Buah dan sayuran adalah dua jenis bahan makanan paling baik bagi tubuh. Kandungan nutrisinya beragam dan kaya serat yang bersahabat dengan kesehatan jantung. Bahkan saat berkunjung ke dokter, biasanya Anda mendapat nasihat untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayur untuk menjaga kesehatan.

Tak heran jika ada ungkapan yang sudah terkenal di seluruh dunia. Makan sebuah apel setiap hari, akan menjauhkanmu dari dokter. Artinya, makan buah (apel) setiap hari bisa membuat tubuh sehat dan tak perlu rutin berkunjung ke dokter. Bila badan sehat, biasanya orang memang merasa tidak perlu berkunjung ke dokter.

Sayangnya, makan buah biasanya perlu perjuangan. Setidaknya Anda harus memotong atau mengupas buah tersebut. Mungkin juga harus mengombinasikan keduanya, mengupas dan memotong. Memang ada buah potong yang siap konsumsi, tapi Anda tidak tahu seberapa bersih dan sehat ketika proses memotong, mengupas, dan membungkusnya.

Makan buah yang dikupas dan dipotong sendiri adalah cara paling aman untuk makan buah dan terhindar dari sakit perut. Repotnya, mengupas dan memotong buah terkadang bukan perkara sepele. Tapi sebenarnya ada cara mudah dan praktis ketika mengupas dan memotong buah. Berikut beberapa tipsnya:

Memahami karakter buah yang akan dipotong

karakter buah

Via Cerpen

Ternyata jika paham caranya, masing-masing buah bisa dipotong dengan lebih mudah. Jeruk misalnya. Daripada dikupas lama, potong saja sedikit atas dan bawahnya. Lalu potong secara tegak lurus hingga terlihat buahnya, tarik, beres semua.

Jangan merasa sayang jika memang lebih mudah dibuang

memotong buah

Via Cerpen

Ini masalah mengupas yang klasik. Kadang Anda harus “mengorbankan” daging buah kalau mau mendapat buah dengan cara cepat. Dan ini yang kadang merasa disayangkan. Sebenarnya tak perlu merasa sayang, sebab memang buah itu saripatinya sudah terkumpul di bagian-bagian tertentu saja. Misalnya mengupas buah nanas. Caranya cukup gampang, meski terkesan membuang daging cukup banyak. Potong nanas bagian atas dan bawahnya. Lalu potong jadi empat bagian tegak sama persis. Potong bagian tengah yang keras, lalu potong bagian kulitnya. Setelah itu potong kecil-kecil dan siap disajikan.

Gunakan peralatan elektronik

Ada juga cara lain yang praktis, yaitu dengan alat pemotong buah seperti ini. Alat ini bisa mengupas apel dengan cepat dan rapi. Anda juga bisa memotong buah apel jauh lebih mudah.

tokuniku_pengupas-kulit-apel---apple-peeler_full01
Wah, mengupas apel bukan masalah lagi!

Selain apel, mengupas kentang juga menjadi tantangan tersendiri. Kulitnya yang setipis kulit ari justru membuat kentang sulit di kupas. Bila tidak tepat, bukan hanya kulitnya yang terkelupas, tapi juga daging kentang ikut terpotong. Agar bisa mengupas kentang dengan mudah, Anda bisa menggunakan alat pengupas kentang seperti ini.

Peralatan di atas sangat praktis digunakan dan tentu saja memudahkan Anda ketika mengupas dan memotong buah atau sayur. Anda bisa mendapatkannya di Blibli.com. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapat bila berbelanja di Blibli.com. Pertama, barang yang Anda beli akan dikirim ke rumah bebas ongkos kirim. Selain itu, ada fasilitas cicilan 0% akan meringankan dalam hal pembayaran.

Jadi, tak perlu repot lagi mengupas buah asal tahu caranya kan?

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY