Ingin Punya Kamar Mandi Yang Nyaman? Perhatikan Hal Berikut!

Memiliki kamar mandi yang bersih dan sehat pasti menjadi idaman setiap orang. Alasannya adalah untuk mendapatkan kenyamanan di salah satu area paling privat ini. Meski begitu, mendesain kamar mandi bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika lahan yang dimiliki terbatas.

Salah dalam melakukan penataan kamar mandi dapat menimbulkan efek jangka panjang, lho. Karena, kamar mandi tidak seperti ruangan lain yang bisa ditata ulang kapan saja. Beberapa elemen seperti wastafel dan toilet, telah terinstalasi secara permanen sehingga membutuhkan perombakkan jika ingin mengubah tata ruangnya. Nah, agar terhindar dari kesalahan, berikut tips menyulap kamar mandi yang nyaman buat kamu gunakan.

Memberikan Pembatas Pada Area Basah dan Kering

null
Photo by Freepik

Buat kamar mandi dengan lahan minimalis biasanya area basah dan kering menyatu. Padahal, hal inilah yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan, seperti jatuh dan terpeleset. Karena saat area basah dan area kering disatukan, kondisi seluruh kamar mandi menjadi lembap dan licin. Gak cuma itu, kondisi ini juga dapat mengundang bakteri penyakit dan mempercepat kerusakan dinding, lantai, termasuk perangkat kamar mandi lainnya.

Sebagai solusinya, kamu bisa menggunakan partisi ruangan dengan tampilan transparan seperti kaca agar kamar mandi kecil nampak lebih lega. Supaya tidak licin, pilih partisi kaca jenis tempered glass yang memiliki tekstur kasar pada permukaannya.

TEMUKAN PERLENGKAPAN KAMAR MANDI YANG KAMU BUTUHKAN DI SINI

Hindari Menyimpan Barang Di Atas Dinding

null
Photo by Pixabay

Meski lahannya terbatas,  kamu tetap membutuhkan storageuntuk memastikan semua barang keperluan di kamar mandi tertata rapi. Sebaiknya hindari memasang kabinet atau rak di atas dinding yang justru akan membuat kamat mandi kecil semakin terlihat sempit. Sebaliknya, manfaatkanlah bagian bawah wastafel sebagai area penyimpanan. Kabinet tanpa kaki bisa menjadi alternatif terbaik untuk penyediaan storage di kamar mandi.

INTIP PILIHAN KOTAK PENYIMPANAN LAINNYA UNTUK KAMAR MANDI DAN DAPATKAN PROMO MENARIK 

Hindari Meletakkan Pencahayaan Di Atas Cermin

null
Photo by Pixabay

Sebagai ruangan yang multifungsi, gak jarang kamu melakukan perawatan wajah hingga bercukur di kamar mandi. Tentu saja aktivitas ini membutuhkan pencahayaan lebih untuk hasil yang sempurna. Pencahayaan langsung atau task lighting memang dapat jadi pilihan yang tepat. Tapi, meletakannya di atas cermin justru dapat menghasilkan bayangan yang mengganggu. Untuk mendapatkan penerangan optimal, pasang task light pada kedua sisi cermin.  Terlebih dahulu titik pemasangan lampu disejajarkan dengan mata. Gunakan lampu dengan suhu warna yang hangat dan memberikan kesan santai dan relaksasi juga baik untuk meningkatkan kenyamanan.

BUTUH PILIHAN LAMPU BOHLAM YANG SESUAI UNTUK KAMAR MANDIMU? CEK DI SINI!

Jangan Menempatkan Banyak Dekorasi Di Kamar Mandi

null
Photo by Freepik

Sadar atau tidak, kamar mandi kini telah merangkap fungsi sebagai tempat relaksasi untuk menikmati me-time dan buat suasana hati jadi lebih baik. Enggak heran kalau banyak orang yang rela menghabiskan waktu lebih lama di dalam kamar mandi. Maka sangat wajar jika kamu ingin menghias kamar mandi kecil milikmu dengan berbagai pernik sehingga terlihat lebih indah dipandang mata.

Tapi, dekorasi berlebihan juga dapat mengurangi kenyamanan. Untuk tetap mendapatkan atmosfer relaksasi, kamu bisa menempatkan satu pot tanaman hias di sudut ruangan yang sekaligus menambah estetika.

KAMU JUGA BISA MENDAPATKAN PILIHAN TANAMAN HIAS LAINNYA UNTUK MENAMBAH KEINDAHAN KAMAR MANDI DI SINI

Jangan Mengabaikan Ventilasi

null
Photo by Pixabay

Elemen terakhir yang sering terabaikan dalam mendesain kamar mandi kecil adalah sistem ventilasi. Padahal bukaan dapat membatu melancarkan sirkulasi udara di kamar mandi kecil sekalipun.

Salah satu model bukaan yang bisa digunakan dalam kamar mandi kecil adalah ventilasi dan jendela kaca di atas plafon (skylight). Bukaan juga dapat menjadi sarana untuk menikmati view area luar saat berelaksasi di kamar mandi.

CARI PILIHAN EXHAUST FAN LAINNYA DAN NIKMATI DISKON HINGGA 50% DI SINI

Nah, mulai sekarang kamu enggak perlu khawatir lagi saat ingin mendesain ulang layout kamar mandi agar lebih nyaman dan leluasa. Tunggu apalagi, penuhi segala kebutuhanmu dan nikmati berbagai penawaran terbaik hanya di Blibli.com sekarang juga!

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY