Hampir setiap minggu dijumpai kompetisi lari jarak jauh atau dikenal dengan istilah Maraton. Bahkan kompetisi ini tidak pernah sepi diminati peserta. Ya memang diakui olaharaga ini memang tengah digandrungi.

Namun maraton tidaklah mudah untuk dijalankan mengingat membutuhkan daya tahan tubuh yang kuat. Apalagi kalian harus menempun jarak yang panjangnya hingga puluhan kilometer. Pastinya butuh persiapan fisik plus kesiapan mental untuk bisa menyelesaikan maraton.

Berikut lima tips yang membuat event lari maraton yang dinilai berat menjadi menyenangkan.

1. Ikut sebagai satu tim

ikut-sebagai-satu-tim

Via dunialari

Atlet biasanya menyelesaikan rangkain lari maraton bisa menempuh waktu dua jam. Tentunya berbeda dengan kamu yang masih amatir mungkin bisa menyelesaikannya selama 4 jam atau lebih.

Kamu bisa menyiasatinya dengan mengajak teman-teman agar aktivitas lari maraton kamu yang berat bisa jadi menyenangkan. Dengan berkelompok kamu tidak akan bosan menempuh jarak lari maraton yang panjang dengan menyelipkan aktivitas lain seperti selfie atau buat vlog.

2. Berpikirlah pasti ini akan berakhir

berpikirlah-pasti-akan-berakhir

Via Gettyimages

Kamu tahu maraton ini aalah rute panjang. Pastinya dibenak pikiran kamu sudah merasakan suda dan lelahnya untuk melakukan ini. Pemikiran ini harus dihindari. Lebih baik berpikirlah bahwa pada akhirnya marathon ini akan berakhir dan akan menjadi kenangan serta pencapaian yang manis. Sekali lagi jangan remehkan kekuatan pikiran karena sedikit banyak untuk mempengaruhi kinerja dari tubuhmu untuk menyentuh garis finis.


BACA JUGA 5 Event Marathon Seru Dunia yang Tak Boleh Dilewatkan


3. Atur Kecepatan lari

atur-kecepatan-lari

Via Telegraph

Intinya lari maraton itu penuh strategi dan penuh perhitungan. Salah satunya atur kecepatan lari. Disini kamu bisa mengatur kecepatan lari dengan demikian kamu tidak akan terburu-buru supaya kondisi lari kamu juga nyaman serta nafas dan denyut jantung juga dapat terkontrol dengan baik.

4. Asupan Nutrisi Sangat Penting Dalam Menunjang Keberhasilan

asupan-nutrisi

Via dunialari

Lari jarak jauh membutuhkan kekuatan stamina yang lebih prima. Konsumsi makanan yang tinggi karbohidrat dan lemak bisa menjadi pilihan. Semua ini akan menjadi bahan bakar anda saat berlari nantinya. Upayakan berlari 4 jam sebelum atau sesudah anda mengkonsumsi makanan. Selain itu juga istirahat yang cukup sebelum mengikuti event lari.

5. Lari Dengan Musik

lari-dengan-musik

Via fotolari.me

Jika anda senang dengan musik, maka mendengar musik sambil berlari dapat menjadi pengalihan terhadap berapa jauh jarak lari yang telah ditempuh. Pilih musik atau lagu yang menjadi favorit anda, usahakan jenis musik yang dipilih dapat memberikan semangat lebih saat didengarkan.

Sebelum maju ke race yang sesungguhnya, tentu kamu membutuhkan latihan cukup, kan? Jadi pengalaman race-mu akan berjalan lancar tanpa hambatan! Nah, Blibli.com punya cara untuk menemani latihan dan race maratonmu dengan menyediakan berbagai produk yang bisa kamu gunakan! Manfaatkan berbagai fasilitas Blibli.com mulai dari bebas biaya pengiriman, cicilan 0%, kualitas terjamin, dan beragam cara pembayaran.

Selamat berlatih dan berlomba, Friends!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY