Melihat anak demam, sering kentut, dan rewel sepanjang hari pasti membuat hati Moms cemas. Bukan hanya demam dan rewel, anak juga tidak mau makan dan minum. Membuat hati cemas dan was-was. Kondisi tersebut biasanya menjadi tanda anak sedang masuk angin atau kembung. Kondisi ini bisa menyebabkan risiko penyakit lain seperti diare.

Secara umum masuk angin bukan penyakit berbahaya. Tapi bisa menyebabkan anak tidak nyaman dan rewel berkepanjangan. Pasti akan merepotkan orangtua. Tentu lebih menyenangkan bila si kecil terbebas dari masuk angin. Masuk angin bisa disebabkan beberapa hal seperti kelelahan, makan menu yang tidak cocok dengan pencernaan, dan terkena angin dalam waktu agak lama. Misalnya saja saat bermain ke pantai.

Ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk mencegah masuk angin. Apa saja itu? Cek langsung di bawah ini:

Gunakan pakaian tebal saat berkendara

Pakaian tebal saat berkendara

Saat pergi berkendara, baik naik sepeda motor maupun mobil, jangan lupa memakaikan pakaian tebal untuk si kecil. Angin yang menerpa saat naik motor maupun angin AC sama-sama bisa menyebabkan masuk angin. Apalagi bila berkendara dalam waktu lama. Gunakan jaket atau sweater yang dilengkapi dengan penutup kepala.

Memakai kaus kaki saat keluar rumah

memakai kaus kaki

Saat akan keluar rumah, meskipun hanya main di halam rumah, sebaiknya Moms memakaikan kaus kaki. Apalagi bila si kecil keluar rumah saat sore berangin. Kaus kaki bisa menjaga tubuh tetap hangat dan menghindarkan risiko masuk angin. Gunakan kaus kaki yang tebal dan nyaman seperti ini. Moms bisa membeli kaus kaki di Blibli.com dengan harga bersahabat. Moms bisa membeli melalui Apps Blibli yang praktis dan bebas ongkos kirim.

Berikan susu tambahan yang cocok

minum susu

Bila anak sudah bertambah besar, biasanya dia senang susu tambahan dengan rasa tertentu untuk membantu pertumbuhannya. Pilih susu yang punya banyak tambahan nutrisi. Moms juga harus jeli terhadap pemilihan susunya. Pastikan susu tersebut cocok dengan pencernaan si kecil. Caranya Moms bisa memberikan porsi yang kecil. Bila tidak ada masalah, si kecil bisa diberikan dalam jumlah normal dan tidak berlebih. Kebanyakan susu bisa membuat anak mudah muntah dan perutnya kembung.

Perhatikan pilihan makanan anak

15823753655_770a663171_b

Sayur pasti ada di daftar teratas sebagai makanan yang perlu dikonsumsi anak, karena kaya nutrisi. Namun, Moms juga harus memilih dan membatasi makanan yang dikonsumsi anak. Beberapa sayuran bisa menyebabkan produksi gas di dalam lambung. Hal ini bisa menyebabkan kembung atau masuk angin. Batasi konsumsi sayuran berikut ini: kol, brokoli, asparagus, kembang kol, selada, dan kentang.

Empat tips di atas bila dilakukan secara konsisten bisa mengurangi risiko masuk angin pada anak. Selamat mencoba.

 

Ruth

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

Iā€™m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.
Ruth

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY