkat stres dan berat badan!

Bagusnya lagi, jika sering melakukan yoga, tubuh kamu akan lebih lentur dan lebih mudah dikontrol.

Nah buat kamu yang sedang menjalankan olahraga yoga, disarankan untuk banyak mengonsumsi buah-buahan dan kacang-kacangan. Buah pepaya dan alpukat cocok dikonsumsi usai melakukan yoga untuk menambah energi dan membantu sirkulasi darah.

Kalau kacang-kacangan, kamu bisa konsumsi susu kacang kedelai, tahu, dan tempe. Mengonsumsi makanan-makanan ini dapat membantu memenuhi kebutuhan protein selama melakukan yoga.

2. Para penggowes sejati disarankan sering mengonsumsi protein dan karbohidratsepeda

 

Kegiatan bersepeda nggak hanya membuat tubuh kamu sehat, namun juga penangkal macet yang efektif. Nggak perlu menunggu weekend untuk bisa bersepeda, setiap hari pun saat kamu menuju kantor atau ke sekolah.

Bersepeda merupakan kegiatan yang memerlukan banyak energi. Untuk itu, disarankan banyak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung protein dan karbohidrat.

Pasangan roti dan susu cocok untuk makanan pra-gowes. Alternatif lain, telur setengah matang juga oke. Setelah selesai, hajar dengan air. Kemudian diikuti makanan halus seperti bubur dan oat.

Buah pisang juga bagus dikonsumsi saat bersepeda untuk menjaga stamina teteap maksimal saat kamu mengayuh sepedamu.

3. Olahraga renang, perbanyak minum air putih dan yogurtrenang

Renang termasuk ke dalam jenis olahraga aerobik, karena memerlukan waktu yang relatif lama dan memerlukan banyak oksigen dalam prosesnya. Sangat bermanfaat untuk melatih otot-otot di dalam tubuh secara menyeluruh.

Banyaknya energi yang dipakai saat berenang membuatmu harus memerhatikan kondisi fisik sendiri agar nggak mudah letih di tengah jalan.

Kamu bisa mengonsumsi yogurt sebelum renang. Hal ini karena yogurt rendah lemak, mengandung protein, dan karbohidrat di dalamnya. Cocok untuk distribusi energi seluruh tubuh.

Yogurt juga mengandung riboflavin, suatu vitamin yang diperlukan untuk menghasilkan energi ekstra dalam tubuh.

Oia, jangan lupa untuk selalu mengonsumsi air putih ya, karena aktivitas renang menghilangkan banyak cairan dari dalam tubuh.

4. Olahraga jogging, baiknya banyak konsumsi makanan yang berkarbohidratjogging

Olahraga yang satu ini efektif untuk membakar lemak dan kalori dengan cepat. Agar nggak gampang lemas saat jogging, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak karbohidrat.

Alasannya? Karena ketika terjadi pembakaran lemak, tubuh akan mengambil pasokan karbohidrat dalam tubuh untuk mengeluarkan hasil pembakaran melalui nafas dan keringat.

Karbohidrat yang disarankan bukan yang sembarangan, tetapi berasal dari kombinasi gandum dan susu rendah lemak.

Selain karbohidrat, makanan lainnya yang bagus untuk dikonsumsi untuk kamu yang suka jogging adalah aneka kacang-kacangan, buah-buahan, dan putih telur rebus.

5. Ketika fitness, pisang dan oat bisa jadi andalan sebelum melakukannyafitness

Via canadianbusiness

Bagi kamu perempuan yang ingin tubuhnya tetap bugar dan langsing, fitness bisa jadi olahraga pilihan. Sebelum melakukan fitness disarankan untuk makan terlebih dahulu.

Pisang dan oat bisa jadi makanan yang disarankan. Pisang merupakan buah yang nutrisinya cepat diserap oleh tubuh. Asupan karbohidrat dari 1-2 buah pisang cukup memberikan tenaga saat akan melakukan fitness.

Lalu, sekitar 1 atau 2 jam sebelum latihan, kamu juga bisa makan oat  Makanan ini akan membantumu tetap punya energi, dan membantu metabolisme lemak.

Bila kamu yang sedang membentuk tubuh, protein adalah kuncinya. Dada ayam, putih telur, dan protein nabati seperti kacang-kacangan cocok dikonsumsi pasca-fitness.


BACA JUGA 7 Jenis Makanan untuk Mengecilkan Lingkar Pinggang


6. Salad, bisa jadi andalan buat kamu yang suka nge-dancedance

Via  mathisdancing

Salad bisa dijadikan andalan untuk tetap berenergi ketika kamu terlalu aktif pada saat menari. Vitamin dan kesegaran sayur-sayuran membuat tubuh nggak cepat lelah dan mengantuk yang dapat menyebabkan tubuh sulit untuk bergerak dan berpikir.

Buat kamu yang suka nge-dance, konsumsilah salad yang penuh dengan sayuran. Tambahkan sedikit elemen protein seperti salmon dan potongan ayam juga oke.

Nah, itulah beberapa tips memilih jenis makanan sesuai dengan olahraga yang kamu lakukan. Hal yang perlu kamu ingat di sini adalah kamu perlu menjaga keseimbangan olahraga dan makanan biar hasilnya optimal.

Selain memerhatikan asupan makanan, ketika olahraga di luar ruangan kamu juga harus memperhatikan penampilan untuk memperlancar aktivitas olahraga. Agar lebih sporty, kamu bisa membeli perlengkapan olahraga dan luar ruang di Blibli.com Ada segudang pilihan perlengkapan olahraga dengan cicilan hanya 0%!. Tunggu apa lagi?

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY