Ingin Si Kecil Mengenal Makanan Sehat? Simak 6 Tips Berikut Ini!

Photo via shutterstock.com

Siapa yang ingin punya anak yang suka makan makanan sehat? Tentu kita punya keinginan yang sama ya Moms. Semua ibu pasti merasa senang jika melihat si kecil bisa memilih sendiri camilan buah daripada keripik asin, atau menghabiskan sayuran di mangkuknya.

Masalahnya, yang namanya anak-anak tidak memikirkan keutamaan gizi di dalam satu makanan. Bagi mereka, makanan itu yang penting enak.

Nah, sekarang tugas Moms untuk mengenalkan makanan sehat pada anak. Inilah beberapa tip yang bisa Moms lakukan.

Belanja Bareng Si Kecil

Photo via pexels.com

Bila sudah waktunya belanja bulanan, ajaklah si kecil pergi ke supermarket bersama. Ketika sampai di toko, jangan lari kemana-mana dulu! Moms bisa langsung menggiring anak ke bagian sayur, buah, dan makanan segar lainnya.

Di sinilah keseruan bermula! Moms bisa mulai mengenalkan makanan sehat pada anak dengan menunjukkan cara memilih satu jenis buah atau sayuran yang benar. Setelah memasukkan beberapa buah ke keranjang, Moms boleh menantang si kecil untuk melakukan hal yang sama. Sambil memilah, Moms dapat bercerita alasan membeli buah atau sayur tersebut, dan kandungan gizi baik yang ada di dalamnya.

CONTAINER DAN THERMAL BOTTLE DARI CHICCO INI BAKAL MENJAGA TEMPERATUR MAKANAN ANAK SELAMA 5 JAM

Ajak Anak Mempersiapkan Makanan

Photo via pixabay.com

Sekali-sekali, Moms bisa ajak si kecil “bermain” di dapur. Berikan tugas memasak yang mudah, tidak berbahaya, dan sesuai perkembangan keterampilan motoriknya. Anak usia empat tahun dapat diarahkan untuk membentuk perkedel kentang, sementara anak yang sudah lebih besar sudah bisa diberi tanggung jawab menggoreng telur.

Saat terlibat dalam proses memasak, si kecil akan mengenal ragam bahan makanan sehat seperti sayur dan lauk yang baik untuk tubuhnya. Selain itu, Moms bisa mengajarkan cara modifikasi makanan enak yang ia kenal menjadi hidangan yang lebih sehat. Misalnya, Moms dapat mencampur wortel dalam adonan nugget.

LAGI CARI STEAM MEALMAKER PHILIPS AVENT YANG 100% ORIGINAL? YA DI SINI AJA!

Makan Bersama Keluarga

Photo via pixabay.com

Apakah Moms sekeluarga sudah terbiasa makan bersama? Jika ya, maka jadikan kesempatan ini untuk mengenalkan makanan sehat pada si kecil.

Di meja makan, anak akan memerhatikan pilihan makanan yang dimakan anggota keluarga lain. Ia juga melihat bagaimana ekspresi Moms yang menikmati setiap sayuran dan protein yang masuk ke mulut. Suasana makan yang menyenangkan ini, akan membuat si kecil mau mencoba makanan sehat tersebut. Ketika ia tertarik, Moms bisa mengambilkan lauk dan sayur ke piringnya.

CEK SET ALAT MAKAN BAYI OXO TOT YANG LENGKAP DI SINI!

Bermain

Photo via pixabay.com

Yay! Akhirnya ada tip mengenalkan makanan sehat pada anak dengan cara bermain. Anak-anak pasti bersemangat. Kini tinggal bagaimana Moms memilih atau membuat mainan baru bertema gizi.

Buat ibu pintar seperti Moms, katalog dari supermarket pun bisa disulap jadi bahan permainan. Moms bisa menggunting katalog tersebut, lalu siapkan kertas kosong dengan kategori makanan sehat dan makanan yang boleh dicoba sesekali saja. Kemudian tantang si kecil untuk mengelompokkan gambar berdasarkan dua kategori tersebut.

PIGEON BOTTLE DAN BABY FOOD WARMER INI MEMBANTU MOMS MENGHANGATKAN MAKANAN DALAM WAKTU SINGKAT.

Membaca dan Bercerita

Photo via pixabay.com

Siapkan buku bertema makanan sehat agar si kecil bisa mengenal gizi dari bahan bacaan. Moms bisa membacakan buku tersebut di sela waktu bermain anak, atau sebelum jam tidur. Jika dibaca berulang-ulang, maka ide tentang makanan sehat akan tertanam di pikirannya.

Kalau tidak ada buku, Moms bisa bercerita dengan media lain. Moms dapat menggunakan boneka atau sayur dan buah asli. Moms bisa memberi nama sayur dan buah yang menjadi tokoh seperti Pipi Pisang, Bobi Brokoli, atau Willy Wortel, dan sebagainya. Ide ceritanya pun bisa macam-macam, mulai dari anak yang picky eater, kekuatan makanan sehat, hingga akibat makan sembarangan.

KUMPULAN DONGENG BUAH & SAYUR DARI RUANG KATA INI COCOK BUAT MENGENALKAN MAKANAN SEHAT PADA ANAK

Sajikan Makanan dengan Cara yang Menarik

Photo via pixabay.com

Cara lain mengenalkan makanan sehat pada anak adalah dengan memintanya mencoba langsung. Biar si kecil lebih semangat makan lauk bergizi, sayur dan buah, Moms bisa menyajikannya di atas piring dengan motif dan warna menarik. Kalau Moms juga bisa melengkapinya dengan sendok dan garpu imut yang didesain khusus untuk anak. Dijamin deh, si kecil bakal enggak sabar menunggu waktu makan tiba.

Selain perlengkapan makan yang menarik, ibu kreatif seperti Moms pasti punya cara lain agar si kecil tertarik melahap hidangan yang tersaji di hadapannya. Bagaimana dengan menghias makanan ala bento box? Moms bisa membentuk nasi dengan cetakan khusus, memotong wortel sehingga terlihat seperti bunga, lalu menata semua komponen makanan dalam satu wadah dengan cantik.

BUTUH PIRING DAN SENDOK DARI MUNCHKIN SEKARANG? BLIBLI.COM BISA LANGSUNG ANTAR DENGAN LAYANAN PENGIRIMAN CEPAT!

Semua tip di atas bisa berhasil kalau Moms konsisten menjalankannya. Jadi, bila si kecil enggak langsung terbiasa makan sayur, buah, dan protein sehat, Moms jangan langsung menyerah. Tetap semangat! Kalau anak sudah tahu makanan sehat sejak dini, nantinya Moms tidak lagi selalu mengingatkannya tentang jajan sembarangan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY