Jalanan di kota sudah nggak nyaman bagi para pemakai kendaraan pribadi. Kemacetan sudah jadi sahabat yang selalu menyapa masyarakat kota di pagi maupun sore hari.

Mungkin kamu sudah berniat untuk menaruh kendaraan pribadimu di rumah dan naik transportasi umum. Namun, rasanya banyak alasan ini-itu yang membuat kamu enggan untuk mulai melakukannya.

Setiap pilihan yang kamu pilih pasti ada keuntungan dan kerugian masing-masing. Nah, artikel ini akan membahas mengenai keuntungan yang bikin kamu lupa soal kerugian naik transportasi umum. Simak, yuk!

1. Sadari bahwa kamu adalah pahlawan lingkungan!

pahlawan-lingkungan

Via Enclaria

Mungkin sekarang nggak kerasa. Namun, usaha ini mungkin akan berarti untuk anak cucu kita nanti. Sedih juga ngebayanign anak cucu kita nggak lagi bebas menghirup udara segar seperti sekarang?

Maka dari itu, kita bisa buktikan kepedulian melalui frekuensi penggunaan transportasi umum lebih sering ketimbang kendaraan pribadi. Kamu bisa berbangga karena menjadi agen penjaga kesehatan bumi.

Memang pasti ada satu dua hal yang buat kita nggak nyaman saat menggunakan transportasi umum. Kalau kamu sedang mengalami fase ini, ingat, kamu bukan melakukan ini untuk dirimu sendiri, tapi juga untuk kebaikan banyak orang di masa depan

2. Ladang jodoh. Mitos atau fakta?

ketemu-joodh

Via Shutterstock

Apa benar menggunakan transportasi umum akan mendekatkanmu dengan jodoh? Jawabannya: tergantung. Menggunakan transportasi umum membuat kamu bertemu dengan manusia yang lain. Khususnya yang atraktif bagimu.

Kalau kata orang soal pasangan hidup, mereka nggak akan ke mana. Tapi, kalau kitanya diam saja, ya, mau nunggu sampai kapan? Harus ada usaha dari kamu untuk mendapatkan jodoh.

Nah. Dengan menggunakan transportasi umum, kamu memiliki peluang yang besar untuk melakukan first move dibanding kendaraan pribadi. Atau, bisa saja tanpa disangka-sangka kamu menemukan teman ngobrol yang cocok saat lagi nunggu bus. Siapa tahu, kan?

3. Jadi sehat walafiat

jadi-sehat

Via Fresh Design Pedia

Kesehatan sering luput dari perhatian orang kota karena kesibukan yang mereka miliki selama lima hari beraktivitas. Weekend dipakai untuk beristirahat dan bukan untuk berolahraga.

Lalu, kapan waktunya badanmu dijaga? Kalau naik kendaraan umum, kamu sudah sedikit memberi peluang buat dirimu untuk punya badan yang sehat.

Untuk mencapai halte terdekat, kamu perlu menempuhnya dengan berjalan. Belum tentu setelah itu kamu bisa mendapatkan tempat duduk yang nyaman.

Berdiri merupakan hal yang baik dilakukan jika duduk menjadi aktivitasmu hampir seharian di kantor. Keluar dari halte pun, kamu perlu berjalan lagi. Walau hanya jalan sedikit, tapi ini bisa berdampak juga, loh, untuk kesehatanmu.

4. Banyak waktu luang

banyak-waktu-luang

Via PC Wall Art

Waktu jadi sangat berharga ketika kemacetan banyak menghisap waktumu. Pulang ke rumah sudah larut dan kamu sudah terlalu lelah untuk melakukan aktivitas selain mandi dan bermalas-malas di sofa empuk.

Kamu bisa memakai waktu menunggu transportasi umum untuk hal yang lebih positif, seperti membaca, menonton melalui gawaimu, ataupun mengerjakan tugas kantor yang tidak begitu berat.

Saat macet melanda dan kamu stuck di transportasi umum, jangan berfokus pada ketidaknyamanan yang kamu rasakan, tapi coba bayangkan waktu-waktu itu seperti waktu kamu sedang di rumah.

Dengan begitu, menunggu bus sampai di halte rumahmu menjadi hal yang tidak begitu melelahkan dan membosankan. Sulit melakukan ini ketika membawa kendaraan pribadi.

5. Yang kesel biar pak sopir, kamu tenang aja

tenang-tenang

Via Daily SMS Collection

Hal paling menyebalkan ketika berkendara di jalan adalah bertemu dengan pengendara yang tidak tahu aturan dan semaunya sendiri. Akibatnya, kamu yang capek makin dibuat capek. Atau lebih parah lagi, bertemu dengan pengendara ugal-ugalan bisa membahayakan kamu dan pengendara lain.

Antisipasi yang bisa kamu lakukan adalah jangan bawa kendaraan pribadi. Kamu nggak perlu pusing menghadapi tingkah konyol pengendara di jalan. Biarkan bapak sopir transportasi umum yang menghadapi keruwetan jalan.

Lain ceritanya kalau kamu lagi nggak beruntung dapat sopir yang menyebalkan, ya.

6. Hemat uang bensin, deh

hemat-uang-bensin

Via My Indi School

Percaya atau nggak, keuntungan ini pasti akan kamu rasakan setelah menjadi pengguna transportasi umum. Saat membawa kendaraan sendiri, uang akan banyak kamu keluarkan untuk membeli bensin dan membayar parkir. Semua itu nggak lagi kamu perlukan kalau sudah beralih ke transportasi umum.

Uangnya bisa kamu tabung dan untuk berbelanja kebutuhanmu yang tertunda, deh!

Asik juga, kan? Memang nggak bisa dipungkiri kalau setiap pilihan pasti ada plus-minusnya. Naik transportasi umum juga ada kurangnya. Tapi, setelah baca ini, sadar dong keuntungan yang ditawarkan mereka sangat menggiurkan!

Tunggu apa lagi? Sekarang saatnya kamu punya kartu akses yang bisa kamu beli di Blibli.com untuk menggunakan transportasi umum, dan manfaatkan keuntungan di atas!

Nadine

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.
Nadine

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY