Rambut panjang merupakan idaman para wanita yang menginginkan kesan feminin dan elegan. Namun, rambut panjang juga memiliki resiko kering dan pecah bercabang yang lebih besar.

Jangan sampai rambut panjangmu memancarkan kesan nggak terawat dan rapuh. Jangan sampai bad hair day jadi bad hair week! Pelajari 7 rahasia dan trik di bawah ini agar rambut panjangmu bisa tampil sehat, terawat, dan mempesona.

1. Sehat dan kuat dengan minyak kelapa dua kali semingguminyak-kelapa

Via Pinterest

Rambut yang lebih panjang tentunya juga membutuhkan nutrisi yang lebih banyak. Untuk itu, minyaki akar rambut dengan minyak kelapa. Kemudian, pijatlah secara perlahan untuk memastikan akar rambutmu mendapat seluruh nutrisi yang dibutuhkan.

Ingat, nggak semua minyak dapat menyerap dan menutrisi rambut dengan efektif. Gunakan minyak kelapa alami dan biarkan dia selama dua jam agar terserap maksimal.

2. Shampo yang cocokshampo

Via Reader’s Digest

Keramas dengan menggunakan shampo memang efektif membersihkan rambutmu dari debu dan minyak berlebih. Tetapi, terlalu sering keramas juga membuat rambutmu kering, rapuh, dan pecah-pecah.

Terutama bila shampo yang kamu gunakan memiliki tingkat keasaman (pH) yang nggak terlalu tinggi. Oleh karena itu, selalu gunakan shampoo yang memiliki tingkat pH mendekati 5,5 dan batasi keramasmu maksimal 3-4 kali seminggu.

3. Jangan pernah lupakan conditionerconditioner

Via Capri College

Conditioner dapat mempertahankan tekstur lembut pada rambut panjangmu. Selain menjaga kelembapan rambut dan mencegahnya dari kerusakan, conditioner juga bisa melindungi rambutmu dari polusi serta terik matahari. Kuncinya satu: jangan pernah membiarkan conditioner kena akar rambut, biar nggak akan mengurangi kekokohannya.

4. Hindari cuaca terik panascuaca-panas

Via Makeup and Beauty

Yang namanya panas memang dapat merusak struktur dan warna rambut. Ingat, menghindari panas bukan hanya berarti menggunakan topi ketika berhadapan dengan sinar UV matahari. Kamu juga perlu menghindari (atau mengurangi) keramas dengan air panas dan hair dryer.

5. Perlakukan rambut basahmu layaknya kamu tengah menangani bayiwet-hair

Via thebeautytonic.com

Tahu nggak, kalau rambut menjadi lebih rapuh dan rentan terhadap kerusakan ketika basah? Kamu harus amat membatasi tenagamu ketika tengah menyisir rambut basah. Apalagi ketika mengeringkannya dengan handuk, perlakukan rambutmu seakan kamu tengah menjaga bayi. Ekstra lembut.


BACA JUGA 7 Tips ini Bantu Kamu Jaga Kesehatan Rambut Sedini Mungkin!


6. Pangkas semua ujung bercabangbercabang

Via Odyssey

Ujung yang bercabang memang nggak dapat dihindari kalau kamu memanjangkan rambut. Tetapi, nggak berarti kamu bisa begitu saja membiarkan rambutmu bercabang. Pangkas bagian ujung rambutmu setiap enam hingga delapan minggu untuk meminimalisir kerusakan akibat rambut bercabang.

7. Sarung bantal terbaik untuk rambutmusarung-bantal

Gesekan sama saja artinya dengan kerusakan pada rambut. Hal ini amat berlaku untuk kamu yang sering mengubah posisi ketika tidur. Untuk mengurangi rambut yang terbelit dan rusak karena gesekan, gunakan sarung bantal dengan bahan linen ataupun sutra. Lupakan sarung bantal katun yang nggak bersahabat dengan rambutmu.

Untuk memiliki rambut yang panjang dan juga sehat berkilau memang membutuhkan usaha ekstra. Tetapi, kehati-hatian dan perawatan yang kamu berikan pada rambutmu menunjukkan kalau kamu orang yang penuh perhatian dan care.

Untuk membantumu mendapatkan rambut panjang yang sehat alami, Blibli.com tengah mengadakan promosi untuk produk TRESemme. Selain mendapatkan shampo dan conditioner yang dirancang oleh para ahli, kamu juga bisa mendapatkan Dinda P.S Sling Bag dalam promosi ini! Maka dari itu, jangan sampai kamu ketinggalan. Promo ini hanya berlaku sampai 13 Januari 2017 saja. Ucapkan selamat tinggal pada bad hair day untuk selamanya!

 

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY