Umumnya pria ingin memiliki bentuk badan yang bagus. Dada bidang, perut six pack, dan lengan kekar adalah impian banyak pria. Tubuh atletis seperti Cristiano Ronaldo pasti diidamkan banyak pria. Sebagian lagi ingin kekar maksimal seperti Ade Rai. Ingin kekar model apa pun sebenarnya bisa kamu dapatkan, asal tahu caranya.

Selain mengetahui cara latihan yang benar, konsistensi dalam latihan juga sangat penting. Bila kamu sudah memahami gerakan untuk membentuk otot dada, otot perut, dan otot lengan, tapi hanya latihan sebulan sekali, rasanya tak mungkin bisa mencapai target tubuh atletis. Kamu harus konsisten latihan berkisar 3-4 kali dalam seminggu.

Akan lebih baik bila latihan kamu lakukan di gym. Sebab, ada instruktur yang mengajari dan mengawasimu. Berlatih di gym tidak selalu mahal. Kamu bisa menggunakan voucher dari Blibli.com seperti ini dan mendapatkan berbagai manfaat tambahan seperti diskon khusus dan cicilan 0%. Mudah dan menyenangkan.

Lantas latihan apa saja yang diperlukan untuk menghasilkan tubuh proporsional? Berikut ini beberapa latihan penting untuk membentuk tubuh atletis proporsional:

Barbel Benchpress

barbel enchpress

Via workouttrends.com

Otot dada adalah otot yang paling sering menjadi pusat perhatian. Dada bidang dan kekar adalah kebanggaan pria. Kamu bisa melakukan latihan barbel benchpress untuk membentuk otot dadamu. Caranya adalah kamu berbaring di bench (bangku panjang) lalu genggam barbel dan angkat barbel ke atas. Setelah itu turunkan secara perlahan. Lakukan gerakan ini 10-15 kali dan mulailah dari barbel yang ringan dahulu.

Upright rowupright row

 Via i.ytimg.com

Latihan ini bertujuan untuk membentuk otot pundak. Caranya sederhana yaitu mengangkat barbel di depan perut ke arah atas hingga ke depan dada. Posisi punggung tangan selalu ke arah depan. Satu hal yang perlu kamu ingat saat latihan ini adalah berat barbel yang kamu angkat. Mulai dari barbel berbobot ringan. Bila sudah terbiasa, kamu bisa meningkatkan bebannya. Tujuan latihan berjenjang ini untuk menghindari cedera.

Pull up pull up

Via livestrongcdn.com

Otot punggung tidak kalah pentingnya dibanding otot dada. Untuk membentuk otot punggung yang kekar, kamu bisa melakukan pull up, yaitu gerakan memegang tiang horizontal dengan kedua tangan, lalu melakukan gerakan naik turun hingga setinggi dada. Meskipun latihan ini terlihat sepele, untuk awal latihan sebaiknya kamu berkonsultasi dengan instruktur mengenai porsi latihan, untuk menghindari cedera. Selain membesarkan otot punggung, pull up juga bisa membesarkan otot lengan.

Plankplank

Via images.askmen.com

Nama plank naik daun belakangan ini. Gerakan ini dipercaya lebih efektif untuk membentuk otot perut dan pinggang dibanding sit up. Gerakannya sederhana, yaitu posisi telungkup seperti orang push up. Hanya saja tumpuan beban tubuh pada kedua tangan, dari siku hingga telapak tangan. Luruskan kaki ke belakang dan kontraksikan perut sekitar 30 detik. Lakukan gerakan tersebut secara berulang untuk membentuk perut six pack.

 

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY