Kamu memiliki passion tinggi menjadi artis Instagram? Pengen memukau followers-mu dengan foto-foto profesional nan kece? Nggak mustahil kok!

Mulai dari foto-foto pemandangan-pemandangan yang indah sampai ke makanan yang menggiurkan, semua ada cara (seni)-nya. Bagi kamu para foodie yang ingin menceritakan hobi kamu ke seluruh dunia, kamu bisa mencoba menjadi foodgrammer.

Nggak perlu bingung ingin memulai dari mana. Langsung saja simak beberapa tips foto makanan ala Instagram dari ahli foodgrammer. Fiona Tjokro alias penulis dari blog makanan Lunchgetaway.com punya lima tips untuk kamu yang baru ingin mulai, lho!

1. Pilih kamera yang sesuaikamera

Via Xiaomi

Pemilihan kamera penting banget buat kamu yang ingin serius jadi foodgrammer.  Mulai dari kamera poket, mirrorless, DSLR, bahkan kamera smartphone pun memiliki keunggulan masing-masing.

Namun, tren yang sedang digandrungi para Instagrammer zaman sekarang adalah menggunakan kamera mirrorless, seperti Xiaomi Yi M1.

Hal ini dikarenakan kamera mirrorless biasanya memiliki kapasitas penyimpanan yang tinggi, namun sekaligus sangat ringan. Kamu bisa membawa ke mana saja dengan mudah. Nggak seberat DSLR yang cukup bikin pegal.

Kamera mirrorless tipe Yi M1 juga cukup baik bekerja dalam pagi maupun malam hari. ISO yang cukup tinggi serta daya fokus yang tajam membuatnya mudah menangkap detil titbits dari makanan yang kecil. Kak Fiona sendiri juga tertarik mencoba kamera seperti Yi M1.

2. Objek fokus hasil jepretan harus jelas

1-fiona

Via Instagram Fiona Tjokro

Tips selanjutnya dari foodgrammer kece ini adalah penyusunan dekorasi dan background yang on-point. Hasil foto kamu harus bisa menginformasikan dengan jelas produk yang ingin kamu promosikan. Oleh karena itu, semua item di latar perlu membantu mengangkat objek fokus.

Jangan sampai kebanyakan dekorasi sehingga orang-orang nggak tahu produk mana yang sebenarnya ingin kamu tonjolkan. Zoom in, fokuskan kamera ke objek utama, dan blur objek sekitar.

3. Temukan gaya dan angle yang kamu banget2-fiona

Via Instagram Fiona Tjokro

Gaya dan angle foto mungkin terlihat teknis dan perlu banget kamu pelajari. Tapi kata kak Fiona, sebenarnya angle itu bersifat bebas dan tergantung dari preferensi masing-masing saja.

Kalau kamu ngefans banget samastyle yang banyak digunakan para foodgrammer, mungkin kamu bisa mulai dengan styleflatlay. Coba tinjau hasil beberapa foto, dan pikirkan apakah ini gaya yang menunjukkan keunikanmu?

Apa sih flatlay itu? Intinya adalah memotret beberapa objek sekaligus dari atas seperti bird eye view. Dengan style ini kamu bisa mengasah kemampuan dekorasimu. Tapi kamera harus paralel ya dengan meja, jangan sampai style-nya flatlay tapi malah miring ke-mana-mana. Kamera mirrorless oke untuk ini.

4. Lighting itu pentinglighting

Via Eatyourbeets

Jika sudah memutuskan gaya fotomu, hal paling penting lainnya adalah bayangan. Atur angle kamera dan pencahayaannya supaya nggak ada bayangan sedikitpun di hasil jepretan kamu.

Tentu saja, apapun style-nya kamu tetap harus mengatur pencahayaan. Jika kamu mengambil foto di ruangan yang redup cahaya, kak Fiona menyarankan menggunakan tripod agar jepretan stabil. Lensa juga harus kamu sesuaikan khususnya dengan bukaan yang kurang dari f/2.8.

Kabar baiknya, dengan kamera Yi M1, kamu bisa mengatasi permasalah lowlight ini. Selain mengurangi shake, Xiaomi Yi M1 juga mempunyai kecepatan fps lebih tinggi.  Nggak perlu takut lensa nggak cocok karena kamera ini cocok dengan lebih dari 50 pilihan lensa.


BACA JUGA Terjawab: Mengapa Kamu Harus Membeli Xiaomi Yi M1?


5. Jangan lupa filter gambarfilter

Terakhir yang nggak boleh kamu lupakan adalah filter pada gambar. Pilihan filter yang tepat bisa membuat hasil jepretan kamu lebih sempurna lagi. Tergantung tekstur, ukuran, jumlah, dan permukaan makanan, filter bisa berubah-ubah.

Umumnya, para foodgrammer professional nggak terlalu menggunakan filterdefault yang disediakan dari aplikasi Instagram. Filter dari aplikasi seperti Snapseed atau VSCO menyediakan lebih banyak pilihan yang cocok dengan hasil jepretan.

Bagaimana? Nggak terlalu sulit kan untuk mengambil foto ala Instagrammer profesional? Apalagi ditambah dengan tips dari Fiona sendiri, dijamin hasil fotomu akan lebih berkualitas lagi. Yuk, follow dia di Instagram!

Bagi kamu yang tertarik dengan kamera Xiaomi Yi M1 ini, langsung saja cek Blibli.com! Buat kamu yang masih ragu dan ingin mengetahui lebih dalam tentang kamera ini, kamu bisa membaca ulasannya di sini. Selamat mencoba, guys!

Keunggulan lainnya dari kamera mirrorless buatan Xiaomi ini selain harganya yang bersahabat, beratnya pun juga bersahabat. Hanya dengan 280 gram kamu bisa menghasilkan ratusan sampai ribuan foto-foto dengan kualitas profesional.

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY