Tas kulit sintetis memang merupakan fashion item yang nggak ada matinya. Karakternya yang versatile cocok digunakan segala macam usia dan untuk berbagai macam gaya. Tak heran tas kulit sintetis menjadi fashion item wajib bagi semua wanita.

Namun, memiliki tas dengan bahan kulit sintetis membutuhkan perawatan extra. Sedikit saja salah perawatan bisa membuat kamu kehilangan tas kesayanganmu!

Banyak hal yang perlu kamu perhatikan dalam merawat tas dengan bahan kulit sintetis agar selalu tampak seperti baru, seperti tujuh hal berikut.

1. Sabun bayi + air hangat

sabunVia KatalogIbu.com

Hal yang sulit dalam merawat tas kulit sintetis adalah ketika membersihkannya. Kulit sintetis pada umumnya memiliki permukaan yang cukup rapuh dibandingkan yang asli.

Selalu ingat untuk menggunakan kain bersih dengan permukaan yang lembut dan kering untuk menyapu debu serta kotoran kering di permukaan.

Lalu, bagaimana bila kotoran tersebut menempel dan menyisakan noda membandel? Gunakan kain yang dibasahi dengan campuran air hangat dan sabun bayi.

Usap hingga kotoran hilang dan bersihkan sisa-sisa sabun yang menempel di permukaan tas dengan kain kering. Jika noda membandel tersebut berada di bagian dalam tas, kamu bisa mengganti sabun bayi dengan alkohol.

Selalu bersihkan tas kulit sesegera mungkin sebelum noda berdiam lama di permukaan kulit tas kamu. Yang paling penting adalah jangan pernah coba bereksperimen menggunakan zat-zat pembersih, pemutih, atau deterjen. Bahan-bahan seperti itu justru akan merusak bahan kulit sintetis!

2. Jauhkan dari sinar matahari langsungsinar-matahari

Via Library of Congress

Semakin sering tas kulit sintetis kamu terkena matahari, warnanya akan semakin pudar dan teksturnya menjadi mudah retak. Hindari penggunaan tas dengan bahan kulit sintetis jika kamu akan beraktivitas banyak di luar ruang pada siang hari dimana matahari bersinar terik-teriknya.

Panas juga bisa memberikan dampak yang serupa. Maka dari itu, simpan tasmu di tempat yang sejuk dan hindari penggunaan dryer panas untuk mengeringkan tas dengan bahan kulit sintetis.

3. Selalu keringselalu-keringTas dengan bahan kulit sintetis harus selalu dalam keadaan kering. Cipratan air yang nggak segera dilap atau menyimpan tas dalam ruang yang lembab akan membuat kulit sintetis rentan dikerubungi jamur.

Selalu seka tas dengan kain lembut kering sebelum menyimpannya kembali dan simpanlah tas di tempat yang kering. Hindari lemari atau rak tertutup yang lembab. Ingatlah, jangan mengeringkan tas kulit sintetis dengan dryer apalagi dijemur, karena matahari adalah salah satu musuh bahan kulit sintetis


BACA JUGA Tips Merawat Tas Berbahan Kulit Sintetis


4. Jangan di tumpuk!jangan-di-tumpuk

Via Blog Qlapa

Ketika menyimpan tas koleksimu, susunlah tas dengan rapi berderet dan nggak bertumpukan. Menumpuk tas kulit sintetis dengan berbagai tas bahan kulit ataupun bahan lainnya akan merusak tekstur dan bentuk dari tas. Apalagi jika tas ditumpuk di bawah benda-benda yang berat.

Kamu bisa menyusun koleksi tasmu dengan posisi berdiri di dalam lemari dan jejerkan dengan tas atau barang lainnya. Pasti tas kulit sintetismu akan jauh lebih awet dan bisa kamu tenteng selama bertahun-tahun.

5. Tas juga butuh Istirahatistirahayy

Via The Photoblographer

Tahukah kamu jika tas kulit sintetis juga memerlukan istirahat? Setelah menggunakannya seharian (apalagi di ruang terbuka), bersihkan, simpan, dan istirahatkan tas tersebut selama satu hingga dua hari. Hal ini akan mengurangi resiko permukaan serta warna tas menjadi rusak atau pudar.

Namun, terlalu lama menyimpan tas juga berbahaya! Tas kulit sintetis yang terlalu lama disimpan biasanya beresiko mengelupas. Hal ini diakibatkan kelembaban dan kelenturan bahan kulit sintetis yang berkurang.

Jadi, gunakanlah tas kulit secara rutin, namun nggak berturut-turut. Kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan beberapa tas secara bergantian.

6. Pisahkan dengan tas kulit asli!

tas-kulitVia Celine

Tas dengan bahan kulit sintetis nggak boleh kamu simpan bersama-sama dengan tas bahan kulit asli. Tas dengan bahan kulit asli megandung zat pewarna yang cukup kuat dan bisa diserap oleh kulit sintetis dengan mudah jika mereka disimpan bedekatan.

Siapkan tempat penyimpanan khusus untuk tas kulit jika kamu nggak mau tas kulit sintetismu berakhir dengan bercak-bercak noda.

7. Silica gel

silica-gelVia Trash Backwards

Jika dengan alasan tertentu kamu terpaksa menyimpan tasmu untuk jangka waktu yang lama, sertakan silica gel di bagian dalam dan juga luar tas. Silica gel ini akan menyerap air di udara dan memastikan udara tetap kering. Dengan cara ini permukaan kulit sintetis pada tas nggak akan mengelupas.

Tampil gaya memang nggak mudah. Setelah memilih tas yang tepat, kamu masih perlu merawatnya agar bisa kamu kenakan lebih lama.

Kalau dirawat dengan tepat, tentu kamu nggak perlu takut mati gaya dan khawatir tas kulit sintetis kamu rusak.

Tunggu apa lagi? Ayo serbu dan dapatkan tas kulit sintetis untuk tampil lebih gaya! Manfaatkan juga cicilan 0% dan gratis biaya kirim.

Nadine

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.
Nadine

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY