Aktivitas seharian yang padat sering kali membuat seseorang kelelahan. Tapi saat akan istirahat dan tidur di malam hari, malah sulit memejamkan mata. Badan yang capek membuat tidur terasa sulit. Kalaupun berhasil tidur, tidak nyenyak dan terasa kurang nyaman. Akibatnya, ketika bangun tubuh malah terasa makin kecapekan.

Padahal, tubuh sudah pasti butuh istirahat. Menurut banyak penelitian, tidur yang baik sekitar 6-8 jam sehari. Sayangnya, tak banyak orang yang bisa istirahat sepanjang itu. Beberapa yang punya pekerjaan menumpuk, bisa jadi tidur kurang dari lima jam. Itulah mengapa, tidur yang berkualitas dibutuhkan. Bukan sekadar nyenyak. Tapi benar-benar memberikan manfaat untuk tubuh. Bagaimana rahasia tidur yang berkualitas?

Matikan lampu sampai gelap total

Tidur Berkualitas 1

Berbagai penelitian menyebutkan, bahwa lampu yang gelap total akan membantu tubuh benar-benar rileks. Hormon melatonin akan diproduksi lebih maksimal saat ruangan gelap. Hormon inilah yang bertugas membuat seseorang tidur lebih nyenyak dan nyaman. Kalau kurang gelap, gunakan pula penutup mata.

Gunakan pakaian dan aksesori kamar tidur yang membuat nyaman

pillows-bed-bedding-bedroom-white-sleep-home

Kamu bisa mengenakan pakaian yang longgar agar tidak mengganggu pernapasan. Selain itu, lepaskan semua aksesoris yang menempel di tubuh seperti jam, kalung, atau gelang. Pilih juga sprei dan penutup bantal serta guling yang nyaman. Kamu juga bisa memilih aneka produk kamar tidur itu dengan Apps Blibli. Selain banyak pilihannya, produk ini juga dijual dengan diskon istimewa yang bisa dibayar dengan fasilitas multipayment. Tinggal pilih, bayar, produk akan dikirim ke rumah tanpa ongkos kirim.

Usahakan mandi dengan air hangat

Tidur Berkualitas 2

Sebelum tidur, agar lebih nyaman usahakan mandi air hangat dengan sabun yang mengandung aromaterapi. Wangi sabun akan membuatmu rileks dan bisa tidur lebih tenang.

Matikan ponsel, laptop, dan gadget lain yang berhubungan dengan pekerjaan

Beban pekerjaan yang “diajak” tidur akan membuat kamu tidak tenang. Tak heran jika menurut Russel Rosenberg, Ph.D dari The Atlanta School of Sleep Medicine and Technology bahwa semua gadget itu membuat orang jadi kurang tidur. Maka, lupakan sejenak pekerjaan, fokuslah untuk bisa tidur dengan nyaman.

Pilih dan atur jadwal makan

utamakan kebersihan

Usahakan sekitar 2-3 jam sebelum tidur untuk tidak mengonsumsi makanan lagi. Dengan begitu, perut tak lagi bekerja keras untuk memproses makanan. Selain itu, pilihan makanan ternyata juga berpengaruh pada kualitas tidur. Makanan seperti sayur dan buah-buahan akan diproses lebih baik di usus sehingga memudahkan juga proses pencernaan. Ini otomatis akan membuat tidurmu juga lebih nyaman.

Usahakan tidur miring ke sebelah kanan

Tidur Berkualitas 5

Salah satu posisi tidur yang paling direkomendasikan adalah miring ke sebelah kanan. Ada beberapa alasan. Jantung yang terletak di sebelah kiri tidak akan terbebani jika tidur miring ke kanan. Selain itu, tidur pada posisi ini bermanfaat bagi kesehatan otak. Sebab, biasanya seharian orang normal akan beraktivitas dengan bagian kanan yang dikendalikan otak kiri. Dengan tidur miring ke kanan, sirkulasi darah di otak kiri saat tidur akan lebih lancar sehingga ketika bangun badan akan terasa lebih segar.

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY