Saat hamil untuk memelihara kebugaran dinilai sangat perlu. Tujuannya untuk menjaga janin tetap sehat.

Banyak pengamat menilai olahraga saat hamil diperlukan agar proses kelahirannya lancar. Selain itu juga dapat mempertahankan kebugaran, mengurangi risiko kegemukan, dan paling penting pelepasan hormon endorfin yang membantu ibu tetap tenang dan bahagia.

ibu-hamil

Masalahnya, tidak semua jenis olahraga disarankan untuk wanita hamil. Berikut 8 olahraga yang aman dilakukan wanita hamil

1. Jalan Kaki

Berjalan adalah cara paling baik untuk menjadi sehat secara fisik. Wanita hamil disarankan untuk  bisa latihan berjalan untuk melatih jantung janin agar lebih sehat.

Beberapa wanita mungkin akan mengalami kaki bengkak jika kebanyakan berjalan. Tapi 30 menit berjalan selama tiga hari dalam seminggu

2. Pilates

Melakukan Pilates selama kehamilan akan membantu kau tetap rileks saat melahirkan. Selain itu pilates membantu mengurangi sakit otot perut, mengurangi sakit punggung dan melancarkan proses persalinan.

3. Yoga

Latihan yoga saat hamil dapat mengurangi ketegangan, meningkatkan mood dan melancarkan persalinan.

4. Kegel

Latihan Kegel memperkuat otot-otot di dasar panggul. Kenapa perlu latihan ini? Bakhsi mengungkapkan, tubuh Anda memproduksi hormon yang disebut relaksin selama kehamilan. Hormon ini melembutkan sendi dan ligamen yang membuat proses kelahiran lebih mudah.


BACA JUGA Mengenal Pilates untuk Pemula


5. Aerobik atau Zumba

Latihan aerobik atau zumba memang memerlukan gerakan yang aktif. Tapi disarankan ibu hamil yang ingin ikut gerakan ini hanya melakukan beberapa gerakan yang nyaman.

6. Sepeda statis

Bukan hanya sehat, mencoba sepeda statis saat hamil juga dapat meningkatkan oksigen ke otak bayi.

7. Senam

Jenis olahraga ini disesuaikan dengan perubahan bentuk fisik pada tubuh seperti organ genital, posisi perut yang membesar. Tujuan untu melakukan senam ini adalah menjafa kesehatan pada tubuh serta janin yang dikandungannya secara optimal.

8. Renang

Berenang adalah aktivitas terbaik dan aman untuk mengurangi  risiko kecelakaan saat hamil. Tekanan di air memberikan kemudahan bagi ibu untuk bergerak.

Buat kamu para calon ibu, kamu bisa pilih mau olahraga apa yang kamu lakukan. Yuk, sering olahraga agar ibu dan si bayi juga sehat. Agar tambah nyaman olahraganya, moms bisa pilih aneka legging olahraga di Blibli.com. Selamat olahraga!

Ruth

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.
Ruth

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY